Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Nov 2018 00:00 WIB

ADVERTORIAL

5 Pilihan Spot Wisata di Jogja untuk Liburan Akhir Tahun

Advertorial
detikTravel
Foto: dok. Shutterstock
Jakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan daerah yang kaya wisata budaya, sejarah, hingga alam. Lokasi Kota Pelajar ini juga strategis sehingga mudah ditempuh melalui jalur darat seperti kereta api. Pantas saja tiket kereta Jakarta Jogja selalu diburu banyak wisatawan menjelang musim liburan panjang.

Ya, Jogja menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia selain Bali. Setiap sudut kotanya seperti tak pernah habis untuk dijelajahi. Simak rangkuman lima tempat wisata yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta nanti.

Malioboro

Berlibur ke Jogja tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Malioboro. Salah satu lokasi wisata terpopuler ini merupakan pilihan tepat untuk membeli berbagai aksesoris batik dan aneka kerajinan tangan, serta mencicipi makanan khas Jogja dengan harga terjangkau.

Paling menarik ada di kawasan Malioboro, tepatnya di titik nol kilometer. Spot ini merupakan lokasi perayaan malam pergantian tahun yang menampilkan berbagai atraksi budaya, musik, hingga pesta kembang api.

Taman Sari

5 Pilihan Spot Wisata di Yogya untuk Liburan Akhir TahunFoto: dok. Shutterstock

Pesona tempat satu ini sudah lama dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Berada di area lingkungan keraton, Taman Sari memiliki arsitektur yang unik dengan kolam pemandian yang pernah digunakan Sultan sebagai daya tarik utamanya. Tak hanya itu, objek wisata ini juga memiliki lorong dan masjid bawah tanah yang masih terjaga kekokohan bangunannya. Di lokasi inilah wisatawan sering melakukan swafoto.

Alun-alun Kidul

Menjelang malam hari, suasana Jogja menjadi lebih semarak. Oleh karena itu, mampirlah ke Alun-alun Kidul yang menjadi pusat kegiatan wisata malam di Kota Gudeg ini. Di sini, Anda bisa mencoba tradisi masangin (jalan sambil tutup mata melewati dua pohon beringin) dan gowes mobil ontel yang berhiaskan lampu warna-warni.

Setelah puas bermain, berbagai kuliner angkringan dan warung lesehan di sekitar alun-alun juga bisa dinikmati dengan harga murah. Jangan lupa coba beberapa menu khas seperti kopi jos (kopi hitam yang dihidangkan bersama arang panas) dan aneka gorengan.

Candi Prambanan

5 Pilihan Spot Wisata di Yogya untuk Liburan Akhir TahunFoto: dok. Shutterstock

Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, juga harus masuk itinerary liburan. Situs warisan dunia UNESCO ini menawarkan keindahan arsitektur candi, lengkap dengan kisah Roro Jonggrang yang melegenda.

Wisatawan pun akan betah berlama-lama di kawasan ini, sebab ada banyak candi yang bisa dikunjungi seperti Candi Kelir, Candi Apit, dan Candi Patok. Tak hanya itu saja, pengalaman liburan akan semakin sempurna dengan menonton pertunjukan Ramayana Ballet pada malam hari.

Gunung Nglanggeran

Jika Anda ingin menepi dari padatnya Jogja, tak ada salahnya mendaki Gunung Nglanggeran. Alam yang indah dan udara yang segar dapat memberikan energi yang positif bagi ketenangan diri. Gunung purba dengan tinggi sekitar 700 mdpl ini juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati pesona matahari terbit di awal tahun. Dijamin, liburan kali ini lebih berkesan dibanding liburan sebelumnya.

Demikian adalah beberapa tempat wisata di Jogja yang telah dirangkum detikTravel. Kira-kira tempat manakah yang paling Anda ingin dikunjungi?

Agar rencana liburan berhasil, segera pesan tiket kereta Jakarta Jogja di Traveloka. Ini penting karena proses pemesanan tiket kereta api Jakarta Jogja di Traveloka jauh lebih cepat, menawarkan harga yang terjangkau, memiliki jaminan keamanan, dan dapat dilakukan lewat situs web atau aplikasi. Dengan begitu, rencana perjalanan ke Jogja bisa lancar dan hemat meskipun ketika high season. Selamat berlibur! (adv/adv)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA