Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Sep 2021 21:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Indahnya Air Terjun Malane di Tolitoli, Sulawesi Tengah

Nuha Dzakirah
d'Traveler
Terlihat Air Terjun Malane sangat indah
Terlihat Air Terjun Malane sangat indah
Airnya sangat jernih
Airnya sangat jernih
Jangan lupa abadikan momen bersama rekanmu
Jangan lupa abadikan momen bersama rekanmu
Di kelilingi hutan tropis
Di kelilingi hutan tropis
Terdapat bebatuan di sekitaran Air Terjun
Terdapat bebatuan di sekitaran Air Terjun
detikTravel Community -

Traveling di tanah Sulawesi jangan lupa mengunjungi Kabupaten Tolitoli. Tolitoli memiliki aneka destinasi wisata yang akan membuat perjalanan traveler jadi lebih berkesan. Salah satunya air terjun Malane.

Lokasi Air Terjun Malane

Air terjun Malane berada di Desa Malangga. Untuk menuju ke Desa Malangga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua, namun kendaraan roda empat hanya bisa sampai di Desa Malangga saja.

Untuk menuju ke air terjun melewati perbukitan yang hanya dapat di akses menggunakan kendaraan roda dua saja. Air Terjun Malane merupakan salah satu tempat favorit masyarakat untuk berakhir pekan.

Ketinggian air terjun Malane mencapai kurang lebih 5 meter menjadikan lokasi ini banyak di huni biota air tawar seperti udang air tawar dan ikan mujair. Hutan tropis mengelilingi daerah sekitar Air Terjun Malane sehingga terdapat berbagai jenis hewan hutan tropis di daerah ini. (Sumber: Dinas Pariwisata Tolitoli).

Jika kalian ingin berakhir pekan di Air Terjun Malane sebaiknya datang pada pagi hari agar bisa merasakan betapa sejuknya Air Terjun ini. Jangan lupa membawa bekal makanan ya, jangan sampai kelaparan.

Karena di area Air Terjun nggak ada warung lho, karena lokasinya tidak cukup luas, hal yang bisa dilakukan di Air Terjun ini adalah bermain air dan berenang tentunya. Airnya dingin banget lho, sampai mengeluarkan kabut.

Kalian juga bisa eksis tentunya, mengabadikan momen bersama teman-teman. Jangan lupa take video juga selama di air terjun Malane ya, buat Tiktok atau Instagram Reels.

Simak artikel selanjutnya:

Ada beberapa hal yang kalian harus perhatikan ketika berkunjung ke Air Terjun Malane yaitu

Pertama, jangan lupa bawa baju ganti, karena kalian pasti basah. Kecuali memang sengaja ingin pulang dalam keadaan basah. Tapi, disarankan sih mengganti baju agar tidak masuk angin ya.

Kedua, bawa makanan dari rumah atau bisa beli di jalan yaa. Banyak kok warung yang akan kalian lewati di sepanjang perjalanan menuju Desa Malangga. Minumnya jangan lupa juga.

Ketiga, kalau bisa sih, bawa tas anti air atau dry bag. Karena kalian akan menyeberangi sungai dan melewati bebatuan menuju ke Air Terjun, khawatir barang-barang kalian akan terkena air. Tapi kalau nggak punya juga nggak apa-apa ya jangan maksain. Usahakan barang-barangmu tetap aman aja.

Keempat gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Karena kalian akan sedikit nanjak dan naik ke bebatuan. Jangan sampai terpleset atau terjatuh karena menggunakan pakaian yang tidak nyaman.

Kelima nikmati waktu bersama teman atau kerabat kalian. Gak usah sibuk main HP! Karena sayang banget lho kalo main ke alam tapi masih sibuk main HP.

Keenam jangan membuat temanmu kesulitan. Kalau lelah, istirahat sejenak. Jangan memaksakan. Kalau yang nggak biasa nanjak atau jarang olahraga biasanya setelah pulang dari Air Terjun bakalan kerasa pegel-pegel. Tapi, semoga kalian tidak ya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA