Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Feb 2019 14:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Enak-enak di Pontianak

Ryan Febriyan
d'Traveler
Es Krim Petrus menyajikan es krim dengan batok kepala
Es Krim Petrus menyajikan es krim dengan batok kepala
Kata nya ini cendol tapi versi tradisional Tiong Hoa, es ce hun tiau.
Kata nya ini cendol tapi versi tradisional Tiong Hoa, es ce hun tiau.
Saya sih penggemar Choi Pan Panggang
Saya sih penggemar Choi Pan Panggang
Bakso Ikan Telur Asin Ahan
Bakso Ikan Telur Asin Ahan
Bakso PSP yang tak pernah sepi pengunjung
Bakso PSP yang tak pernah sepi pengunjung
detikTravel Community - Liburan ke Pontianak tak lengkap bila tidak wisata kuliner. Ini enam jajanan yang wajib kamu coba di sana.Pontianak merupakan salah satu kota yang berkesan bagi saya. Unsur budaya melayu yang kental dan berbagai kuliner yang otentik, membuat saya wajib memasukan lagi kota Pontianak dalam bucket list saya tahun depan.Liburan desember 2018 kemarin, saya dan teman teman memilih Kota Pontianak sebagai destinasi liburan kami. Kami menggunakan aplikasi tiket.com untuk membeli tiket penerbangan langsung dari Jakarta Ke pontianak. Walaupun musim liburan, jangan tsayat dhe tiket penerbangan nya mahal, karena di aplikasi tiket.com semua ada promo nya. Termasuk hotel yang kami pesan, menggunakan aplikasi tiket.com dan pastinya ada promo khusus hotel juga #semuaadatiketnya.Secara pribadi, Pontianak merupakan salah satu kota berkesan bagi saya. Unsur kebudayaan melayu yang kental tercermin dalam bahasa yang disenandungkan oleh masyarakat di kota ini. Tak jarang kita sering lupa daratan apakah kita berada di tanah indonesia atau di tanah malaysia. Tapi memang tak salah, Indonesia dan malaysia memang negara serumpun melayu, wajar saja kita sering terkecoh.Pontianak memang mengoleksi kuliner yang otentik dan khas. Kuliner di kota Pontianak masih mempertahankan kesan tradisional dari segi interior dan makanan yang khas yang hanya dapat di temuin di Kota Pontianak. Banyak di kota besar berlomba-lomba untuk menciptakan rumah makan atau cafe yang mempertontonkan keindahan estitika interior dan eksterior, serta presentasi dari makanan. Namun di kota Pontianak, kompetisi itu sama sekali tak terlihat.Unsur rumah makan tradisional tercermin dalam setiap sudut mata yang memandang, dan malah rumah makan tradisional ini lah yang paling laris di cari di kota Pontianak. Bukan hanya kesan estetika bangunan yang masih kuno, luput dimakan waktu, namun proses memasak dan presentasi masakan pun masih menghanyutkan kita berada di era 80n. Ini dia kuliner wajib yang harus kalian datang sewaktu berlibur di Pontianak.Es Ce Hun TiauKata nya ini cendol tapi versi tradisional tionghoa, es ce hun tiau. Banyak banget merek yang tersebar di jalan WR Supratman di Pontianak. Karena kami iseng, pengen cicipin apakah satu gerobak ke gerobak lainnya memiliki rasa yang beda. Alhasil kami mencicipi 2 gerobak yang berada di jalan yang sama, rasanya hampir mirip dan tesktur nya hampir sama.Bedanya terletak pada gula merah nya. Intinya dimana pun kalian mencicipi es ce hun tiau ini, di jamin bikin dahaga kalian lepas seketika. Tak hanya topping cendol, kacang merah, cincau dan agar agar pun ada disini. Ngak cukup cuma satu mangkok untuk dinikmat, percayalah.Es Krim Angi / Es Krim PetrusNama tempat es krim ini lebih dikenal dengan sebutan Es Krim Petrus, karena letaknya persis di depan sekolah Petrus. Tapi nama asli es krim ini adalah Angi. Luar biasa selalu ngantri, dua kali mampir ke sini selalu ngantri dan rame. Es krim nya sendiri seperti es krim puter kalau di Jakarta, tapi disajikan dengan batok kelapa muda. Selain es krim, disini juga banyak terdapat cemilan, tinggal pilih aja sesuai dnegan selera.Bakso PSPBakso yang katanya wajib di coba di kota Pontianak, Bakso PSP. Berada di kawasan pusat oleh oleh di kota Pontianak, Bakso ini menjadi kuliner wajib di kota Pontianak. Saya bukan penggemar bakso, tetapi Bakso PSP ini memiliki rasa yang gurih dan kuah nya bikin nagih dan nagih. Jangan lupa minumnya teh botol sosro yah, biar lebih nikmat.Chai Kue Siam AhinJalan Siam, Pontianak menyimpan berbagai kuliner khas Pontianak, salah satunya adalah Chai Kue AHIN. Banyak banget rumah makan yang menyajikan choi pan atau chai kue, salah satu nya rumah makan Ahin ini. Tersedia choi pan kukus dan choi pan panggang, dengan berbeda bentuk. Saya sih team nya #choipanpanggang.Bakso Ikan Telur Asin AhanKonsep nya seperti bakso prasmanan, kalian tinggal pilih olahan bakso yang seperti apa, tapi yang paling juara kelas sih Bakso Ikan Telur asin nya. Para tamu rela antri demi bungkus bakso ikan telur asin nya sampe di packing kardus. Dan mobil bus pariwisata juga berjejer di depan rumah makan Ahan ini. Jangan takut kehabisan kok, karena selalu ada stok buat kalian.Jajanan MalamDi sepanjang jalan Gajahmada, kalian bisa menemukan berbagai jajanan malam, seperti es kacang hijau, teh kembang, durian dan jajanan roti lainnya. Sambil memutari jalan Galahmada, sambil menyeruput segelas es liang teh untuk malam anda. Segar sekali rasanya. Dan Tak lupa, kalau sudah memasuki musim durian, wajib hukumnya menikmati durian di sepanjang jalan Gajahmada, 3 biji Rp 100 ribu saja, udah dapat yang enak kok.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA