Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Mei 2019 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Liburan Hemat Tanpa Repot Jelajahi Lombok

Advertorial
detikTravel
Traveler menikmati sunset di Gili Air, Lombok (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Jika dibandingkan dengan beberapa tahun ke belakang, tren jalan-jalan atau traveling mengalami perubahan yang cukup signifikan, baik pariwisata dalam maupun luar negeri. Di dalam negeri, destinasi-destinasi wisata yang sebelumnya kurang dilirik seperti Labuan Bajo di Nusa Tenggara atau Labuan Cermin di Kalimantan menunjukkan geliatnya. Tak bisa dipungkiri, era digital dan media sosial memberikan pengaruh cukup besar yang dapat dilihat dari banyaknya anak-anak muda yang memberanikan diri untuk traveling meski dengan bujet ketat.

Meski banyak tips traveling ala backpacker yang dibagikan di media sosial, terkadang tidak cocok dengan gaya traveling orang lain yang memprioritaskan kenyamanan. Meski liburan dengan bujet yang terbatas, bukan berarti Anda harus merelakan kenyamanan anda sepanjang perjalanan. Alhasil, sebagian orang harus memutar otak demi liburan yang sesuai dengan bujet dan keinginan.

Merancang sendiri perjalanan bukan sesuatu yang mustahil. Biaya yang dapat dipangkas dari merancang perjalanan tanpa bantuan agen travel adalah dapat menyesuaikan bujet liburan yang dimiliki. Namun jangan khawatir, kini Anda dapat dengan mudah menyusun sendiri perjalanan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Traveloka. Mau tahu fitur-fitur apa saja yang bisa mempermudah dan menghemat perjalanan? Yuk, simak berikut ini.

Sebelum Booking

Liburan Hemat Tanpa Repot Jelajahi LombokTraveler mendapatkan notifikasi harga tiket pesawat terbaik lewat aplikasi Traveloka (Foto: Shutterstock)

Selain Bali, Lombok tetap menjadi primadona pariwisata Indonesia baik bagi wisatawan asing maupun lokal. Suasana Lombok yang tenang dan bebas macet menjadi magnet tersendiri, terutama untuk wisatawan yang sudah sering pulang pergi ke Bali. Lombok dikenal dengan pantai-pantainya yang cantik, Air Terjun Tiu Teja dan Tiu Kelep yang mengagumkan serta Pantai Tangsi atau lebih dikenal dengan Pink Beach dengan keunikannya berupa pasir berwarna merah muda. Dibanding Bali, harga-harga di Lombok juga masih sedikit lebih murah.

Jika berniat wisata ke Lombok, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada Mei hingga Oktober yang memiliki curah hujan relatif rendah. Sebagian traveler biasanya sudah berburu tiket dari jauh hari dengan harapan harga tiket akan lebih murah jika dibeli berbulan-bulan sebelum berangkat. Lewat aplikasi Traveloka anda tidak perlu repot-repot memantau harga tiket sepanjang waktu.

Anda dapat memanfaatkan notifikasi Price Alert pada aplikasi Traveloka untuk mendapatkan harga tiket yang pas dengan kantong. Caranya cukup dengan melengkapi informasi berupa rute keberangkatan dan destinasi yang diinginkan serta waktu keberangkatan serta harga tiket pesawat yang anda tuju.

Dengan memasang notifikasi ini, aplikasi Traveloka akan memberi tahu ketersediaan tiket incaran. Anda bisa mengatur untuk mendapatkan notifikasi secara harian atau mingguan atau ketika tiketnya tersedia saja. Notifikasi ini bisa diatur sesuai dengan detail yang diinginkan, seperti jumlah transit dan durasi penerbangan.

Saat Booking

Liburan Hemat Tanpa Repot Jelajahi LombokAplikasi Traveloka menawarkan fitur Baggage Wrap (Foto: Shutterstock)

Lewat Traveloka, Anda bisa menggunakan fitur Seat Selection untuk memilih bangku di posisi favorit. Dengan fitur ini, tidak perlu khawatir akan duduk secara terpencar ketika bepergian bersama keluarga maupun teman-teman.

Saat ini, penerbangan rute domestik yang langsung ke Bandara Internasional Lombok Praya dari berbagai daerah seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan Makassar dan lain-lain telah dilayani oleh berbagai maskapai seperti Lion Air, Batik Air, Citilink, dan Garuda Indonesia. Jika berangkat dari Jakarta, perjalanan akan memakan waktu sekitar dua jam. Anda tidak perlu khawatir jika lapar atau tidak sempat makan sebelum terbang. Di Traveloka, Anda bisa memilih makanan yang diinginkan lewat fitur Meal Selection. Mengisi perut ketika terbang bisa menghemat pengeluaran dengan mencegah Anda untuk tidak jajan di bandara.

Fitur lain yang bisa dinikmati lewat aplikasi Traveloka adalah Extra Baggage. Jika Anda sudah menyiapkan banyak penampilan untuk di foto berlatar pantai di Gili Trawangan yang biru, tak ada salahnya bersiap dengan ekstra bagasi yang bisa anda beli terlebih dahulu melalui fitur ini. Kapasitas tambahan juga bisa digunakan jika Anda membeli banyak oleh-oleh, seperti madu serta susu kuda liar Sumbawa asli Lombok yang terkenal.

Fitur tambahan lain seperti fitur Baggage Wrap dapat Anda manfaatkan sebagai perlindungan ekstra bagi barang yang Anda bawa. Ketika menyimpan koper di bagasi, besar kemungkinan koper akan berulang kali dipindahkan. Oleh karena itu, apabila koper dibungkus dengan bahan plastik antibocor akan meminimalisir kemungkinan baret maupun penyok.

Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur Airport Lounge untuk bersantai sejenak dan mengusir kebosanan sambal menunggu boarding pesawat. Di lounge, Anda akan disuguhi pilihan snack yang lezat serta fasilitas lain seperti kursi pijat untuk mengusir lelah maupun bosan. Kedua fitur ini lagi-lagi bisa didapatkan dengan amat mudah, hanya tinggal klik di aplikasi Traveloka.

Setelah Booking

Liburan Hemat Tanpa Repot Jelajahi LombokTraveler memantau status penerbangan lewat aplikasi Traveloka (Foto: Shutterstock)

Setelah booking tiket pesawat, Anda juga dapat melakukan online check-in untuk menghindari risiko ketinggalan pesawat. Tentunya tidak mau merusak mood jalan-jalan kalau sampai hari beli tiket dua kali, bukan? Anda cukup duduk manis tanpa harus repot antre di konter check-in yang biasanya antrean mengular panjang.

Selain itu lewat aplikasi Traveloka, Anda juga bisa memantau status penerbangan Anda dengan fitur Flight Status. Fitur ini akan memudahkan Anda jika terdapat perubahan jadwal penerbangan, seperti terjadinya penundaan maupun pembatalan keberangkatan.

Jika memiliki teman perjalanan yang menggunakan rute maupun maskapai yang berbeda dengan anda, Anda juga dapat berbagi informasi mengenai status penerbangan dengan teman. Dengan fitur ini, teman maupun keluarga Anda bisa mengikuti perjalanan penerbangan mulai dari lepas landas hingga mendarat.

Namun tidak hanya Lombok, Traveloka siap melayani semua rute penerbangan domestik di Indonesia dengan berbagai macam pilihan maskapai, kemanapun Anda merencanakan liburan selanjutnya. Hanya di Traveloka, Anda bisa menyusun liburan tanpa perlu repot. (adv/adv)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya