Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Agu 2012 14:21 WIB

DESTINATIONS

Bertamu ke Rumah Sherlock Holmes

Sherlock Holmes Museum (theminty.com)
London - Untuk Anda pecinta tokoh detektif Sherlock Holmes, jangan lewatkan kesempatan berkunjung langsung ke rumahnya di London, Inggris. Sebuah museum bertema Sherlock Holmes didirikan. Inilah rumah resmi sang detektif.

Sherlock Holmes The Museum adalah museum yang sengaja dibangun untuk mengenang tokoh novel detektif, yang terkenal pada abad ke-19, Sherlock Holmes. Museum ini sudah ada sejak tahun 1990 di Baker Streer nomer 221b. Ya, lokasi museum ini sesuai dengan alamat yang ada di novel, seperti yang ditulis dalam situs resmi Museum Sherlock Holmes, Rabu (15/8/2012).

Menurut novel, di dalam rumah itu Holmes tinggal bersama dengan sahabatnya dokter John H Watson pada tahun 1881-1904. Tak heran jika datang ke rumah 4 tingkat ini, pelancong tak hanya melihat barang-barang Holmes, tetapi juga Watson.

Masuk ke dalam, Anda langsung dihadapkan dengan lantai satu. Di sini, pelancong bisa melihat kamar pribadi dan ruang tamu Holmes. Di ruangan inilah, sang detektif biasa menghabiskan waktunya untuk menerima tamu, beristirahat, dan berpikir bagaimana memecahkan kasus.

Masih di ruangan yang sama, pelancong juga bisa melihat bangku yang sering diduduki Holmes. Sebuah meja kerja lengkap dengan pena dan buku bacaan sang detektif, juga terpajang dengan rapi di sini.

Naik ke lantai dua, Anda bisa melihat kamar dokter Watson dan Nyonya Hudson. Nyonya Hudson adalah pemilik rumah Holmes yang juga bertugas untuk menyediakan makanan, serta melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Dari kamar dokter Watson, pengunjung bisa melihat halaman belakang rumah. Sebaliknya, jika berdiri dari arah kamar Nyoya Hudson, wisatawan langsung dihadapkan dengan panorama jalanan depan rumah.

Di dalam kamar dokter Watson, Anda bisa melihat buku harian yang berisi tulisan tangan Watson. Tidak hanya itu, berbagai barang pribadi milik sang detektif Holmes juga tersedia di sana.

Naik satu tingkat ke lantai tiga, pengunjung seolah dibawa ke dalam cerita Sherlock Holmes. Ada banyak patung lilin berbentuk tokoh-tokoh di serial Sherlock Holmes di sana. Patung lilin ini sengaja dibuat dengan gaya seperti dalam salah satu adegan di film.

Setelah melewati lantai satu, dua, dan tiga, kini pengunjung tiba di lantai 4. Lantai ini hanya loteng yang digunakan untuk menyimpan koper-koper. Nah, untuk pelancong yang senang atau mengoleksi barang-barang milik Holmes, bisa membeli di toko suvenir yang ada di lantai dasar.

Museum ini buka setiap hari kecuali Natal, mulai pukul 09.30-18.00 waktu setempat. Cukup dengan membayar 6 Poundsterling (Rp 90.000) untuk dewasa dan 4 Poundsterling (Rp 60.000) untuk anak-anak, pelancong sudah bisa berkeliling museum, sambil ditemani pemandu yang berperan sebagai Nyonya Hudson!

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA