DetikTravel









3 Pemandian Air Panas di Bogor Untuk Akhir Pekan yang Segar

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Jumat, 21/09/2012 15:21 WIB
Bogor - Mandi di kolam air panas alami ampuh melepas lelah setelah seminggu beraktivitas. Eits, tak perlu jauh-jauh dari Jakarta, datang saja ke Kabupaten Bogor. Ada 3 pemandian air panas alam yang bisa dikunjungi akhir pekan ini.

Bogor adalah destinasi akhir pekan yang pas untuk Anda dan keluarga. Di Kota Hujan ini, Anda bisa berwisata alam sampai wisata kuliner. Untuk melepas lelah akibat rutinitas, datangilah 3 pemandian air panas yang tersebar di Bogor, seperti yang dihimpun detikTravel, Jumat (12/9/2012):

1. Tirta Sanita

Kolam yang berlokasi di Desa Ciseeng, Parung, ini berasal dari sumber air panas belerang Gunung Kapur. Letaknya sekitar 26 km atau 45 menit perjalanan dari pusat Kota Bogor. Selain kolam pemandian air panas, Tirta Sanita juga punya beragam fasilitas seperti outbound, tempat makan, dan penginapan.

Tirta Sanita menjadi salah satu tujuan rileksasi seluruh keluarga. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak, Anda sudah bisa berendam di kolam air panas alami.

Agenda akhir pekan akan makin seru dengan ikut outbound, Rp 110.000 per orang. Opsi lain, Anda bisa mendaki Gunung Kapur di dekat pemandian untuk melihat panorama indah. Sawah dan lanskap hijau terbentang di depan mata. Udara di sini pun masih segar!

Setelah puas berendam air panas, segarkan diri dengan minum air kelapa muda yang dijual di dekat pemandian. Cukup dengan Rp 5.000, Anda sudah bisa mereguk minuman segar ini. Slurp!

2. Gunung Pancar

Tak jauh dari Sirkuit Sentul, terdapat pemandian air panas Gunung Pancar. Terletak di Babakan Mandang, kolam alami ini bisa dicapai dengan 45 menit perjalanan dari gerbang tol Sentul.

Air di kolam ini berasal dari Gunung Pancar. Selain kolam air panas, ada juga kolam air hangat dan air dingin. Air panas yang mengalir deras di salah satu sisi kolam menjadi tempat terapi. Terbayang kan, nyamannya diguyur air panas di punggung yang letih?

Untuk menikmati kolam air panas di Gunung Pancar, cukup membayar Rp 25.000 saja per orang. Asyiknya, pemandian ini buka 24 jam sehingga Anda bisa datang kapan saja!

3. Wisata Air Panas Ciparay

Ini dia kolam air panas di Bogor yang cukup "tersembunyi". Letaknya di Desa Ciparay, Gunung Salak Endah, Kecamatan Pamijahan. Lokasinya sekitar 5 km dari gerbang utama Wisata Gunung Bunder. Untuk mencapai pemandian air panas, Anda harus menuruni 400 anak tangga yang cukup curam!

Tapi, perjuangan itu sepadan saat Anda tiba di lokasi pemandian air panas. Kaki yang pegal akan langsung "dipijat" oleh air panas yang nyaman. Panoramanya juga indah, dengan pepohonan hijau yang mendominasi pandangan. Tepat di samping kolam, terdapat Sungai Cikuluwung yang berair bersih dan dingin.

Puas berendam, perut pun keroncongan. Memang tak ada restoran di tempat ini, tapi Anda bisa memesan mie rebus dan secangkir teh manis di warung-warung di sekitar pemandian. Perut kenyang, badan pun kembali segar!

(sst/sst)
Tirta Sanita (tempatwisataku.com)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com