Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Apr 2021 11:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

7 Tips yang Harus Dibaca Pendaki Pemula

Bagas Aditya
d'Traveler
Pemandangan Matahari Terbit dari Gunung Prau
Pemandangan Matahari Terbit dari Gunung Prau
detikTravel Community -

Mendaki merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh kalangan pemuda. Baik yang sudah berkali-kali maupun orang yang baru ingin mencoba mendaki gunung.

Adapun yang perlu di perhatikan khusus pendaki pemula demi keamanan dan keselamatan saat mendaki. Mendaki gunung dapat meredakan stress dan memberikan efek relaksasi pikiran sehingga bisa membuat kita lebih bahagia.

Agar pendaki mendapat dampak positif tersebut secara maksimal dan mengurangi resiko perhatikan tips dan trik sebelum mendaki sebagai berikut.

1. Niat

Pendaki harus memiliki niat yang kuat dalam keinginan untuk mendaki karena jika memiliki niat yang setengah-setengah nanti dalam perjalanan akan banyak mengeluh dan dapat membebani diri bahkan teman saat mendaki.

2. Tentukan Lokasi Gunung dan Pelajari Aturannya

Pendaki pemula disarankan untuk memilih gunung yang memiliki jalur pendakian yang landai dan jangan terlalu tinggi dulu. Sebab jika pendaki sudah mendapat feel untuk mendaki akan lebih mudah untuk mendaki ke gunung yang lebih tinggi.

Pemilihan tujuan pendakian bisa dengan cara membaca artikel terkait gunung yang ingin didaki. Karakter gunung satu dan lainnya tidak sama, ada beberapa gunung yang membutuhkan alat panjat dan ada juga gunung yang memiliki pantangan tertentu.

3. Siapkan Mental dan Fisik

Dua hal yang sangat penting dalam mendaki. Disaat kita mendaki, kita langsung dihadapkan dengan alam yang kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Hal tak terduga bisa terjadi oleh karena itu pendaki wajib memiliki mental yang kuat.

Selain mental, fisik perlu dibina sebelum melakukan pendakian. Minimal seminggu sebelum mendaki persiapkan fisik seperti jogging dan olahraga yang menunjang dalam mendaki, supaya saat mendaki otot dan nafas kita tidak kaget ketika melakukan pendakian. Sangat tidak dianjurkan jika calon pendaki memiliki riwayat penyakit pernafasan.

4. Bawa Teman

Pendaki pemula wajib membawa teman saat mendaki, minimal membawa teman yang sudah memiliki pengalaman dalam mendaki. Hal ini diperlukan karena orang yang memiliki pengalaman secara tidak langsung mengajari kita langkah-langkah saat mendaki. Selain itu, membawa teman dapat meminimalisir resiko yang tidak kita inginkan.

5. Memprediksi Cuaca

Wajib bagi pendaki untuk memperkirakan cuaca, sehingga pendaki bisa mempersiapkan dan mengatur rencana jadwal untuk mendaki. Idealnya mendaki itu dilakukan saat musim kemarau karena di kondisi kering dapat mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Hindari mendaki di saat musim hujan karena ada banyak resiko yang bisa terjadi seperti jalanan licin, badai, bahkan tanah longsor.

6. Persiapan Peralatan dan Perlengkapan

Persiapan apa saja yang ingin dibawa tergantung setelah menentukan lokasi, berapa teman yang ingin diajak, dan sudah memprediksi cuaca. Dengan demikian pendaki dapat membagi tugas untuk peralatan dan perlengkapan yang digunakan bersama seperti tenda, kompor portable, peralatan masak, dan lain-lain. Adapun peralatan pribadi yang wajib pendaki bawa sendiri seperti amunisi makanan, baju ganti, senter, matras, sleeping bag, dan lain-lain.

7. Kabari dan Ijin Kepada Orang Tua

Jangan lupa meluangkan waktu sebelum berangkat untuk menjelaskan secara rinci rencana perjalanan mendaki kita. Hal ini penting sebagai antisipasi jika ada sesuatu yang mungkin terjadi dalam perjalanan.

Satu hal yang simpel dan sangat penting yaitu meminta doa restu terhadap orang tua kita. Sebab restu orang tualah yang nantinya bisa dapat memperlancar kita dalam perjalanan dan terhindar dari sesuatu yang tidak kita inginkan. Itulah tips dan trik yang saya rangkum secara rinci, selamat mencoba dan semoga diberi kelancaran dalam mendaki gunung. Terimakasih.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA