Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Okt 2021 09:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Alam Geopark Ciletuh yang Menawan Hati

Intan MN
d'Traveler
Suasana Puncak Darma
Suasana Puncak Darma
Curug Cimarunjung di antara rimbun pohon
Curug Cimarunjung di antara rimbun pohon
Dua Aliran Kembar di Curug Sodong
Dua Aliran Kembar di Curug Sodong
Perjalanan menuju Curug Awang
Perjalanan menuju Curug Awang
Layanan wifi di kawasan wisata
Layanan wifi di kawasan wisata
Bentang Alam di Bukit Panenjoan
Bentang Alam di Bukit Panenjoan
detikTravel Community -

Keindahan Geopark Ciletuh bukanlah rahasia umum lagi. Wisata ini menawarkan paket lengkap untuk para pecinta wisata alam. Sudah ke sini belum?

Geopark Ciletuh yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi, berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan darat dari Jakarta (apabila tanpa macet). Bagi pecinta wisata alam, Geopark Ciletuh menjadi pilihan tepat dengan paket lengkap.

Terdapat 7 curug dengan masing-masing keunikannya. Curug Cimarinjung misalnya, diantara rimbunan pohon ditambah alirannya yang deras membuat pengunjung terasa sejuk terkena cipratan air terjun dari dekat.

Curug lainnya yang dapat ditempuh dengan mudah ialah sodong dengan aliran kembar yang tinggi, sampai-sampai Pengunjung sudah bisa mengintip keindahan curug ini dari parkiran. Masih di area yang sama, dengan treking kurang lebih 15 menit memasuki hutan, pengunjung dapat menemukan Curug Cikanteh dengan lebih dari 2 aliran air terjun.

Berkendara kurang lebih 30 menit, terdapat Curug Awang dan Puncak Manik. Dari parkiran, pengunjung dapat turun mendekat pada aliran Curug Awang yang disebut mirip Niagara Falls (apabila musim hujan dan debit air deras).

Ingin suasana lain, pengunjung juga bisa bermain air di Pantai Palangpang/Ciletuh. Di ujung pantai, terlihat jelas megahnya aliran Curug Cimarunjung. Atau pengunjung bisa menyewa perahu untuk singgah di Pulau Kunti dengan pasir putih dan goa kelelawar pinggir laut.

Luasnya Laut selatan juga dapat dinikmati dari beberapa puncak/bukit yang telah disediakan pemerintah setempat. Diantaranya Puncak Darma yang terkenal dengan keindahan sunsetnya.

Ingin melihat area geopark lebih luas, pengunjung juga bisa melipir ke Puncak Aher yang terletak dekat bukit paralayang. Jika ada kesempatan dan keberanian, wisata Geopark Ciletuh juga dapat dinikmati dari atas langit melalui tandem paralayang.

Sisihkan uang Rp 500 ribu dan pengunjung akan diajak terbang di bumi pasundan lebih dari 5 menit (tergantung angin dan cuaca), memandang sekaligus hamparan laut selatan, persawahan, bukit, sungai, hingga beberapa curug dari ketinggian.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, terdapat berbagai pilihan tempat menginap. Diantaranya dekat curug, pesisir pantai, maupun di area atas (Bukit Panenjoan).

BERITA TERKAIT
BACA JUGA