Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 09 Jan 2023 14:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ada yang Baru Nih di Jogja: Selasar Malioboro, Wajib ke Sini!

AtrinaNisa
AtrinaNisa
AtrinaNisa
AtrinaNisa
AtrinaNisa
AtrinaNisa
AtrinaNisa
AtrinaNisa
AtrinaNisa
AtrinaNisa
detikTravel Community -

Ada spot wisata baru lho di Yogyakarta. Destinasi wisata itu bernama Selasar Malioboro. Buat yang belum pernah ke sini, wajib deh cobain!

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan indonesia maupun mancanegara. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang beragam, Yogyakarta juga memiliki destinasi wisata kuliner yang khas, khususnya di kawasan Malioboro.

Malioboro memiliki daya tarik luar bisa untuk menarik minat wisatawan dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Salah satunya destinasi wisata kuliner Selasar Malioboro. Selasar Malioboro merupakan salah satu destinasi wisata kuliner baru di Jogja.

Destinasi wisata ini menjadi ikon tempat wisata kuliner yang menyediakan berbagai makanan khas Jogja dan tempat swafoto yang keren dan instagramable. Di kawasan Selasar Malioboro ini memiliki tempat parkir yang khusus untuk memudahkan para wisatawan yang berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi untuk dapat kemudian melanjutkan mengeksplor kawasan ini dengan berjalan kaki.

Selain itu, bagi wisatawan penumpang kereta api yang memiliki tujuan pemberhentiaan di stasiun tugu juga dapat ber-istrirahat dan menikmati berbagai fasilitas yang disediakan seperti tempat mandi, loker dan tempat kuliner.

Lokasi Selasar Malioboro terletak di Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Slasar Malioboro berada di samping Loko Café Stasiun Tugu Jogja.

Keunikan dari Selasar Malioboro adalah menerapkan konsep heritage yang diusung oleh PT KAI dalam menampilkan bangunan tempo dulu dengan dominasi warna putih dan jumlah jendela yang banyak serta bentuk lengkungan-lengkungan pada setiap sisinya yang memberikan ciri bangunan indis dengan kombinasi modern.

Hal tersebut karena pengelolaan Selasar Malioboro berasal dari PT KAI dan diresmikan oleh keluarga Keraton Yogyakarta. Selasar Malioboro dibangun oleh PT KAI yang merupakan pengembangan dari kawasan Stasiun Tugu. Tempat ini menjadi penghubung antara stasiun dengan kawasan Malioboro.

Selasar Malioboro mulai dibuka pada 1 Maret 2021. Tujuan dari adanya Selasar Malioboro adalah untuk menyediakan fasilitas pendukung dan meningkatkan pelayanan para penumpang kereta api serta sebagai tempat pengembangan kawasan stasiun tugu sebagai kawasan bisnis dan wisata untuk menarik kunjungan wisatawan indonesia maupun mancanegara.

Kawasan Selasar Malioboro ini dibangun dengan luas 1.700 meter persegi yang menampung 18 unit retail serta 30 unit toko UMKM. Dengan adanya Selasar Malioboro diharapkan wisatawan semakin nyaman saat mengunjungi dan menikmati makanan khas Jogja dengan nuansa heritage café sambil melihat pemandangan kereta api serta suasana Jogja.

Salah satu ikon yang ditonjolkan Selasar Malioboro adalah wisata kuliner. Hal tersebut dapat dilihat dari ujung timur ke barat, tempat ini dipenuhi dengan berbagai kuliner khas Yogyakarta seperti Gudeg Yu Djum, Bakpia Tugu Jogja, Oseng-oseng mercon dan beberapa angkringan diantaranya Angkringan Kopi Laju, Angkringan Kopi Jos, Angkringan Tajzu dan Angkringan Mbak Siska.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati beragam menu lainnya di berbagai tenant seperti Kalis Donat, Serabi Mertua, Cream & Crème, Amore Gelato, Bakso Rosso dan QQ Taiwanese Crispy Chicken.

Setiap tenant memiliki plang namanya sendiri yang dapat dilihat oleh para pejalan kaki maupun pengendara bermotor di jalan raya, sehingga memudahkan untuk dikenali.

Destinasi wisata kuliner Selasar Malioboro ini sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi wisatawan yang datang dari jauh. Melalui pengembangan Selasar Malioboro sebagai destinasi wisata kuliner sekaligus penyedia fasilitas bagi penumpang kereta api sangat memudahkan para wisatawan untuk mencari tempat penitipan barang, tempat makan, bahkan tempat untuk mandi.

Letaknya yang sangat strategis berada di pusat kota juga memudahkan untuk dicari. Oleh karena itu, kalian wajib mengunjungi destinasi wisata ini dan tidak boleh terlewatkan jika kalian berkunjung ke Jogja.

Nah, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Selasar Malioboro?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA