Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Jul 2012 13:33 WIB

DESTINATIONS

Bertemu Burung Merak di Baluran, Jatim

Faela Shafa
detikTravel
Saat sudah cukup minum, merak akan kembali berjalan-jalan (Shafa/detikTravel)
Baluran - Sebagai Africa van Java, Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur menyimpan banyak fauna, termasuk burung merak. Tak hanya satu, mereka beberapa kali terlihat berkelompok. Lucu!

12 Kilometer dari pintu masuk TN Baluran, ada sebuah savana luas yang diisi beberapa fauna seperti rusa, kerbau, banteng dan burung merak. Binatang yang terakhir memang menarik untuk dilihat. Kepalanya yang seperti bermahkota dan buntutnya yang indah seperti kipas kerap membuat orang-orang senang memandanginya.

Namun, binatang ini ternyata cukup pemalu. Meski sering terlihat mondar-mandir di depan bungalow dan savana, burung merak tak mudah untuk didekati. Tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin lebih dekat dengan binatang cantik ini.

Menurut ranger yang bekerja di TN Baluran, hewan ini suka terlihat di dekat sumber air. Kubangan air dan mata air adalah beberapa titik yang bisa dijadikan pos pengintaian. Pagi hari jadi salah satu waktu tepat jika ingin melihat burung berbuntut indah ini lebih dekat.

Pastikan angin sedang berhembus melawan Anda. Burung merak memiliki penciuman yang cukup tajam, ia tak suka jika tahu ada orang lain di tempat yang ingin dia lewati. Juga jangan berisik, karena mereka hewan yang cukup pemalu.

Jangan lupa sebar beras di dekat tempat minum mereka jika ingin melihat lebih lama. Beras memang jadi salah satu makanan yang bisa diterima perut mereka. Sebenarnya, makanan favorit mereka adalah jagung. Namun jika sulit menemukan jagung, beras pun mereka masih mau makan.

Nah, sekarang tinggal bersabar dan jangan lupa bawa kamera. Saat pagi, estimasi waktu kehadiran mereka berkala dari 10-30 menit. Jika sedang ingin jalan-jalan, mereka bisa terlihat dengan mudah. Tapi jika sedang tidak beruntung, Anda bisa menunggu hingga berjam-jam.

(shf/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA