Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Sep 2012 14:27 WIB

DESTINATIONS

5 Oleh-oleh yang Padang Banget!

Toko suvenir di Pasar Bukittinggi (Putri/detikTravel)
Jakarta - Melihat keindahan Jam Gadang, Ngarai Sianok, dan Lembah Harau memang menjadi agenda wajib para pelancong. Tapi ada satu lagi yang tak boleh ketinggan, yaitu berburu oleh-oleh khas Sumbar. Apa saja?

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (27/9/2012) berikut adalah 5 oleh-oleh khas Ranah Minang yang bisa Anda bawa sepulang traveling dari Sumatera Barat:

1. Songket

Sumatera Barat terkenal dengan kerajinan songketnya yang begitu indah. Ini bisa menjadi oleh-oleh khas sekaligus mewah yang bisa Anda bawa dari Ranah Minang. Betapa tidak, songket yang biasa dibuat di desa atau nagari yang bernama Pandai Sikek ini terbuat dari benang emas. Songket ini banyak dijual di Pasar Atas Bukittinggi atau tempat penjualan kain di Sumatera Barat.

Hal lain yang membuat songket adalah jenis tingkatan songket. Ya, songket Sumbar ada empat jenis, yaitu songket benang 1, 2, 3 dan 4. Mau tahu apa bedanya?

Yang membedakan keempat kain tersebut adalah cara pembuatan. Pembuatan kain songket benang 1 lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih lama, karena sang penenun harus memasukkan benang sehelai demi sehelai hingga menjadi satu lembar kain utuh.

Sedangkan benang 4, pembuatannya lebih mudah dan lebih cepat karena penenun langsung memasukkan 4 benang sekaligus dalam mesinnya. Kain yang dihasilkan pun berbeda tingkat kekakuannya. Songket benang 1 lebih lemas dan halus dibandingkan songket benang 4. Inilah yang menentukan harga songket.

Songket benang satu dianggap memiliki kualitas terbaik, karenanya kain khas ini dibandrol dengan kisaran harga mencapai jutaan rupiah. Sebaliknya, kain songket yang paling murah adalah songket benang 4, biasanya harga dimulai dari kisaran Rp 900.000.

2. Pernak-pernik bernuansa Minang

Kalau songket dirasa terlalu mahal, Anda bisa membeli suvenir berupa pernak-pernik, gantungan kunci, pajangan atau replika mini rumah gadang. Oleh-oleh seperti ini adalah yang paling banyak diburu turis. Selain harganya lebih murah, suvenir semacam ini lebih mengenangkan turis pada Ranah Minang.

Untuk mendapatkannya pun tidak sulit. Turis bisa menemukannya di hampir setiap pasar yang ada di Sumatera Barat. Salah satunya adalah Pasar Bukittinggi.

Di Pasar Bukittingi ada banyak toko yang menjual aneka suvenir khas Sumatera Barat yang menarik. Di sana, ada banyak kios yang dipenuhi dengan beragam pernak-pernik menarik, dan yang pasti bernuansa Minang. Ada yang digantung, dipajang, ada pula yang masih terbungkus rapi di dalam plastik.

Harganya pun bervariasi. Untuk gantungan kunci berbentuk rumah gadang atau Jam Gadang, dibandrol Rp 10.000/3 buah. Untuk pajangan rumah gadang, Anda harus merogoh kocek agak dalam, karena harganya mencapai Rp 25.000/buah, tergantung besar pajangan.

3. Kain sulam karancang

Selain kain songket kebanggaan penduduk Minang, masih ada kain lain yang menjadi ciri khas Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi, yaitu kain sulam karancang. Ini adalah kain yang disulam dengan bagian ujung berbolong.

Jika sudah melihat, mungkin Anda merasa bordiran ini tidak jauh beda dengan bordiran yang ada di daerah lain. Yang membedakan adalah, karancang Sumatera Barat dibuat dengan mesin goyang untuk menjalin benang satu persatu, hingga menjadi bordir. Sebaliknya, daerah lain menggunakan solder untuk membolongi kain.

Karena pembuatan bordir karancang yang sulit, harga kain khas ini cukup mahal, mencapai ratusan ribu. Biasanya, kain berkarancang yang paling laris manis diburu adalah mukena berkarancang. Eits tapi jangan langsung terkejut begitu tau harganya, ya karena mencapai jutaan rupiah. Fantastis!

Penasaran dengan kain ini? Anda bisa datang ke sentra penjualan kain di Pasar Atas Bukittinggi. Di sini ada banyak toko yang menjual aneka kain, salah satunya kain berkarancang.

4. Kerupuk kulit

Traveling ke Sumatera Barat tentu kurang lengkap tanpa membeli kerupuk kulit. Ini adalah salah satu oleh-oleh yang tidak pernah ketinggalan, ketika seorang turis datang ke Sumatera Barat.

Kerupuk kulit dijual di hampir seluruh pasar yang ada di Ranah Minang. Betapa tidak, kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ini sudah menjadi cemilan wajib di seluruh rumah di Sumatera Barat.

Ada berbagai macam jenis kerupuk kulit yang dijual di Sumbar, seperti kerupuk kulit ukuran besar, kecil, juga kerupuk yang sudah dimasak. Harganya pun bervariasi, tergantung kualitas kerupuk, biasanya berkisar Rp 50.000/kilogram.

5. Aneka keripik

Siapa yang tak kenal keripik balado? Camilan yang terbuat dari singkong ini menjadi oleh-oleh khas yang banyak dibawa turis saat ke Sumatera Barat. Rasanya yang pedas manis dengan kerenyahan dari keripiknya membuat siapa saja yang sudah mencicipinya menjadi ketagihan.

Keripik balado dijual di banyak sentra penjualan yang ada di Padang maupun Bukittinggi. Jenisnya pun beragam, ada yang terbuat dari kentang, hingga keripik balado manis gurih yang diberi tambahan petai. Semuanya lamak bana!

Nah, kalau keripik yang disebut tadi sudah sering Anda rasakan, bagaimana dengan dakak-dakak? Ini adalah camilan yang terbuat dari singkong, dan berwarna kuning.

Dakak-dakak memiliki warna asin gurih, dengan bentuk pipih dan kotak seperti kubus. Eits, bukan cuma itu, masih ada karakaliang atau keripik berbentuk angka 8 yang tak kalah asyik untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT