Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Apr 2012 10:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Makassar, Destinasi Sempurna Long Weekend Anda

d'Traveler
Pulau Samalona nan cantik (Slamet Prayitno/dtraveler)
Pulau Samalona nan cantik (Slamet Prayitno/dtraveler)
Sisi Benteng Fort Rotterdam (Naryani Soepandi/dtraveler)
Sisi Benteng Fort Rotterdam (Naryani Soepandi/dtraveler)
Senja di Losari (jksetia/dtraveler)
Senja di Losari (jksetia/dtraveler)
Souvenir khas Makassar di Somba Opu (southcelebes.wordpress.com)
Souvenir khas Makassar di Somba Opu (southcelebes.wordpress.com)
Air terjun bantimurung (Ammang/detikNews)
Air terjun bantimurung (Ammang/detikNews)
detikTravel Community - Bingung memilih destinasi wisata untuk long weekend 6-8 April besok? Makassar di Sulawesi Selatan bisa menjadi pilihan Anda. Di sana terdapat pantai dan yang indah, budaya, juga wisata sejarah. Yuk ke Makassar!

Makassar memiliki destinasi wisata yang lengkap. Tak heran, kota ini telah menjadi tempat favorit bagi para traveler. Untuk long weekend tanggal 6-8 April ini, rencanakanlah liburan Anda ke Makassar. Disusun detikTravel, Kamis (5/4/2012), ini dia destinasi perjalanan yang dapat menjadi referensi liburan Anda:

Hari Pertama:

1. Benteng Fort Rotterdam

Letaknya yang berada di pinggiran kota memudahkan Anda untuk mengunjungi tempat ini. Benteng Fort Rotterdam merupakan saksi bisu perjuangan rakyat Makassar dalam melawan penjajah, Belanda.

Benteng yang telah berdiri sejak abad ke-15 ini menyimpan banyak sejarah. Mulai dari sejarah Kerajaan Gowa, perjuangan melawan penjajah, hingga menjadi tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.

Di kompleks Benteng Fort Rotterdam juga terdapat Museum La Galigo. Museum ini menyimpan sejarah kebesaran dan peninggalan Kerajaan Gowa, yang menyimpan sejarah dan kebudayaan masyarakat Makassar.


2. Pantai Losari

Ingin melihat keindahan sunset ala Makassar? Datanglah ke Pantai Losari. Letaknya tidak jauh dari pusat kota dan mudah dicapai. Pantai ini sangat terkenal dengan pemandangan senjanya.

Pantai Losari telah menjadi ikon keindahan Kota Makassar. Senjanya yang berwarna keemasan dan deburan ombak yang tenang, akan membuat teduh pandangan siapa pun yang datang. Jangan lupa untuk berfoto di tempat ini. Banyak yang bilang, belum ke Makassar jika belum mengunjungi Pantai Losari.

Di sekitar pantai juga terdapat rumah makan yang menjual aneka makanan seafood, pisang epe dan ikan bakar. Nyammm!!!


Hari Kedua:

1. Pulau Samalona

Mungkin banyak yang belum mengetahui pulau ini. Akan tetapi, jika berkunjung ke Pulau Samalona, dijamin decak kagum Anda tidak akan berhenti. Inilah surga bagi para pecinta diving dan snorkeling.

Pulau ini terletak di sebelah barat Makassar. Perjalanan ke sana dapat ditempuh selama 30 menit dengan perahu sewaan dari Pantai Losari. Harganya sekitar Rp 300.000-600.000, tergantung berapa harga penawaran Anda.

Hamparan pasir putih yang halus, juga birunya laut dan langit dapat Anda temukan di sini. Pulau Samalona hanya memiliki luas sekitar 2 hektar, serasa pulau pribadi saat Anda berkunjung ke sana. Bagi Anda yang suka snorkeling dan diving, keindahan terumbu karang, ikan-ikan kecil, dan bangkai pesawat perang pada Perang Dunia II dapat Anda jelajahi di Pulau Samalona. Tertarik?

2. Pusat Perbelanjaan Suvenir, kawasan Somba Opu

Jika Anda ingin mencari oleh-oleh di Makassar, kawasan Samba Opu adalah tempat yang tepat. Tempat ini juga sudah terkenal di kalangan traveler yang mencari oleh-oleh khas Makassar.

Terletak di Samba Opu, Kelurahan Maluko, ada banyak ratusan toko yang menawarkan oleh-oleh. Harganya cukup murah dan terjangkau. Hal tersebut juga tergantung dengan ilmu tawar-menawar Anda.

Aneka souvenir terdapat di sini, mulai dari aneka kue dan makanan, seperti dodol salak, manisan pala, kacang-kacangan, abon juku, kain sutra khas Sengkang, anyaman bambu, aksesoris dari kerang, hingga perhiasan emas.


Hari Ketiga:


1. Air Terjun Bantimurung

Air terjun Bantimurung merupakan tempat yang sejuk. Terletak di Taman Nasional Bantimurung, Kabupaten Maros, dan berjarak 45 km dari Kota Makassar. Di sini Anda dapat menenangkan pikiran sebelum kembali ke rumah.

Gemercik dan suara air dari ketinggian 15 meter ini akan terasa menyejukkan. Airnya juga sangat dingin. Tidak hanya itu, di sini Anda juga bertemu dengan kupu-kupu dan binatang lain seperti monyet dan burung. Suasana yang masih alami.

Tidak jauh dari air terjun, terdapat museum kupu-kupu. Di sana terdapat spesies jenis kupu-kupu yang ada di Makassar, Indonesia, juga dunia.


Itulah beberapa destinasi yang wajib Anda kunjungi di Makassar. Alam, budaya dan sejarahnya akan menjadi pengalaman yang menarik. Rencanakan liburan Anda ke Makassar dan selamat menyaksikan keindahannya!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA