Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Okt 2012 17:07 WIB

DESTINATIONS

Buddha Pun Berbaring di Bangkok

Dicky Ardian
Redaksi Travel
Patung Buddha Berbaring di Vihara Wat Pho, Bangkok (Novi/detikTravel)
Patung Buddha Berbaring di Vihara Wat Pho, Bangkok (Novi/detikTravel)
Jakarta - Di Bangkok, Thailand, ada vihara yang sangat terkenal di mata para traveler dunia. Vihara Wat Pho punya patung Buddha berbaring yang terbesar di Bangkok, bahkan berlapis emas!

Buddha Berbaring atau yang juga dikenal dengan nama Patung 'Reclining Buddha' memang selalu menarik jika disaksikan secara langsung. Tak heran jika banyak traveler dunia berbondong-bondong mengunjunginya di beberapa tempat. Nah, saat traveling ke Bangkok, Thailand, jangan lupa untuk melihatnya langsung di Vihara Wat Pho.

Belum lama ini, detikTravel berkesempatan untuk masuk ke dalam vihara yang berada di pusat Kota Bangkok ini. Tentu tidak akan sendirian, karena banyak wisatawan lain yang datang di waktu yang sama pula. Mereka juga penasaran dengan patung Buddha Berbaring yang paling besar di Bangkok ini.

Patung ini berbaring di salah satu ruangan besar di dalam vihara. Buddha Berbaring ini panjangnya sekitar 46 meter dan tinggi 15 meter. Patung ini terlihat sangat memesona dengan kilauan emasnya. Tidak tanggung-tanggung, emas 18 karat sebanyak 336 lapisan menyelimuti seluruh bagiannya.

Tidak sedikit traveler yang datang bertanya-tanya, mengapa patung ini dinamakan 'Reclining Buddha' atau Buddha Berbaring. Ya, tentu saja karena posisi patung yang membentang di dalam kuil ini terlihat sedang berbaring. Namun, ada juga sejumlah orang yang menjuluki patung ini sebagai 'Sleeping Buddha'.

Jelas bahwa nama tersebut terasa kurang tepat, sebab jika diperhatikan benar-benar, bagian mata patung Buddha ini sama sekali tidak menunjukkan kondisi sedang tidur. Ya, meski berbaring, namun mata patung Buddha ini tetap terbuka lebar. Disebut Buddha Berbaring karena patung ini menggambarkan Buddha yang tengah berbaring setelah mendapatkan pencerahan.

Penting untuk diketahui, wisatawan wajib melepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam vihara ini. Begitu masuk, kita akan disambut dengan bagian kepala Buddha yang menjulang tinggi. Langkahkanlah kaki perlahan untuk melihat bagian patung yang lainnya.

Ukurannya yang sangat besar pasti menyulitkan kita jika ingin mengabadikannya ke dalam kamera, karena ruangannya yang cukup sempit. Namun tenang saja, sebab di sudut ruangan ini sebelum belok ke pintu keluar, ada tempat khusus yang bisa digunakan untuk memotret patung keseluruhan.

Selain kilauan emasnya, perhatikanlah bagian kaki patung Buddha Berbaring ini. Di telapak kaki berukuran panjang 3 meter ini terdapat 108 simbol karakteristik Buddha atau yang juga dikenal dengan nama 'laksanas'.

Terletak di Maharat Road yang dekat dengan Sungai Chao Phraya yang terkenal, Wat Pho menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi jika Anda berlibur ke Bangkok. Vihara ini buka pukul 08.00-17.00 waktu setempat setiap harinya.

Dengan biaya tiket masuk sebesar 100 Baht atau sekitar Rp 31.000 per orang, Anda sudah bisa melihat langsung patung Buddha Berbaring ini. Jadi, jangan lupa jadikan Vihara Wat Pho sebagai tujuan wisata saat traveling ke Bangkok.



(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED