Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Agu 2012 08:29 WIB

DESTINATIONS

Ahlan Wa Sahlan! Ini Dia Kampung Arab di Surabaya

Afif Farhan
detikTravel
Selamat datang di Kampung Arab Surabaya (seratusnegara.blogspot.com)
Selamat datang di Kampung Arab Surabaya (seratusnegara.blogspot.com)
Surabaya - Jika traveling ke Surabaya, mampirlah ke Kampung Arab. Di sana Anda bisa merasakan suasana ala Timur Tengah. Apalagi saat bulan Ramadan, pasar dan aktifitas masyarakatnya persis seperti di Makkah. Ahlan wa sahlan!

Ada banyak tempat dengan julukan Kampung Arab, seperti di Jakarta atau Bogor. Ternyata, Surabaya juga memiliki Kampung Arab yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Kampung Arab tersebut dapat menjadi destinasi wisata Anda di bulan Ramadan kali ini.

Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Kamis (2/8/2012), Kampung Arab berada di area Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel. Di kawasan tersebut juga terdapat masjid dan makam Sunan Ampel yang menjadi destinasi wisata ziarah umat Muslim.

Kawasan Ampel terletak di Jalan Ampel Suci 45 dan Jl Ampel Masjid 53 atau sekitar 10 kilometer dari Kota Surabaya. Di wilayah inilah Sunan Ampel menyebarkan dan mengajarkan ajaran agama Islam pada abad ke-15 silam.

Tidak hanya masyarakat Surabaya yang berlajar ajaran Islam di tempat ini, tapi juga para pedagang dari Timur Tengah, seperti Arab dan Yaman. Para pedagang tersebut datang untuk berdagang serta mempelajari ajaran Islam dari Sunan Ampel. Oleh karena itu, muncullah Kampung Arab di sekitar masjid dan makam Sunan Ampel.

Anda akan terkesima saat mengunjungi Kampung Arab ini. Ya, suasana khas Timur Tengah akan Anda jumpai. Banyak masyarakat Timur Tengah yang lalu lalang di sana. Tidak hanya itu, rumah khas Timur tengah yang memiliki dua pintu dan dua pilar penyangga, serta teras di depan rumah dapat Anda temukan di sana.

Untuk masalah kuliner, dijamin Anda akan suka. Makanan khas dan spesial di kampung ini adalah nasi kebuli. Dengan campuran rempah-rempah dan daging kambing, rasanya sangat maknyus!

Selain kulinernya yang khas, Kampung Arab juga memiliki pasar tradisional. Di pasarnya terdapat berbagai macam barang-barang, seperti baju muslim, peralatan salat, minyak wangi, hingga kurma.

Saat bulan Ramadan, suasana di Kampung Arab menjadi semakin meriah. Anda bisa berburu berbagai macam menu buka puasa di pasarnya. Jangan lupa berbelanja busana muslim dengan motif dan corak ala Timur Tengah.



(shf/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED