Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Nov 2019 00:00 WIB

ADVERTORIAL

Liburan ke China Bukan Cuma Beijing, Tempat Asyik Ini Ada di Shandong

Advertorial
detikTravel
Foto: adv dwidaya
Foto: adv dwidaya
China - Daerah-daerah di China masih menjadi destinasi favorit traveler karena memiliki sejarah peradaban yang panjang. Tak terkecuali Provinsi Shandong yang dikenal sebagai rumah 'one mountain, one river, and one saint' (Gunung Tai, Sungai Kuning, dan Konfusius).

Di Shandong, kamu bisa sekadar bersantai di pantai berpasir yang indah atau melihat suasana kosmopolitan dari sisa-sisa peradaban yang unik. Lalu kamu juga bisa mendaki jalur gunung yang terjal atau menghabiskan waktu untuk merenung di sore hari di sebuah kuil kuno.

Shandong menawarkan segala jenis destinasi untuk semua orang. Tak hanya Wusi Square yang merupakan patung ikonik yang instagramable, ada juga deretan wisata lain yang tak kalah menarik yang ada di Shandong. Baik untuk foto-foto, berbelanja, wisata sejarah, religi, dan lain sebagainya.

Ba Da Guan

Dulunya tempat ini mempunyai delapan jalur terkenal di China, makanya diberi nama ba (delapan). Meskipun kini sudah ada 10 jalur, kamu bisa melihat berbagai pepohonan, bunga, dan bangunan bergaya asing di setiap jalurnya.

Qingdao Beer Museum

Ini merupakan museum yang terkenal di dunia karena merupakan perusahaan manufaktur dalam pembuatan bir. Di sini kamu bisa melihat proses pembuatan bir dan mencicipinya.

Yantai Hill

Ketiga sisi bukit yang ada di utara kota ini semuanya dikelilingi oleh lautan. Di sini kamu dapat melihat banyak peninggalan arsitektur peninggalan zaman kolonial barat seperti Beacon Temple dan Dragon Temple.

Zhangyu Wine Museum

Museum ini merupakan satu-satunya museum anggur yang spesial yang ada di China. Didirikan sejak 1992, di sini kamu dapat melihat barrel anggur yang ada di bawah tanah dan bahkan berkesempatan melakukan 'wine testing'.

Zhan Bridge

Dulunya jembatan ini digunakan sebagai dermaga angkatan laut. Dari jembatan yang ada di tengah laut ini, kamu bisa melihat pavilion khas China.

Sebagai informasi, Shandong sendiri berada di pesisir timur China yang berbatasan dengan Laut Bohai dan Laut Kuning. Banyak catatan dan penemuan arkeologis menunjukkan kebudayaan Shandong telah maju sejak 500 ribu tahun ke belakang. Sebelum Kaisar Pertama China Qin Shi Huang menyatukan China di bawah Dinasti Win, Shandong terbagi menjadi dua negara, yaitu Qi dan Lu.

Keduanya menjadi negara yang kuat pada masanya, bahkan Linzi (kini Zibo) yang merupakan Ibu Kota Qi menjadi kota terpadat di Asia saat itu. Sampai hari ini, sejarah kedua negara ini meninggalkan bekas yang tak terhapuskan sehingga Shandong masih sering disebut sebagai 'Tanah Qi dan Lu'.

Pada era ini, filsuf besar asal China, Konfusius lahir, tepatnya di Qufu, Shandong. Lebih dari 2.500 tahun kemudian, filsafat Konfusius tentang kebajikan dan etika telah membentang jauh melampaui perbatasan Provinsi Shandong. Selain itu, Shandong juga memiliki situs-situs penting untuk agama Buddha dan Taoisme.

Misalnya Gunung Tai yang merupakan gunung yang paling dihormati ajaran Taoisme dan menjadi salah satu tempat ibadah keagamaan terpanjang di dunia. Jutaan pengunjung setiap tahun rela memanjat 7.000 langkah ke puncak Gunung Tai untuk berdoa.

Liburan ke China Bukan Cuma Beijing, Tempat Asyik Ini Ada di Shandong

Patung Konfusius di Shandong, China (Foto: Dok Dwidayatour)

Tak hanya itu, Shandong juga menjadi tempat pertemuan dan perpaduan antara masa lalu dan era modern. Di kota seperti Qingdao, kamu masih bisa melewati vila-vila Eropa abad ke-19 maupun gedung pencakar langit di jalan yang sama. Qingdao dan kota-kota di sepanjang pesisir Shandong termasuk daerah pertama yang menerima pengaruh asing di akhir Dinasti Qing.

Di Shandong, kamu bisa sekadar bersantai di pantai berpasir yang indah atau melihat suasana kosmopolitan dari sisa-sisa peradaban yang unik. Lalu kamu juga bisa mendaki jalur gunung yang terjal atau menghabiskan waktu untuk merenung di sore hari di sebuah kuil kuno. Shandong menawarkan segala jenis destinasi untuk semua orang.

Kamu yang tertarik ingin ke Shandong, China dalam waktu dekat bisa mengikuti paket yang disediakan Dwidayatour. Ada beberapa destinasi yang akan dikunjungi di antaranya Wusi Square, Olympic Sailing Base, Happy Gate, Huancui Park, Korean Product Mall, Zhangyu Wine Museum, Yantai Hill, Zhang Bridge, Qingdao Beer Museum, Ba Da Guan, Zhongshan Park, dan Jimo Road Market.

Adapun informasi lainnya mengenai perjalanan ini, bisa cek di sini. (adv/adv)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA