Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 16 Jan 2023 15:46 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Asrinya Air Terjun Sungai Kandi di Kuantan Singingi

RIon Nofrianda
d'Traveler
Air Terjun Sungai Kandi
Air Terjun Sungai Kandi
Foto: detik
Foto: detik
Berfose di air terjun sungai kandi
Berfose di air terjun sungai kandi
Berenang dan menikmati asrinya  air terjun sungai kandi
Berenang dan menikmati asrinya air terjun sungai kandi
Makan bersama di air terjun sungai kandi
Makan bersama di air terjun sungai kandi
detikTravel Community -

Kabupaten Kuantan Singingi di Provinsi Riau yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat menyimpan pesona alam nan eksotis yaitu Air Terjun Sungai Kandi.

Perjalanan kali ini ditemani remaja Surau Rondah Nurul Hidayah Desa Seberang Pantai Apis, Harno, Ikrar, Ipan, Afdhal, Rion dan Iman yang setiap tahunnya berupaya untuk mengagendakan menelusuri objek wisata lokal yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Tepat pukul 09.30 WIB kami beranjak dari titik kumpul menuju Desa Sungai Kelelawar, Kecamatan Hulu Kuantan. Perjalanan dimulai dengan menyeberangi jembatan baru Lubuk Jambi melintasi sungai Kuantan yang baru saja selesai dalam beberapa bulan lalu.

Saat ini Kecamatan Kuantan Mudik memiliki jembatan kembar sisi kiri dan kanan, namun jembatan yang lama sudah berbahaya jika difungsikan untuk dilalui pengendara. Rombongan pun menyempatkan untuk mampir membeli nasi bungkus untuk makan siang di salah satu rumah makan favorit di bawah jembatan, persis di bibir sungai Kuantan di desa Banjar Padang.

Rumah makan ini menjadi salah satu tempat makan favorit para pejabat maupun masyarakat untuk menyantap hidangan, sekaligus menikmati aliran sungai Batang Kuantan.

Perjalanan kembali dilanjutkan dengan melewati Pasar Lubuk Jambi, kemudian melintasi Desa Koto Lubuk Jambi, melewati Desa Aur Duri dan Bukit Kauman hingga Desa Sungai Manau. Diperjalanan akan disuguhi pemandangan sawah serta menelusuri sungai Batang Kuantan hingga akhirnya sampailah di simpang Desa Sungai Kelelawar tak terlalu jauh dari Kompang (alat transportasi air) Penyebarangan Desa Saik.

Pengunjung dapat melihat tulisan arah petunjuk arah menuju lokasi air terjun dipersimpangan Desa Sungai Kelelawar. Tak sulit menemukan lokasi tujuan wisata ini, menelusuri jalan desa hingga masuk ke area perkebunan warga dengan kondisi jalan semenisasi melancarkan kendaraan untuk meluncur ke tujuan (noted: kendaraan roda empat dapat diparkir di pinggir sungai Kandi).

Setelah melewati desa dengan lintasan perjalan naik dan turun, sampailah di lokasi parkir yang berada di areal perkebunan karet masyarakat. Dari lokasi parkir menuju air terjun menempuh perjalanan kurang lebih lima belas menit dengan berjalan kaki.

Terlihat cukup ramai kendaraan roda dua terparkir dan kamipun bergegas memarkirkan kendaraan dan berjejer menelusuri jalan setapak menapaki perkebunan warga menuju lokasi dan tak terasa karena canda tawa di perjalanan, terdengarlah sayup suara gemericik air, sampailah kami di lokasi air terjun sungai Kandi.

Air masih jernih yang berbeda jauh dengan kondisi air Sungai Kuantan saat ini. Terlihat cukup ramai pengunjung yang juga ikut menikmati kesejukan air terjun dua tingkat ini. Perjalananpun berakhir di sini, di Air Terjun Sungai Kandi.

Ayo Cintai Negeri, Jaga Alam Tetap Asri.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA