Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Nov 2018 00:00 WIB

ADVERTORIAL

5 Fitur Mewah Bus di Tanah Air yang Sangat Menggoda untuk Dicoba

-
detikTravel
Foto: Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta - Biasanya masyarakat Indonesia memilih bus untuk perjalanan jarak jauh karena alasan biaya. Harga tiket bus memang lebih murah, tapi fasilitasnya terbatas.

Namun hal tersebut kini sudah berubah. Bus di Tanah Air sudah semakin banyak yang melakukan pengembangan. Fitur-fiturnya bertambah canggih dan mewah, bahkan tak kalah dari apa yang ditawarkan oleh pesawat terbang.

Cara pemesanannya pun kini bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi Traveloka. Saat ini, Traveloka bekerja sama dengan beragam PO bus terpopuler Tanah Air sehingga mampu menyediakan tiket bus dengan jaminan resmi. Tidak sabar merasakan naik bus dengan fasilitas mewah? Berikut 5 bus dengan fitur mewah yang Anda bisa coba.

1. Bus Double Decker Lorena dan Karina

5 Fitur Mewah Bus di Tanah Air yang Sangat Menggoda untuk Dicoba

Awal Mei 2017, Lorena Holding Company meluncurkan 12 armada bus dek ganda untuk Lorena dan Karina. Bus tingkat ini menawarkan kemewahan dan kenyamanan perjalanan rute Jakarta - Surabaya - Malang, untuk Double Decker Lorena dan Jakarta - Madura untuk Double Decker Karina.

Fitur yang tersemat dalam bus mewah ini antara lain kursi kulit dengan sandaran kaki yang lebih lebar dan nyaman, colokan USB, TV yang menayangkan berbagai film dan musik populer, AC, toilet, serta dispenser air. Bus Double Decker Lorena dan Karina turut menyediakan area merokok khusus di bagian atas.

Menariknya lagi, armada ini menggunakan Bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dengan mesin yang sangat andal dan efektif untuk perjalanan jarak jauh. Fitur keamanannya pun sangat canggih, meliputi teknologi anti selip roda, teknologi pengereman yang lebih baik, serta suspensi udara yang efektif meredam guncangan.

2. Bus Executive Gunung Harta dan Gunung Harta Solutions

5 Fitur Mewah Bus di Tanah Air yang Sangat Menggoda untuk Dicoba

PO ternama asal Bali dan Malang ini menawarkan pelayanan yang sangat memuaskan. Hal itu terbukti melalui penghargaan Wahana Adhiguna 2017 sebagai perusahaan angkutan umum AKAP non-ekonomi kategori bintang empat yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan Indonesia untuk PO Gunung Harta.

Fitur terbaik bus ini tersedia pada perjalanan kelas Super Executive seperti rute Jakarta - Surabaya dan Denpasar - Surabaya. Seluruh kursi penumpangnya dibuat sangat nyaman dengan sandaran kaki dan tangan yang empuk serta fleksibel, dilengkapi bantal, selimut, WiFi, serta central multimedia. Ada pula fasilitas umum berupa toilet, area khusus merokok, dan layanan makanan ringan sebanyak satu kali.

3. Bus Double Decker Sempati Star

5 Fitur Mewah Bus di Tanah Air yang Sangat Menggoda untuk Dicoba

Sempati Star menjadi yang pertama menghadirkan bus bertingkat di kawasan Sumatera, khususnya trayek Medan - Banda Aceh dan Banda Aceh - Medan. Bus tersebut resmi beroperasi sejak tahun 2015 dan melayani dua kelas dalam satu armada, yakni Kelas Satu di bagian bawah dan kelas Super VIP di bagian atas.

Khusus penumpang kelas satu, Sempati Star memberikan pelayanan premium melalui kursi reclining dengan sandaran kaki dan tangan yang nyaman, dua bantal (bantal kepala dan guling). Selain itu selimut, hiburan audio visual, bagasi kabin, bar mini, dan juga toilet.

Sementara itu, penumpang Kelas Super VIP dapat menikmati fasilitas yang sama, tapu hanya mendapat satu buah bantal, tanpa bar mini, dan ukuran layar TV lebih kecil. Sampai hari ini, Bus Double Decker Sempati Star menjadi primadona masyarakat, khususnya saat memasuki musim liburan seperti mudik lebaran dan tahun baru.

4. Bus 'Black Bus' Bejeu

5 Fitur Mewah Bus di Tanah Air yang Sangat Menggoda untuk Dicoba

Sejak pertengahan tahun 2007, Bus Bejeu melayani trayek AKAP Jepara - Jakarta. Bus ini begitu menarik perhatian dengan tampilan luar berwarna hitam mengkilap. Selain tampilan yang elegan nan mencolok, bus berslogan 'Black Bus Community' ini menyediakan fitur yang menjanjikan kenyamanan bagi seluruh penumpang.

Perjalanan dengan Bus Hitam Bejeu dilengkapi fasilitas AC, kursi reclining, hiburan audio visual, stop kontak, toilet, dan area merokok. Bus Bejeu juga merupakan salah satu bus tercanggih yang menyediakan koneksi wi-fi sepanjang perjalanan.

Ada pula dispenser air hangat untuk penumpang membuat teh atau kopi, bahkan menyeduh mie instan kemasan sepuasnya dalam perjalanan. Selain itu, yang khas dari Bus Bejeu adalah pemberian camilan roti buatan sendiri. Serta satu kali makan gratis di rumah makan mitra resmi PO Bejeu bagi penumpang kelas Eksekutif.

5. Bus Super Executive Primajasa

5 Fitur Mewah Bus di Tanah Air yang Sangat Menggoda untuk Dicoba

Nama Primajasa sangat populer di kalangan pengguna bus AKAP. PO ini sudah sering meraih penghargaan berkat layanannya yang prima. Guna menyempurnakan layanannya, Primajasa meluncurkan bus Kelas Super Executive menjelang Idul Fitri tahun 2018.

Kelas termewah ini melayani trayek Tasikmalaya - Jakarta dan menawarkan perjalanan dengan suasana senyaman penerbangan. Interiornya tampil mewah dengan kursi sofa yang empuk plus sandaran tangan dan kaki. Toilet tersedia di bagian paling belakang. Untuk menambah kenyamanan penumpang, terdapat layar LCD di tengah bus yang memainkan musik atau film populer kemeriahan sepanjang perjalanan. (-/-)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED