Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Okt 2012 13:47 WIB

DESTINATIONS

Tanah Lot 'Pindah' ke Malang

Dicky Ardian
Redaksi Travel
Pemandangan yang mirip dengan Tanah Lot di Bali (Anshar Dadiady/d'Traveler)
Pemandangan yang mirip dengan Tanah Lot di Bali (Anshar Dadiady/d'Traveler)
Malang - Pemandangan pura di atas batu karang yang besar memang sudah identik dengan Tanah Lot. Tapi, tak perlu jauh-jauh ke Bali, pemandangan yang mirip bisa ditemukan di Malang, Jawa Timur.

Selain Pulau Sempu yang memikat hati, Malang juga masih punya pemandangan alam lainnya yang tak kalah keren. Seakan tak mau kalah dengan Bali, Kota Apel ini ternyata juga punya pemandangan yang serupa dengan Tanah Lot. Bahkan saking miripnya, banyak juga yang mengatakan bahwa Tanah Lot 'pindah' ke Malang.

Pemandangan cantik ini berada di Pantai Balekambang. Pantai ini terletak di Kecamatan Bantur, sekitar 65 km sebelah selatan Kota Malang, Jawa Timur.

Jika Anda yang sudah pernah ke Bali dan mengunjungi Tanah Lot, pasti setuju jika Pantai Balekambang punya pemandangan yang serupa. Di pantai dengan pasir yang landai ini juga terdapat sebuah pura yang berada di atas batu karang yang besar.

Di pantai ini terdapat tiga batu karang yang besar, tepat beberapa meter di lepas pantainya. Walaupun jelas terlihat seperti karang besar, tapi penduduk setempat biasa menyebutnya dengan pulau. Pulau-pulau tersebut masing-masing juga memiliki nama, yaitu Anoman, Wisanggeni, dan Ismoyo.

Di antara ketiga pulau karang tersebut, Ismoyo adalah yang paling terkenal. Di pulau inilah tempat adanya pura yang megah. Jika pura di Tanah Lot bisa diseberangi dengan berjalan kaki di pantainya saat air surut, tapi di Balekambang Anda harus melewati jembatan terlebih dahulu.

Saat menyeberang jembatan dengan lebar 1,5 meter ini, jangan langkahkan kaki Anda terlalu capet. Nikmati dulu semilir angin pantai di atas jembatan. Siapkan juga kamera Anda untuk membidik objek-objek menarik di sini.

Jangan heran jika Anda akan bertemu banyak wisatawan asing di tempat ini. Tidak, Anda tidak sedang berada di Bali, tapi Pantai Balekambang memang sudah mulai memikat hati traveler dunia. Pada bulan Suro, pantai ini akan terlihat lebih ramai. Pada bulan tersebut Pantai Balekambang menggelar Upacara Surohan (Suroan) dan Upacara Jalanidhi Puja.

Pantai ini memiliki pasir yang putih dan landai. Bagi Anda yang traveling ke Malang bersama keluarga, Balekambang adalah destinasi yang sempurna. Biarkan si kecil bermain di pasirnya yang halus.

Walaupun terbilang aman untuk anak-anak, tapi ada beberapa bagian pantai yang cukup berbahaya, terutama di sekitar bukit karang. Ombak di sini juga tergolong bersahabat. Balekambang terdiri atas pantai pasir dan karang yang membatasi akses ke laut lepas, sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak terlalu besar karena tertahan oleh karang terlebih dahulu.

Waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan di Pantai Balekambang adalah pada sore hari. Berdirilah di Pulau Ismoyo dan menghadap ke arah barat. Saat itulah Anda bisa menyaksikan indahnya sunset di Balekambang.

Pantai Balekambang memang cocok jika disandang sebagai tempat wisata favorit di Malang. Fasilitas penunjang pantai telah tersedia di sini, seperti tempat parkir, kios cindera mata, rumah makan, toilet, kantor informasi, bungalow, kolam renang dan bumi perkemahan Pramuka, mushola, serta pendopo.

Mau liburan ala Bali di Malang, datang saja ke Pantai Balekambang.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED