Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Mei 2021 19:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Si Cantik yang Tersembunyi di Bangka Barat, Pulau Punai

Batuan granit yang alami terbentuk di permukaan laut
Batuan granit yang alami terbentuk di permukaan laut
Hamparan batu granit dan pasir putih di Pulau Punai
Hamparan batu granit dan pasir putih di Pulau Punai
Batuan granit yang mempercantik laut biru
Batuan granit yang mempercantik laut biru
detikTravel Community -

Liburan ke Pulau Bangka memang tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke pantai yang notabene menjadi daya tarik utama kepulauan ini.

Salah satu pantai yang masih virgin dan tergolong pantai tersembunyi adalah Pulau Punai. Lokasinya terletak di ujung barat Pulau Bangka, tepatnya di Desa Teluk Limau.

Tepatnya, Pulau Punai berada di Jebus, Desa Teluk Limau, Parittiga, lokasi yang sama dengan Bukit Pala. Perbedaannya hanya pada akses, kalau untuk berkunjung ke Bukit Pala pengunjung harus mendaki ke arah kanan, sedangkan untuk menuju Pulau Punai pengunjung berbelok ke arah kiri dan menurun.

Jarak dari pusat kota Pangkal Pinang ke Pulau Punai kurang lebih 127 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 2-3 jam perjalanan darat. Pulau Punai merupakan hamparan laut dengan pasir putih padat dan penuh dengan batuan granit yang kemungkinan sudah berumur ratusan tahun, karena Pulau Bangka merupakan pulau tertua yang ada di Indonesia.

Pulau Punai lebih sering dikunjungi masyarakat setempat untuk memancing, karena banyaknya batuan granit yang agak berbahaya jika berenang saat air surut. Namun pemandangan di pantai ini luar biasa cantiknya.

Pengunjung dapat menikmati keindahan laut dengan duduk di atas batuan granit yang ada. Belum ada fasilitas penunjang pariwisata di Pulau Punai, semua masih asri belum ada sentuhan tangan manusia sama sekali. Biarpun begitu, Pulau Punai sangat potensial untuk dijadikan tempat wisata, sehingga diharapkan pemerintah desa dan daerah setempat dapat melirik potensial ini dan dikembangkan menjadi objek wisata terbaru.

---

Artikel mengenai perjalanan ke Pulau Punai ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Steffanie Silvia Prischou . Traveler bisa mengirimkan artikel perjalanan juga melalui link ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA