Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 06 Feb 2022 09:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Candi Klero, Wisata Sejarah yang Jarang Terjamah

Lina Prabawanti
d'Traveler
Candi Klero tampak depan
Candi Klero tampak depan
Candi Klero tampak samping
Candi Klero tampak samping
Cagar Budaya candi Klero
Cagar Budaya candi Klero
Relief di Candi Klero
Relief di Candi Klero
detikTravel Community -

Candi Klero adalah candi bercorak Hindu. Candi ini ditemukan pada tahun 1995 berupa reruntuhan untuk kemudian dipugar dan ditetapkan menjadi cagar budaya. Traveler sudah pernah ke sini?

Berlokasi di Ngentak Lor, Klero Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, letak candi sangat strategis di Jalan Raya Salatiga – Solo, lokasinya tak jauh dari Pasar Tengaran. Terhampar di tengah-tengah perkebunan warga serta berbatasan langsung dengan pemakaman desa, membuat suasana di Candi Klero sunyi dan sepi.

Candi Klero ini hanya terdiri dari satu bangunan induk yang berisi Yoni saja tanpa disertai Lingga yang menjadi ciri khas bangunan candi bercorak agama Hindu pada umumnya. Di halaman candi, dekat dengan pintu masuk ada situs watu lumpang lengkap dengan alunya, terbuat dari batu andesit.

Melansir situs perpusnas, struktur bangunan candi lebih rendah dari tanah sekitar. Sekeliling candi pun dilakukan penggalian yang lebarnya 14x14 meter. Sementara, tingginya dari teras penggalian atau dasar candi kurang lebih 4 meter.

Bangunan candi terlihat berundak atau tingkat Tingkat pertama sebagai dasar candi memiliki tinggi 1,4 meter dengan lebar kurang lebih 4x6 meter yang berfungsi sebagai teras

Cukup unik mengingat alat pertanian jarang ditemukan berada satu kompleks dengan bangunan candi. Tiadanya arca di sekeliling candi memberikan kesan sederhana yang sangat kuat. Namun halaman candi yang bersih dan terawat serta disediakannya bangku taman membuat kunjungan ke candi cukup menyenangkan.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Zulfan Ariansyah. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA