Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Mei 2021 12:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pala Hill, Bukit Indah yang Tersembunyi di Bangka Barat

Bukit Pala, the ripped flag already taken down
Bukit Pala, the ripped flag already taken down
Lunch with a view
Lunch with a view
Spot foto miniatur perahu di Bukit Pala
Spot foto miniatur perahu di Bukit Pala
detikTravel Community -

Bangka Belitung memang terkenal akan keindahan pantainya. Namun Bangka Barat bukan cuma pantai saja, ada pula Pala Hill.

Tempat wisata yang asri dan cantik di ujung kepulauan Bangka, tepatnya di Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat adalah Pala Hill.

Bukit Pala berada di Jebus, Desa Teluk Limau, Parittiga. Jarak dari pusat kota Pangkalpinang ke Bukit Pala kurang lebih 127 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 2-3 jam perjalanan darat.

Akses jalan menuju Bukit Pala tidak bisa dilalui kendaraan bermotor sehingga pengunjung harus hiking kurang lebih 15 menit melewati jalan setapak yang di kelilingi pepohonan dan ilalang.

Pemandangan di puncak bukit sungguh memukau. Adanya batuan granit yang menambah keindahan sehingga untuk lokasi ini cocok untuk menikmati senja dan berfoto-foto aesthetic, hampir semua sudut di puncak bukit instagramable.

Namun sayang, batuan granit yang indah ini menjadi rusak karena adanya pengunjung yang melakukan vandalisme. Ini jangan ditiru, ya traveler.

Untuk fasilitas penunjang lainnya ada WC umum dan mini bar. Keadaan WC umum masih kurang layak karena tidak adanya akses air bersih sehingga pengelola harus mengangkut air dari bawah ke atas setiap minggunya.

Mini bar yang ada pun hanya buka pada weekends dan hanya menyajikan makanan dan minuman ringan. Juga tidak adanya safety rope sebagai penanda bahaya sehingga lumayan berbahaya jika pengunjung datang membawa anak kecil.

Saat ini, kawasan pantai belum ada pungutan biaya masuk. Namun untuk ke depannya diharapkan dilakukan tiket masuk untuk retribusi pengembangan Bukit Pala. Agar Bukit Pala dapat menjadi objek wisata yang lebih baik dan dapat lebih banyak dinikmati orang-orang, baik di Bangka Barat maupun di luar itu.

Oh ya, kalian juga bisa camping di sini dengan membawa peralatan kemah sendiri. Nantinya kamu akan dibantu oleh pokdarwis (kelompok sadar wisata) setempat.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA