Wow! Banyak Lukisan Tangan di Gua Leang-leang, Sulsel

Putri Rizqi Hernasari - d'Traveler - Senin, 12/03/2012 07:58:00 WIB
detikTravel Community -  

Gua Pettae dan Pettae Kere di Leang-leang bukanlah sekadar gua biasa. Ini adalah situs purbakala. Di dalamnya Anda bisa menemukan cap tangan dan berbagai peralatan dari batu. Jika penasaran, datang saja ke Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Gua Pettae dan Pettae Kere di Leang-leang adalah objek wisata andalan Maros. Gua ini berada di Taman Prasejarah Leang-leang. Awalnya, pada tahun 1950, dua arkeolog Belanda, Van Heekeren dan Heeren Palm, menemukan dua buah gua di Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Dua gua ini kemudian diberi nama Gua Pettae dan Petta Kere. Yang menjadi daya tarik objek wisata ini adalah adanya sisa-sisa peninggalan zaman prasejarah di dalamnya.

Gua di Leang-leang menggambarkan kehidupan manusia zaman lampau. Jika masuk ke dalam, Anda akan disuguhkan pemandangan yang tak biasa, dinding Gua di Leang-leang penuh dengan lukisan sejarah. Di antara lukisan tersebut adalah cap tangan menggunakan cat merah.

Menurut para ahli arkeologi, lukisan di kedua gua tersebut sudah berumur 5.000 tahun. Mereka juga menduga Gua di Leang-leang telah dihuni sejak 8.000-3.000 SM.

Gua pertama yang bisa didatangi adalah Gua Pettae. Gua ini menghadap barat. Jika masuk ke dalam, pengunjung akan disuguhkan dengan lima gambar telapak tangan dan satu gambar babi rusa. Babi rusa ini digambarkan sedang meloncat dengan anak panah di dada.

Selain gambar, pengunjung juga bisa menemukan artefak, bilah, dan kulit kerang yang terkumpul di sekitar mulut gua. Nah, jika penasaran ingin melihatnya langsung, Anda harus menaiki 26 anak tangga sebelum mencapai mulut gua.

Gua kedua yang ada di Leang-leang adalah Gua Petta Kere. Letaknya sekitar 300 meter dari Gua Pettae. Sama seperti Gua Pettae, Gua Petta Kere juga menyimpan benda bersejarah, antara lain alat serpih bilah dan mata penah. Uniknya, dinding gua ini dihiasi sekitar 27 gambar telapak tangan dan dua gambar babi rusa. Telapak tangan ini di cap menggunakan cat warna merah.

Jika untuk mencapai Gua Pettae, pengunjung harus mendaki sekitar 26 anak tangga, Gua Petta Kere mengharuskan Anda mendaki 64 anak tangga. Tingginya gua ini juga memaksa pengunjung untuk menyiapkan tenaga ekstra sebelum menaiki anak tangga. Tapi tenang saja, di perjalanan menuju gua ada pemandangan indah yang bisa melupakan lelahnya mendaki.

Untuk mencapai gua di Leang-leang ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin dengan  menggunakan angkutan umum. Rute yang dilalui adalah Makasar-Maros-Batimurung-Leang-leang dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com