Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Mar 2011 10:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenal Kerajaan Insana dan Istana Raja Taolin

Istana Raja Taolin
Istana Raja Taolin
Potret Raja Taolin
Potret Raja Taolin
Sudut Ruang Istana Raja Taolin
Sudut Ruang Istana Raja Taolin
Saluran Air di sekitar Istana Raja, Oelolok artinya Air yang mengalir di saluran
Saluran Air di sekitar Istana Raja, Oelolok artinya Air yang mengalir di saluran
Makan Raja Taolin
Makan Raja Taolin
Garasi Mobil Raja Taolin
Garasi Mobil Raja Taolin
detikTravel Community -

Raja Taolin yang bernama Lorensius Aloysius Nobas Taolin lahir 10 Agustus 1914 dan mangkat 10 Februari 1991 memerintah Kerajaan Insana yang terletak di Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timor hingga tahun 1970.

Kerajaan Insana yang berpusat di daerah Oelolok pada masa kejayaannya dikenal dengan pemerintahan yang maju dibidang pendidikan karena prinsip dari Raja Taolin yang mengedepankan kemajuan bagi rakyatnya terutama dibidang pendidikan. Raja Taolin juga memiliki perhatian terhadap seni budaya terutama tarian dan seni pahat. Hal ini dibuktikan dengan beberapa tarian yang dimodifikasi baik gerakan maupun komponen pendukung tarian yang diberikan sentuhan baru oleh Raja. Sedangkan untuk seni pahat, Raja Taolin mempunyai kemampuan dalam mendesain pahatan. Hasil desain dari Raja Taolin ini masih dapat kita saksikan di panel-panel yang dipajang di dinding Istananya.

Rasa hormat masyarakat akan kebesaran Kerajaan dan Raja Taolin masih berbekas hingga sekarang, hal ini ditunjukan dengan masih setianya masyarakat atau rakyat untuk datang ke Istana baik untuk berkunjung atau menyelesaikan masalah di Lopo yang terletak disamping istana.

Simbol kerajaan yang masih tersisa hingga kini adalah adanya simbol Hitu, Taboy, Saijo dan Banusu yang terletak empat bagian di halaman depan istana yang melambangkan 4 amaf (marga) yang berada dibawah pemerintahan Kerajaan Insana.

Makan Raja Taolin terletak tepat dibelakang Istana yang berada di Desa Oelolok Kabupaten Timur Tengah Utara. Terdapat juga makam orang tua Raja, istri dan beberapa anak Raja Taolin yang telah wafat.

Saat ini Istana Raja Taolin ditempati dan juga dirawat oleh anak Raja Taolin yang pertama yaitu Th. L. Taolin.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA