Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 13 Mar 2022 15:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Gorontalo Punya Pulau Dionumo yang Keindahannya Bikin Melongo

Angel Hasiru
d'Traveler
Pemandangan diatas bukit Pulau Dionumo
Pemandangan diatas bukit Pulau Dionumo
Hamparan ilalang yang menghiasi bukit di Pulau Dionumo
Hamparan ilalang yang menghiasi bukit di Pulau Dionumo
detikTravel Community -

Gorontalo ternyata punya pulau Dionumo yang keindahannya akan bikin traveler melongo. Berwisata ke sini, kalian serasa sedang berada di pulau pribadi.

Pulau Dionumo terletak di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata, Gorontalo Utara. Jarak tempuh dari Kota Gorontalo kurang lebih 2-3 jam perjalanan.

Perjalanan dari Kota Gorontalo menuju ke dermaga penyebrangan bisa diakses menggunakan kenderaan pribadi baik mobil maupun motor, dan juga bisa diakses dengan bis. Dermaga penyebrangannya berlokasi tepat di depan Kantor Desa Deme II.

Setibanya di dermaga penyebrangan, kita beralih transportasi menggunakan perahu katinting milik penduduk setempat. Untuk menuju pulaunya kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan tarif Rp 20.000/orang untuk sekali jalan.

Pulau Dionumo merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang dulunya masih jarang wisatawan datang untuk berkunjung. Namun seiring berjalanannya waktu, Pulau Dionumo makin dikenal orang dan makin banyak wisatawan yang berdatangan.

Informasi yang diperoleh melalui mulut ke mulut ataupun melalui sosial media. Hal ini dikarenakan Pulau Dionumo memiliki daya tarik tersendiri.

Dari kejauhan, mungkin Pulau ini akan terlihat biasa saja, namun keindahannya akan terlihat ketika kita menanjak ke atas bukit, dimana terdapat hamparan ilalang yang luas dengan pemandangan alam sekitar, yakni air yang jernih, langit yang bersih, udara yang segar dan pemandangan pohon kelapa yang ditanam di sekitaran bibir pantai.

Tak hanya keindahan alam yang ada di daratan, Pulau Dionumo juga menyajikan keindahan alam pantai dan juga bawah air. Terdapat dua bagian yang dapat dikunjungi di Pulau Dionumo, bagian depan dan juga bagian belakang pulau.

Pada bagian depan pulau dikhusukan untuk publik, terdapat atraksi wisata Banana Boat dan Speed Boat. Fasilitas penunjang seperti toilet juga sudah tersedia di pulau ini. Namun sayang penggunaan air harus dibatasi karena ketersediaan air yang masih susah.

Terdapat beberapa booth makanan yang menjual aneka ragam makanan, mulai dari makanan berat hingga mie instan dan kopi panas yang siap menemani waktu berlibur Anda.

Terdapat jalur tracking ke atas bukit yang sudah disediakan mulai dari pijakan anak tangga dan pegangan disekitarnya sehingga memudahkan akses wisatawan untuk menuju ke atas bukit.

Selain itu, di pulau bagian depan ini tersedia penyewaan tenda dengan tarif Rp 50.000/malam dan hammock dengan tarif Rp 15.000. Dengan adanya penyewaan tenda, pengunjung yang ingin menginap dan menikmati indahnya langit pada malam hari akan dimudahkan.

Pengunjung juga bisa bersantai di pinggir pantai dengan menggunakan hammock yanng tersedia. Beberapa aktivitas ringan lainnya bisa dilakukan di Pulau Dionumo misalnya menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bersantai di pinggir pantai, atau merasakan jernihnya air.

Di samping itu pengunjung juga bisa menikmati segelas kopi hangat dan aneka ragam gorengan ditemani oleh semilir angin. Tidak hanya waktu bersantai bersama keluarga, wisata Pulau Dionumo cocok untuk dijadikan sebagai objek destinasi wisata yang dikunjungi bersama teman, kerabat, maupun pasangan.

Pada bagian belakang Pulau terdapat Resort Sea Dionumo Wonderland, dimana tersedia Private Resort untuk menginap. Paketnya sudah termasuk transportasi dari dermaga penyeberangan menuju bagian belakang pulau, 3 kali makan yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam, serta 2x coffee break.

Tersedia penyewaan alat snorekling dan terdapat 3 spot diving. Penginapan ini menawarkan sensasi menginap seperti di pulau pribadi.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA