Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Okt 2012 13:06 WIB

DESTINATIONS

Must Do! 5 Hal Wajib Saat Berkunjung ke Medan

Meriam menangis atau Meriam Puntung di halaman Istana Maimoon (Yusmianto/d'Traveler)
Medan - Tidak semua traveler bisa menghabiskan banyak waktu di Kota Medan. Agar liburan maksimal, lakukanlah 5 hal ini saat berkunjung ke Medan. Ayo disimak!

Ada beberapa agenda yang pantang untuk Anda lewatkan saat berada di Medan. Terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam, Medan harus Anda coba ragam kuliner khas Bataknya. Silakan datang ke halaman Istana Maimoon kalau penasaran dengan meriam menangis atau memilih menikmati kelezatan durian Medan. Semua itu bisa Anda masukan dalam agenda liburan bersama itenerary lainnya yang wajib Anda rasakan saat berkunjung ke Medan!

Inilah 5 hal yang wajib traveler rasakan saat berkunjung ke Kota Medan versi detikTravel, Kamis (11/10/2012):

1. Sarapan soto Medan di RM Sinar Pagi

Mengawali pagi di Kota Medan ada baiknya terlebih dahulu memanjakan perut dengan salah satu kuliner andalannya, yaitu soto Medan. Bila Anda bertanya di mana soto Medan yang paling lezat, RM Sinar Pagi jawabannya.

Mudah saja untuk menemukan rumah makan yang berada di persimpangan Jalan Sungai Deli dengan Gatot Subroto. Letaknya yang berada di persimpangan membuat RM Sinar Pagi jadi destinasi kuliner yang banyak dilirik pelancong.

Terlebih lagi, rumah makan ini sudah tersohor sebagai tempat yang pas untuk makan soto Medan. Soto Medan memang terkenal sebagai salah satu kuliner andalan ibukota Sumatera Utara ini. Soto berkuah kental ini terasa nikmat dengan bumbu rempah-rempah yang bisa menghangatkan tubuh. Dengan ditambah sepiring nasi panas, soto Medan sudah pasti jadi menu sarapan paling mantap saat berada di Medan.

Ingin menikmati kelezatan soto Medan ala RM Sinar Pagi? Datanglah pagi-pagi sekali karena kalau tidak Anda harus sabar antre untuk mendapat giliran. Tak perlu takut kepagian karena RM Sinar Pagi sudah buka mulai pukul 07.00-15.00 WIB. Selama buka, rumah makan ini tidak pernah sepi, apalagi saat jam sarapan dan makan siang.

2. Melihat meriam menangis di Istana Maimoon

Belum ke Medan kalau tidak berkunjung ke Istana Maimoon dan melihat meriam menangis yang ada di halamannya. Melansir situs resmi Pemerintah Kota Medan, Istana Maimoon dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang memerintah pada tahun 1873-1924.

Istana Maimoon ini sudah menjadi ikon Kota Medan, jadi tidak afdol kalau sudah ke Medan tapi tidak datang ke istana ini. Selain bentuk bangunannya yang memadukan unsur Melayu, India Muslim, Indonesia, Persia, dan Eropa, banyak traveler yang penasaran dengan kisah meriam menangis atau Meriam Puntung yang berada di halaman istana.

Meriam ini terkenal dengan legenda Putri Hijau dari Kerajaan Aru atau Haru yang pernah berdiri di wilayah pantai timur Sumatera Utara. Konon, Meriam Puntung ini merupakan jelmaan dari adik Putri Hijau, Mambang Yazid.

Meriam Puntung terus menerus menembaki pasukan Kerajaan Aceh yang menyerbu Kerajaan Aru. Peperangan ini terjadi karena pinangan Sultan Aceh yang ditolak oleh Putri Hijau dan kedua saudara laki-laki salah satunya Mambang Yazid yang pada saat itu memimpin Kerajaan Aru.

Namun sayang Kerajaan Aru atau Kesultanan Deli Lama mengalami kekalahan. Merasa Kecewa, Mambang Yazid meledakan diri dan meriam terpecah jadi dua. Bagian belakangnya terlontar ke Labuhan Deli dan bagian depannya sampai ke dataran tinggi Karo. Sekarang bagian depan Meriam Puntung yang berada di halaman Istana Maimoon tersohor dengan kisah meriam menangis.

3. Wisata belanja di Medan

Selain terkenal dengan destinasi wisata kulinernya, traveler juga bisa berwisata belanja di beberapa pusat perbelanjaan ternama di Kota Medan. Mulai dari barang bermerek, seken, dan belanja untuk oleh-oleh semuanya bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Mau belanja murah meriah dan mendapatkan barang bermerek? Langkahkan kaki Anda ke Monginsidi Plaza di Jalan Flamboyan, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan. Berbagai label terkenal seperti GAP, Louis Vuitton, Crocodille, Elle, Guess, Levi's, dan lain-lain bisa Anda temukan di sini. Eits, tunggu dulu! Anda perlu tahu barang-barang di pasar ini semuanya seken. Namun, kualitasnya tetap baik asalkan Anda cermat memilih.

Selain itu, kalau Anda ingin memborong oleh-oleh datang ke Jalan Ahmad Yani yang berada dekat dengan Stasiun Kereta Api Medan. Beberapa toko yang menjual suvenir dan barang-barang khas Medan tumpah ruah di sepanjang jalan ini. Oh ya, di jalan ini juga terdapat toko-toko yang menjual barang-barang antik.

Tidak cuma dua pasar ini, Medan masih punya banyak surga belanja. Mengintip situs Pemkot Medan, masih ada sekitar 30 pusat perbelanjaan lagi yang bisa jadi pilihan Anda.

4. Menikmati kelezatan durian Medan

Durian Medan! Ehm, untuk penggemar buah berbau khas ini 'wajib' hukumnya kalau sudah ke Medan untuk menikmati kelezatan durian Medan.

Datang sekitar bulan Desember-Februari itu berarti keberuntungan Anda untuk berburu durian Medan. Ya, pada bulan-bulan tersebut harga durian relatif murah karena sedang musim. Tapi di luar bulan tersebut, durian Medan tetap ada dengan harga yang lebih mahal.

Bila tertarik makan durian asal tanah Batak, Anda bisa berkunjung ke Kedai Durian Ucok yang berada di Jalan Iskandar Muda No 75 atau Kedai Durian Pelawi Jalan Sunggal, Simpang Jalan Kutilang, Medan. Kedua tempat ini memang sudah terkenal sebagai tempat paling asyik makan durian Medan.

5. Berburu kuliner malam di Merdeka Walk

Puas keliling Medan seharian, saatnya menikmati suasana malam Kota Medan di Merdeka Walk. Merdeka Walk merupakan pusat jajanan berkonsep outdoor yang berada di area Lapangan Merdeka atau Jalan Balai Kota.

Saat malam hari destinasi ini juga menjadi tempat nongkrong favorit anak muda di Medan. Di lokasi ini Anda bisa jajan mulai dari makanan berat, cemilan, dan makanan siap saji. Ciri khas warung-warung di Merdeka Walk yaitu terbuat dari tenda-tenda ala Timur Tengah yang juga dilengkapi dengan pertunjukkan musik dan karaoke.

Kalau sudah sampai di sini, jangan lupa mencicipi pancake durian yang sudah sangat populer di Nelayan Tenda. Pancake durian ini pun menjadi primadona bagi pelancong yang datang ke Merdeka Walk. Tidak puas hanya makan sedikit, Anda bisa membawa pancake durian ini ke rumah atau membungkusnya sebagai oleh-oleh.

Sudah merasakan sarapan soto Medan buatan RM Sinar Pagi, melihat langsung meriam menangis, sampai menikmati malam di Merdeka Walk? Dijamin perjalanan Anda ke Kota Medan tidak akan mengecewakan.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT