Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jul 2019 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Yuk Intip Liburan Seru di Pantai Jakarta

Advertorial
detikTravel
Salah satu kelompok peserta Camping Under The Sea (Foto: Nurcholis Maarif)
Jakarta - Camping atau kegiatan berkemah biasanya dilakukan di kawasan wisata seperti pegunungan atau pinggir pantai. Namun kini ada kegiatan berkemah yang berbeda di Ancol yaitu camping di dalam kawasan wisata akuarium terbesar di Indonesia, Sea World Ancol.

Sambil mengisi liburan sekolah anak, Ancol telah menyelenggarakan program "Camping Under The Sea" yang berlangsung selama dua hari satu malam pada 6-7 Juli 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta anak-anak berusia 6-12 tahun yang sebagian besar berasal dari Jabodetabek dan beberapa dari luar daerah.

"Camping Under The Sea" menggabungkan aktivitas rekreasi, edukasi dan konservasi dalam satu rangkaian kegiatan yang menyenangkan. Peserta dibagi menjadi sembilan kelompok dengan nama-nama satwa laut seperti dolphin dan starfish. Setiap kelompok dibimbing oleh para fasilitator yang berasal dari komunitas Teens Go Green Indonesia.

Pada hari pertama, anak-anak diajak untuk mengenal sekaligus diajari merawat satwa laut seperti lumba-lumba, penguin, singa laut, dan satwa serta biota laut lainnya di area Ocean Dream Samudera Ancol.

Peserta diajari merawat Singa Laut (Foto: Nurcholis Maarif)

Selain menonton pertunjukan, anak-anak juga diberi kesempatan untuk langsung memegang singa laut. Lalu ada juga yang masuk ke dalam kaca tempat penguin tinggal untuk memberinya makan.

Banyak rangkaian acara yang mengajarkan anak berekreasi sambil belajar pada hari pertama. Mulai dari Explore Dolphin, 5D Cinema, Explore Singa Laut, Perawatan Satwa, dan Explore Sea World. Selanjutnya anak-anak juga diajak lomba membuat tendanya sendiri dan berburu harta karun di sekitar akuarium Sea World pada malam harinya.

Tentu yang paling menarik adalah mereka tidur bersama satwa dan biota laut yang ada di area Sea World. Anak-anak yang tadinya lelah setelah aktivitas seharian, menjadi antusias setelah ada tenda yang berdiri dan tahu bahwa mereka akan tidur bersama ikan atau satwa laut.

Pada hari kedua, anak-anak diajak untuk ke pantai Ancol untuk menebar bibit kerang hijau sebagai bagian dari program konservasi air laut. Rangkaian ini diharapkan agar anak tumbuh menjadi orang yang peduli terhadap konservasi ekosistem laut saat mereka dewasa nanti.

Salah satu peserta anak berpose di depan tendanya di area akuarium Sea World Ancol (Foto: Nurcholis Maarif)

Departement Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan bahwa tujuan acara ini ialah untuk meningkatkan kepedulian terhadap ekosistem laut khususnya kepada anak-anak.

"Pertama, pengenalan hewan satwa laut. Mereka diajari cara merawat, mengobati kalau sakit, terus boleh enggak kita melihara hewan tersebut? Mengapa kita boleh? Karena kita lembaga konservasi, kita melihara itu punya kaidah dan patuh terhadap kaidah tersebut," ucap Rika.

Lanjut Rika, program ini merupakan pertama kalinya yang digelar oleh Ancol. Menurutnya, dua atau tiga jam saja tidak cukup untuk anak diajari bagaimana mengenal dan merawat satwa dan biota laut.

"Mereka harus diajari bagaimana kasih makan, merawat, diharapkan tumbuh jadi orang yang mencintai ekosistem laut," ucapnya.

Selain Camping Under The Sea, Ancol juga menawarkan berbagai acara maupun wahana baru untuk mengisi liburan sekolah anak-anak dan rekreasi keluarga. Berbagai acara dan wahana ini dijamin akan menghadirkan pengalaman menyenangkan dan memori indah.

Salah satunya acara Oggy and The Cockroaches yang bakal menemani liburan bersama keluarga di Panggung Indoor Dunia Fantasi (Dufan). Pertunjukkan yang sudah berlangsung sejak 17 Juni 2019 ini menampilkan tokoh animasi Oggy dan teman-temannya bernyanyi dan menari bersama. Pertunjukkan internasional Oggy dapat disaksikan setiap pukul 13.00 dan 15.00 WIB di Dufan hingga 14 Juli 2019 nanti.

Pada musim liburan ini, Ancol juga telah membuka 13 wahana baru di antaranya kawasan Dunia Karton yang memiliki tujuh wahana baru di Dufan, slide Asthatirta terbaru yang memiliki 8 slide dengan ketinggian yang berbeda-beda di Atlantis Water Adventures, Istana Penguin, Touchpool Interaktif, Karausel dan Cinema 5D di Ocean Dream Samudra, serta Piranha Feeding Show di Sea World.

Tujuh dari sembilan wahana baru yang ada di Dufan tersebut baru saja diluncurkan pada 5 Juni 2019 kemarin sehingga masih sangat baru untuk dicoba. Salah satunya ialah Baling-Baling, wahana remaja pertama yang ada di Asia. Enam wahana lainnya diperuntukan untuk anak dan keluarga, yaitu Kolibri, Paralayang, Karavel, Turbo Drop, Zig-Zag, dan New Ontang-Anting.

Wahana-wahana baru ini bisa menjadi pilihan bagi para pengunjung untuk menambah keseruan liburan. Di wahana baru yang ada di Ocean Dream Samudra misalnya, pengunjung bisa melihat kelucuan aves laut bahkan menikmatinya dari dekat dan mendapat kesempatan untuk memberi makan gerombolan penguin menggemaskan tersebut.

Tidak hanya biota, di Ocean Dream Samudra juga ada Cinema 5 D, sebuah wahana teater yang dapat dirasakan sensasinya oleh seluruh panca indera manusia. Cara menikmatinya pengunjung akan menggunakan kaca mata khusus dan duduk di kursi yang dapat memberikan efek getaran, semburan air, hembusan angin, serta efek pohon jatuh dan juga aroma.

Ada juga wahana yang diperuntukan bagi anak-anak yaitu Karausel yang akan menjadi pilihan favorit, karena wahana komidi putar ini didesain menarik dengan beragam biota laut yang warna warni.

Selanjutnya ada wahana yang cukup unik, menarik, dan cukup menantang, yaitu memberi makan ikan piranha. Dengan 6 kilogram ikan kembung, puluhan ribu ikan piranha akan cepat melahapnya hanya dalam 26 detik.

Kemudian di Atlantis yang kini ada wahana permainan air baru yang dapat dikatakan terbesar di Indonesia bernama Asthatirta. Luas wahana Asthatirta mencapai 1.000 meter persegi. Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai macam permainan air dan seluncur dengan ketinggian bervariatif yang cocok dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Masing-masing seluncur memiliki nama yang berbeda-beda yaitu Cakra, Aglis, Apsara, Arshanti, Arsa, Anta, Acalpati dan Dawala serta tentunya yang memiliki sensasi seluncur yang berbeda-beda.

Yuk nikmati liburan seru ini di Ancol karena acara dan wahana-wahananya bakal sangat seru. (adv/adv)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA