Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Mei 2021 16:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pemandian Murah di Sleman, Dulu untuk Mandi Bangsawan Keraton

Hafizh A.P
d'Traveler
Umbul Saren, wisata pemandian murah di Kabupaten Sleman ini untuk masuknya hanya Rp 2.000.
Umbul Saren, wisata pemandian murah di Kabupaten Sleman ini untuk masuknya hanya Rp 2.000.
Umbul Saren yang sederhana.
Umbul Saren yang sederhana.
detikTravel Community -

Sejarahnya awal dari obyek wisata Umbul Saren ini juga mungkin bisa dibilang tidak disengaja. Karena, destinasi ini memang tidak dibuat untuk menjadi sebuah obyek wisata pemandian.

Keterangan itu dari salah seorang warga, Endah Subekti, yang berjualan sudah sejak lama di tempat ini. Pemandian Umbul Saren sudah ada sejak jaman Belanda, tujuan awal mulanya tempat ini di dirikan adalah sebagai pemandian sakral orang-orang bangsawan Kraton.

Lalu di sekitar awal tahun 1997-an pemandian Umbul Saren ini akan dijadikan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) oleh Pemerintah kabupaten Sleman. Bupati Sleman, Samirin, tahun 1990 berniat untuk menjual air PDAM-nya ke sebuah perusahaan perairan, di daerah Depok, Maguwoharjo Sleman.

Warga sekitar tahu tentang proyek di pemandian Umbul Saren ini dan tidak sejalan. Lalu terjadi lah sebuah sengketa antara masyarakat sekitar dan Pemerintah Kabupaten Sleman pada tahun 2000-an.

Masalah persengketaan di pemandian Umbul Saren itu terdengar sampai Keraton Yogya. Akhirnya, keraton mengambil alih tempat itu dan proyek PDAM pun terbengkalai hingga sekarang.

Pada tahun 2012 warga mulai bergotong royong membuat akses jalan masuk ke pemandian Umbul Saren ini. Karena tempat wisata pemandian ini letaknya ada di tengah-tengah persawahan.

Jadi sebelum warga bergotong royong membuat akses jalan masuk ke pemandian Umbul Saren, kebanyakan pengunjung hanyalah warga-warga masyarakat sekitar. Endah Subekti menunuturkan waktu kunjungan terpadat di tempat ini yaitu dari hari Senin-Jumat, biasanya dari pukul 05.00-07.00 WIB.

"Popok kunjungan ke pemandian Umbul Saren sebelum orang orang berangkat ke kantor, dan nanti dilanjut lagi jam jam 15.00-17.30 WIB. Dan untuk Sabtu-Minggu itu biasanya jam 05.00-10.00 WIB dan dilanjut lagi jam 14.00-17.30 WIB," tutur Endah.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA