Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Sep 2012 13:50 WIB

DESTINATIONS

7 Kota Liburan Untuk Penggila Cokelat

Faela Shafa
detikTravel
Kedai cokelat di Brussel (brusselspictures.com)
Kedai cokelat di Brussel (brusselspictures.com)
Jakarta - Berlibur sambil menikmati makanan favorit mampu membuat liburan Anda jadi 2 kali lebih menyenangkan. Bagi para pecinta cokelat, ada 7 destinasi yang akan membuat Anda tergila-gila. Di mana saja?

Cokelat sudah ada sejak 1100 tahun sebelum Masehi. Orang Mesoamerika lah yang dianggap menyebarkan cokelat pertama kali. Suku Maya sudah menyajikan minuman cokelat dengan rempah yang kaya rasa beribu tahun yang lalu. Ditengok dari TopTenz, Selasa (11/9/2012) inilah 7 destinasi serba cokelat:

1. Brussels, Belgia

Setiap sudut Belgium adalah surga cokelat. Ada 12 pabrik cokelat, 16 cokelat museum dan lebih dari 2.100 toko cokelat di negara ini. Brussel tak hanya jadi ibukota negara namun juga pusatnya cokelat. Kota ini memiliki 2 pabrik coklat terbesar di dunia yaitu Godiva dan Leonidas. Hampir seluruh jenis cokelat bisa ditemui di sini.

Saat berlibur ke Brussel, pastikan Anda melancong ke Musee du Cocao et du Chocolate. Di sini, Anda bisa mempelajari dan melihat lebih dekat bagaimana proses pembuatan cokleat. Beberapa toko cokelat yang wajib Anda kunjungi di sini antara lain Grand Sablon, Wittamer, Pierre Marcolini, Neuhaus, Godiva, Leonidas dan Zaabar.

2. Zurich, Swiss

Siapa yang tak jatuh cinta dengan cokelat Swiss? Beberapa cokelat yang terkenal di Indonesia berasal dari sana antara lain Toblerone dan Lindt. Zurich menjadi pusat cokelat karena di kota ini terdapat banyak sekali pabrik dan toko cokelat.

Para pecinta cokelat akan sangat dimanjakan di sini. Karena ada Swiss Travel System yang bekerja sama dengan Cailler-Nestle untuk membuat The Swiss Chocolate Train. Kereta ini berangkat dari Montreux dan berhenti sebentar di Gruyerexs dan berakhir di Broc dimana pabrik Cailler-Nestle berada. Sesampainya di sana, para peserta tur akan diajak berkeliling ke pabrik cokelat tersebut.

3. Barcelona, Spanyol

Orang-orang Spanyol adalah bangsa Eropa pertama yang merasakan cokelat yang dibawa dari Benua Amerika. Sejak saat itu, Barcelona menjadi pusat berkumpulnya para pecinta cokelat. Kota ini menjadi saksi dibuatnya mesin pembuatan cokelat pada tahun 1780.

Saat ini, Barcelona merayakan beberapa festival tahunan yang berhubungan dengan cokelat, tak lupa juga dengan beberapa museum yang bertema sejenis. Salah satu museum yang tak boleh terlewatkan adalah Museo de la Xocolata. Toko Chocolates Amatller dan Chocolate a la Taza menjadi dua yang terbaik di kota ini.

4. Oaxaca, Meksiko

Selain Spanyol, Meksiko jadi salah satu negara yang juga terkena "demam cokelat". Setelah dibawa masuk ke Meksiko, produksi cokelat tidak pernah berhenti hingga kini. Malah di Oaxaca, cokelat sudah menjadi bagian dari kebudayaan mereka.

Turis yang datang akan selalu ditawarkan untuk mencicipi cokelat oleh para warga lokal. Tak hanya cokelat batangan, penduduk bisa saja menawarkan minuman cokelat panas, kue cokelat atau permen cokelat. Kota ini juga memiliki banyak pabrik cokelat dengan rasa yang sangat enak. Ini disebabkan karena cokelat di sini diproduksi dengan resep keluarga turun-menurun.

5. San Francisco, California

The Bay Area di San Francisco, California, menjadi kawasan produsen cokelat tertua di AS. Ini membuat Bay Area sebagai kota favorit para pecinta cokelat. Pengunjung bisa ikut Chocolate Tour yang berkunjung ke beberapa toko dan pabrik cokelat terbaik di kota ini.

Turis juga bisa menyambangi Ghirardelli Square di North Point Street, San Francisco. Di sana menjadi kawasan kota tua dimana terdapat pabrik cokelat tua. Jangan lupa belanja cokelat sebanyak banyaknya di Michael Recchiuti, XOX Truffle, Richart San Francisco, Cocoa Bella, TCHO, Coco-Luxe dan Christopher Elbow Artisinal Chocolates.

6. New York, New York

Di sinilah tempat berkumpulnya para pecinta cokelat dari seluruh dunia. Beragam toko dengan bermacam rasa cokelat tersebar di pelosok kota yang tak pernah mati ini. Sama seperti di beberapa kota sebelumnya, New York juga menyediakan Chocolate Tour. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda ambil.

Paket wisata ini mengajak Anda merasakan dan melihat lebih dekat bagaimana proses pembuatan cokelat, di akhir perjalanan, Anda bisa mencicipi cokelat yang baru saja di buat. Beberapa toko yang wajib dikunjungi para penggila cokelat saat berlibur di sini adalah Chocolate Bar, MarieBelle, Li-Lac, Richart Design et Chocola dan Jacques Torres Chocolate.

7. Cologne, Jerman

Pusat cokelat di Jerman ada di Kota Cologne. Salah satu toko dengan produksi terbesar di dunia bernama Stollwerck Chocolate Company ada di kota ini. Pada ulang tahun ke-150, pabrik ini tidak sengaja membuat sebuah museum yang masih buka hingga kini. Di dalam museum ini terdapat berbagai informasi lengkap mengenai seluk beluk dan asal usul cokelat.

Serunya, museum ini tidak hanya memamerkan hasil namun juga memproduksi hasil akhir. Jadi para pengunjung bisa mencicip hasil cokelat yang ada di dalam museum tersebut. Beberapa toko yang memiliki cokelat terbaik di sini antara lain La Maison du Chocolate, Tortchen Tortchen, Weibler Confectionery, Demnitz Chocolaterie, Mama Chocolate dan Leonidas Chocolates.




(shf/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA