Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Agu 2018 22:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keindahan Tersembunyi Air Terjun Batu Merah

Hardy Limiyanto
d'Traveler
ugc
ugc
ugc
ugc
ugc
ugc
ugc
ugc
ugc
ugc
detikTravel Community - Kamu tidak salah baca, air terjun ini terlihat berwarna merah. Inilah Air Terjun Batu Merah di Tolitoli, Sulawesi Tengah."So ok kah? Kalo oke ba packing dulu barang. Setengah 3 start" (kalau di terjemahkan sih jadinya 'Kalau setuju kita berangkat pukul 14.30'). Kira-kira seperti itulah chat group terakhir kami sebelum akhirya semua bersiap-siap. Hanya tersisa 30 menit waktu yang ada untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan kami bawa ke tujuan kami yaitu Air Terjun Batu Melam.Keputusan yang mendadak dan persiapan yang singkat serta minim informasi tidak menyurutkan niat kami untuk pergi ke sana. Dari informasi yang kami peroleh, lokasi air terjun ini cukup jauh dari pusat kota (kurang lebih 60 menit dengan mobil dan trekking). Berbekal petunjuk peta digital kami pun berangkat Pukul 14.30 dengan harapan semoga tidak tersesat agar kami tidak kesorean sampai di air terjun tersebut.Demi menghidari kesoktahuan, kami pun beberapa kali sempat singgah untuk bertanya ke warga lokasi air terjun batu melam dan untungnya mereka saya membantu. Namun ternyata ketika sampai di titik yang sesuai dengan peta, kami tidak menemukan petunjuk apapun lagi dan memutuskan untuk tetap mengikuti jalan yang ada. Dan setelah beberapa saat akhirnya kami menemukan petunjuk bertulisan informasi jarak ke Lokasi air terjun tersebut di depan jalan setapak yang hanya bisa dilalui pejalan kaki atau sepeda motor.Setelah memarkir mobil, kami pun melanjutkan perjalanan dengan trekking. Sepanjang perjalanan kami beberapa kali berpapasan dengan wisatawan yang ternyata baru saja dari air terjun tersebut. Ini menandakan jalan yang kami lalui sudah benar mengingat kami jarang sekali bertemu dengan warga lainnya untuk bertanya. Setelah berjalan sekitar 20 menit melewati perkebunan coklat dan hutan kami pun bertemu dengan aliran sungai yang menurut kami sepertinya berasal dari air terjun tersebut.Apalagi terlihat beberapa batuan yang berwarna merah, ini karena air terjun batu melam ini sering juga disebut dengan air terjun batu merah (melam = merah). Jadi ini bisa menguatkan keyakinan kalau kami sudah dekat dengan air terjun tersebut. Ternyata dari tempat itu kami masih harus memanjat bebatuan di aliran sungai untuk sampai ke titik air terjun. Apalagi bebatuannya cukup licin (waktu pulang temen saya bahkan ada yang sampai tergelincir ketika mengejar sandalnya yang jatuh hehe).Dan sangat lega rasanya ketika kami akhirnya berhasil menemukan air terjun yang kami tuju. Air terjun batu melam yang sesuai dengan namanya dikelilingi bebatuan berwarnah merah gelap (seperti merah batu bata). Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi (sekitar 6 meter) dengan aliran air yang cukup deras namun terlihat begitu indah.Apalagi dari cela air nya kita bisa melihat warna kemerahan dari berasal dari batu serta dikelilingi dedaunan hijau sungguh membuat kita lupa akan beban untuk sementara waktu. Inilah yang membuat Air Terjun Batu melam menjadi unik dibandingkan dengan air terjun lainnya. Bermain air dibawah air terjun atau sekitaran sungainya sepuas-puasnya menjadikan moment itu sungguh tak terlupakan.Namun melihat sang bulan yang akan segara muncul sepertinya mengingatkan kami untuk segera menyudahi liburan singkat kali ini. Mengingat kami masih harus kembali trekking untuk sampai ke tempat kendaraan kami terparkir. Gak mau kan sampai ada berita wisatawan tersesat karena lupa diri terbuai dengan keindahan air terjun hingga lupa waktu pulang.Dan sebelum pulang kami mampir sebentar untuk berganti pakaian di kamar mandi yang letaknya tidak jauh dari air terjun tersebut. Jadi buat kalian jangan takut basah-basahan. Semoga air terjun batu melam ini semakin terkenal dan pengunjung semakin banyak. Dan ingat jangan pernah meninggalkan sampah di tempat ini ya. Biarkan alamnya selalu terjaga keasriannya.Informasi tambahan nih, Air Terjun Batu Melam terletak di Kabupaten Tolitoli, Kecamatan Lampasio, Sulawesi Tengah. Jika kalian ingin berkunjung ke sini. Kalian bisa menempuh perjalanan dari kota manapun Ke Tolitoli dengan transit terlebih dahulu di Palu (Ibukota provinsi Sulawesi Tengan) kemudian kalian bisa memilih dilanjutkan dengan perjalanan laut, udara ataupun darat dari Kota Palu.Saran dari saya nih, kalian bisa membeli tiket pesawat dari Palu ke Tolitoli lewat @pegi_pegi atau melalui website www.pegipegi.com. Pegipegi memberikan kalian kemudahan untuk pembelian tiket pesawat dengan harga bersaing. Bahkan terkadang jika beruntung kalian bisa mendapatkan promo tiket murah lho. Nggak percaya? cek aja langsung ke websitenya.So tunggu apalagi segera #Pegipegiyuk dan #JelajahiIndonesiamu !!!! Ditunggu Di TolitoliTips :- Datanglah lebih pagi agar bisa menikmati air terjun lebih lama.- Gunakan alas kaki yang nyaman serta jangan lupa tas waterproof. Bawalah pakaian ganti. Walau kalian tidak berniat untuk bermain air tapi jalur menuju ke air terjun bisa membuat kalian basah.- Jangan lupa pula membawa air minum karena sepanjang perjalan kalian tidak akan menemukan penjual apapun. Jadi jangan sampai kamu dehidrasi karena trekking yang melelahkan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA