Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Jul 2012 08:33 WIB

DESTINATIONS

Ini Dia Kuil Buddha Paling Suci di Sri Lanka

Peziarah berbondong-bondong memasuki kuil Sri Dalada Maligawa (Foto: Fitraya/detikTravel)
Jakarta - Sri Dalada Maligawa di Kota Kandy merupakan kuil Buddha paling suci di Sri Lanka. Konon, kuil ini punya benda keramat yaitu relik gigi sang Buddha. Kuil ini pun jadi tujuan wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Eksistensi relik gigi sang Buddha menuai banyak pertanyaan. Bagaimana bisa gigi Buddha Siddharta Gautama berserakan di berbagai belahan dunia, bahkan sampai Singapura? Kuil yang jadi rumah bagi relik tersebut pun ikut disucikan. Kuil-kuil ini menjadi tujuan wisata ziarah umat Buddha.

Namun, ada satu kuil Buddha yang paling disucikan di Sri Lanka. Namanya Sri Dalada Maligawa, atau Temple of the Sacred Tooth Relic. Terletak di Kota Kandy, konon kuil ini menyimpan relik gigi sang Buddha. Tak heran, umat Buddha dari berbagai belahan dunia ingin melihat langsung relik tersebut. Hal itu jugalah yang jadi daya tarik wisatawan.

Ada atau tidaknya relik gigi ini juga menuai kontroversi. Ada yang bilang, gigi sang Buddha telah dibakar pada tahun 1650, dan gigi yang dipajang di kuil ini adalah tiruan. Namun, hal itu tetap tidak menyusutkan atensi wisatawan untuk berkunjung ke Sri Dalada Maligawa.

Mengutip buku "1001 Sites You Must See Before You Die" pada Selasa (24/7/2012), relik gigi ini disimpan di bagian dalam kuil lengkap dengan sesajen. Begitu masuk, wangi teratai (lotus) mendominasi ruangan ini. Gigi itu sendiri berada di cawan emas berbentuk bunga teratai.

Selain melihat langsung relik gigi sang Buddha, Anda juga bisa berkeliling kuil sambil mengagumi arsitekturnya. Sri Dalada Maligawa dibangun pada tahun 1.600 pada masa Raja Vimaladharmasuriya I. Setelah itu, museum ini direnovasi pada abad ke-18 yaitu saat Raja Kirthi Sri Rajasinghe bertahta.

Di kompleks kuil ini, Anda juga bisa menyambangi Sri Dalda Museum yang memiliki koleksi dokumen dan foto terkait sejarah relik gigi Buddha ini. Anda juga bisa melihat menara oktagon, Pattiripuwa, yang dibangun pada tahun 1803. Menara ini digunakan sebagai perpustakaan manuskrip kuno!

(sst/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA