Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Jul 2012 10:42 WIB

DESTINATIONS

Gowes Asyik di Baluran, Jatim

Faela Shafa
detikTravel
Bersepeda asyik di Baluran (Shafa/detikTravel)
Jakarta - Trek yang beragam dan pemandangan sekitar yang indah jadi pendukung untuk gowes sepeda. Cobalah bersepeda di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jatim dan rasakan sensasi beda dalam bersepeda. Seru!

Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur memiliki area seluas 25.000 hektar. Area tersebut termasuk savana, hutan, gunung, pantai dan beberapa tempat lain. Tak hanya naik mobil atau jalan kaki, Anda pun bisa coba bersepeda mengelilingi taman nasional. Tak memiliki sepeda bukanlah masalah besar karena ada sepeda yang bisa disewa di sini.

Memang akan butuh waktu berhari-hari untuk tamat menjelajah setiap jengkal tanah di Baluran. Namun jika tak sanggup, Anda bisa menjelajah beberapa bagian taman nasional. Ada dua penginapan di sini yang dibagi berdasarkan area yaitu Bekol dan Bama.

Di Bekol, pemandangan yang tersaji adalah savana dan Gunung Baluran sedangkan di Bama, pantai akan jadi pemandangan pertama yang akan Anda lihat saat bangun tidur. Jika ingin menjelajah dengan sepeda, Anda bisa memulai petualangan dari titik penginapan tersebut, baik itu Bama atau Bekol.

Ada 2 jalan yang tersedia, jalan berbatu yang cukup luas dan membelah savana atau jalan setapak yang naik-turun dan penuh tantangan. Jika stamina Anda masih penuh, lebih baik pilih jalan setapak yang menyusur hutan. Usahakan datang saat musim panas sehingga tanah cenderung kering dan jejak.

Pepohonan adalah teman setia Anda sepanjang menggowes. Tak perlu kuatir salah atau kehilangan arah karena ada papan petunjuk di setiap jalan bercabang. Jika datang pada musim panas, suasana Afrika akan sangat terasa. Pohon yang sedang meranggas dan tanah yang ditutupi dengan dedaunan tua benar-benar membangkitkan suasana berbeda.

Berhentilah barang sejenak jika lelah dan nikmati pemandangan sekitar. Jika beruntung, Anda bisa bertemu kawanan merak yang senang jalan-jalan di sekitar sana. Tapi hati-hati dengan kawanan monyet karena mereka sangat senang mencuri makanan. Usahakan untuk menaruh makanan di dalam tas tertutup rapat. Jika ingin lebih aman, bawa serta sepotong dahan untuk mengusir mereka saat tiba-tiba muncul.

Menjadikan Bama sebagai tujuan akhir bersepeda bisa jadi ide yang bagus. Karena Anda bisa beristirahat dan bermain air di pantai yang cantik dengan ombak yang tenang. Pasti sangat segar rasanya bisa berenang di laut yang jernih. Dengan begitu, Anda bisa mengembalikan kesegaran untuk perjalanan pulang.

(sst/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA