Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Jun 2011 10:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Rumah Tradisional Kenali

Rumah Kenali di Museum Lampung
Rumah Kenali di Museum Lampung
Rumah di Desa Kenali
Rumah di Desa Kenali
Simbol siger sebagai ciri khas budaya Lampung
Simbol siger sebagai ciri khas budaya Lampung
detikTravel Community -

Lampung Barat memang kaya akan pesona pariwisatanya. Selain menyimpan keindahan Danau Ranau dan Lembah Batu Brak, Lampung Barat juga menyimpan khasanah budaya yang tak ternilai harganya. Sebut saja Rumah Kenali atau dikenal juga sebagai rumah tradisional Pesagi. Rumah tradisional Lampung yang berada di Desa Kenali, Lampung Barat ini masih berdiri kokoh di antara rumah-rumah panggung lainnya. Saat berpetualang di wilayah Lampung Barat, kami menyempatkan waktu untuk mengunjungi warisan budaya Indonesia yang tak lekang oleh waktu.

 

Rumah Kenali ini tampak berbeda dari rumah-rumah di sekelilingnya. Atapnya bukan dari genteng ataupun seng, melainkan masih dari ijuk. Dindingnya bukan dari semen atau batu bata, tetapi masih dari kayu. Saya mengintip bagian bawah rumahnya, dan semuanya benar-benar hanya ditopang oleh balok-balok kayu besar. Meskipun hanya dibangun oleh kayu yang usianya sudah ratusan tahun, tapi rumah ini masih berdiri kokoh tidak termakan usia.

 

Ada hal yang menarik dari rumah tradisional ini. Meskipun telah dinobatkan menjadi situs purbakala, tapi kita masih bisa melihat rona kehidupan dari rumah tua ini. Ya, rumah ini masih ditempati oleh pemiliknya. Kami sempat berkenalan dengan pemiliknya. Kakek yang usianya sudah mencapai 80 tahun ini menyapa kami begitu kami sampai di depan rumahnya. Beliau tinggal di rumah ini bersama keluarganya, termasuk cucunya yang masih balita. Mereka menjalani hidup seperti layaknya masyarakat yang lain di sekitarnya. Yang membuat mereka spesial adalah mereka masih menempati dan merawat rumah tradisional ini.

 

Kami banyak mendengar cerita tentang rumah yang telah ditempati oleh keluarganya turun temurun sejak 3 generasi yang lalu. Kalau dihitung-hitung, usia rumah ini sudah mencapai 300 tahun. Rumah ini telah menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa ini sejak tiga ratus tahun yang lalu. 

 

Beliau juga bercerita bahwa rumah ini dulu dibangun oleh kakeknya dan bentuknya masih sama hingga saat ini. Awalnya beliau tidak mengubah bentuk asli rumah ini karena alasan ekonomi yang lagi sulit. Namun, belakangan justru rumah ini menjadi daya tarik sendiri karena menjadi satu-satunya rumah tradisional yang masih berdiri di Desa Kenali.

 

Sebenarnya dulu ada dua rumah tradisional ini yang masih berdiri di Desa Kenali. Namun, akhirnya satu rumah terpaksa dibongkar untuk dipindahkan ke Museum Lampung di Kota Bandar Lampung. Jadi bagi Anda yang tidak berkesempatan untuk melihat langsung rumah tradisional di Desa Kenali, Anda masih dapat melihatnya di depan Museum Lampung.

 



BERITA TERKAIT
BACA JUGA