Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Agu 2012 11:39 WIB

DESTINATIONS

Ada Cinta di Pulau Sempu, Malang

Faela Shafa
detikTravel
Pantai Segara Anakan dari atas bukit (Shafa/detikTravel)
Malang - Pulau kecil di selatan Malang disebut-sebut sebagai surga tersembunyinya Jawa Timur. Berbekal penasaran, beberapa traveler datang ke sana untuk membuktikan sendiri bagaimana keindahan di Pulau Sempu yang tak berpenghuni itu.

Sebuah laguna bernama Segara Anakan menjadi tujuan banyak wisatawan di pulau yang juga merupakan cagar alam ini. Tapi ingat, karena ini cagar alam, semua wisatawan wajib melapor ke pihak penjaga keamanan di kantor yang berada di pojok kanan Pantai Sendang Biru. Saya berkunjung dengan teman-teman beberapa waktu lalu.

Setelah melapor, barulah cari perahu dan buat perjanjian mengenai tarif untuk mengantar dan menjemput. Usahakan datang pada musim panas karena tanah yang kering memudahkan perjalanan trekking. Ya, sebelum mencapai laguna yang cantik, Anda harus trekking membelah hutan selama sekitar 2 jam.

Tak sulit untuk menentukan arah karena sudah ada jalan setapak yang memudahkan perjalanan. Trekking di tengah hutan itu terasa menyenangkan karena masih bisa mendengar beberapa suara binatang juga pepohonan hijau di sekitar. Jangan memotong atau mencabut tanaman selama trekking, agar alam tetap hijau dan stabil.

Perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayar kontan tak kala menjejakkan kaki di pasir putih laguna yang bersih dan lembut. Pemandangan karang yang menjulang seperti tembok alam nan asri membuat perasaan membuncah tak karuan. Tak jarang traveler yang ke sana mengaku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.

Siapa yang takkan cinta pada pasir putih nan bersih, air jernih yang sejuk dan udara segar tak berpolusi. Kekaguman akan semakin besar kala melewati malam di sana. Siap-siap terpesona pada langit malam Sempu saat cerah. Ribuan bahkan jutaan bintang berserakan di langit. Jika itu dirasa sudah biasa, tunggu sampai melihat bintang jatuh.

Jika beruntung, Anda bisa melihat bintang jatuh dari sana. Tidak satu, namun berkali-kali. Berbaring di pasir sambil menatap langit dengan lekat jadi salah satu kegiatan paling menarik saat bermalam di Segara Anakan.

Selesai mengagumi malam, jangan lewatkan momen terbitnya sang surya. Naiklah ke salah satu bukit karang dan sambutlah mentari pagi. Rasakan hangat sinar mentari di dinginnya angin pantai pada pagi hari. Sensasi ini akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Ingat-ingat, jangan membuang sampah sembarangan ya!

(shf/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA