Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Sep 2012 17:50 WIB

DESTINATIONS

Bisa Surfing di Ranah Minang!

Dicky Ardian
detikTravel
Berselancar di sekitar Pulau Siberut (Dok. Jejak Petualang)
Berselancar di sekitar Pulau Siberut (Dok. Jejak Petualang)
Mentawai - Ranah Minang tak cuma punya rumah gadang. Salah satu spot surfing terbaik yang dimiliki Indonesia, ada di Sumatera Barat. Berkunjunglah ke Pantai Mentawai dan puaskan diri Anda untuk menaklukkan ombaknya.

Jika Anda adalah penyuka olahraga berselancar, beberapa ombak pantai di Indoensia adalah hal yang wajib untuk ditaklukkan. Oleh karena itu, datanglah ke Mentawai. Pulau di Sumatera Barat ini punya pantai dengan ombak yang asyik untuk berselancar. Malah Pantai Mentawai termasuk salah satu dari 5 pantai terbaik untuk surfing di Indonesia.

Begitu menginjakkan kaki di Mentawai, suasana asri langsung terasa. Pulau ini masih sangat terjaga kebersihannya dan belum ada campur tangan asing masuk ke dalamnya.

Walaupun menyandang gelar sebagai kabupaten paling muda di Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai sepertinya tahu betul bagaimana cara untuk memanjakan pengunjungnya. Ada 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni di Mentawai, yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Semua pulau tersebut rata-rata didiami oleh mayoritas Suku Mentawai.

Hampir di semua pulau tersebut memiliki pantai dengan ombak yang seru untuk berselancar. Dari situs Pariwisata Indonesia, Kamis (27/9/2012), sedikitnya tersebar 400 titik surfing di Kepulauan Mentawai. Namun, Pulau Siberut adalah spot nomor wahid. Di pulau terbesar di Kepulauan Mentawai inilah para peselancar dunia sering berkumpul.

Surfing memang sepertinya sudah menjadi ikon wisata Kepulauan Mentawai. Tidak jarang digelar kompetisi surfing bertaraf internasional di sini. Ombaknya beraggam dan menantang, bahkan beberapa gulungan ombaknya termasuk dalam kategori ekstrem yang dicari peselancar dari berbagai penjuru dunia.

Walaupun begitu, Kepulauan Mentawai juga cocok untuk dijadikan tempat belajar untuk berselancar. Di beberapa titik, ombak yang bersahabat bisa Anda temukan. Anda bisa menambah pengalaman dalam menaklukkan ombak di sini.



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT