Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Agu 2012 10:15 WIB

DESTINATIONS

Merasakan Denyut Perbatasan Indonesia dan Papua Nugini

Putri Rizqi Hernasari
Redaksi Travel
Perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini (dok. Bayu Maitra/ACI)
Perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini (dok. Bayu Maitra/ACI)
Jayapura - Suasana berbeda akan Anda rasakan saat traveling ke Desa Skow di Papua. Di sana, turis melihat ada banyak barang buatan Papua Nugini dijual. Tak ketinggalan tanah Papua Nugini terlihat di depan mata.

Desa Skow di Jayapura, Papua memang berbeda dibanding desa lain yang ada di Papua. Desa ini berbatasan langsung dengan Desa Wutung di Papua Nugini. Bisa dibilang, inilah kawasan perbatasan antara negara kedaulatan Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

Tidak percaya? Coba buktikan sendiri dengan datang langsung ke Desa Skow. Ada satu tempat yang menjadi perbatasan antara tanah Indonesia dan Papua Nugini yang hanya dibatasi dengan pagar.

Dekatkan tubuh dengan pagar, dan pandanglah terus ke depan. Perasaan unik pasti menyelimuti diri Anda. Di sana tampak tanah luas yang bukan lagi tanah Indonesia. Itulah luar negeri hanya tinggal beberapa langkah saja.

Tidak hanya pagar pembatas yang bisa dilihat saat berada di Desa Skow. Sejumlah pemandangan menarik pun bisa Anda temui selama berada di desa ini.

Lihat saja ke produk makanan dan minuman yang dijual di Desa Skow. Tak sedikit produk yang dijual hasil buatan Papua Nugini, contohnya minuman bersoda atau bir. Jika diamati, tulisan di botol ini berlabel "Made in Papua New Guinea".

Memang benar, barang yang ada di Desa Skow bercampur antara produk dalam negeri dan luar negeri buatan Papua Nugini. Ini karena Desa Skow masuk dalam daerah bebas di antara dua negara. Jadi jangan kaget kalau Anda menemukan aneka rupa produk buatan negeri tetangga ini.

Jika ingin menemukan lebih banyak barang buatan Indonesia dan Papua Nugini, coba jelajah pasar Desa Skow ketika hari pasar tiba. Hari pasar adalah hari khusus untuk berdagang, dan akhir pekan adalah hari pasar yang dipilih desa di perbatasan ini.

Saat hari pasar tiba, Anda bisa menemukan aneka barang dijual untuk memenuhi kebutuhan penduduk, mulai dari pakaian hingga alat elektronik. Uniknya, yang meramaikan hari pasar bukan hanya penduduk Desa Skow, tetapi juga penduduk Desa Wutung di Papua Nugini. Mereka sengaja datang untuk meramaikan pasar.

Sayangnya, untuk mencapai desa di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini ini, pelancong harus melakukan perjalanan darat yang cukup jauh. Dari Jayapura, Anda akan menghabiskan waktu 2 jam perjalanan yang ditemani dengan pemandangan alam yang cantik, seperti pantai hingga hutan.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.