Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Okt 2012 15:27 WIB

DESTINATIONS

Digoda 'Janda' Cantik di Air Terjun Ini

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Air terjun Coban Rondo, Si Janda yang menawan dari Malang (Dhianna Puspitasari/d'traveler)
Air terjun Coban Rondo, Si Janda yang menawan dari Malang (Dhianna Puspitasari/d'traveler)
Malang - Malang menawarkan wisatawan aneka liburan bertema alam dengan pengalaman yang unik. Di Pujon, Malang, ada air terjun Coban Rondo. Inilah 'Si Janda' cantik yang siap menggoda Anda.

Janda ini tentu bukan janda sungguhan. Coban Rondo dalam bahasa Indonesia berarti air terjun janda. Nama air terjun di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Malang ini, memang tidak lepas dari legenda cinta seorang janda.

Coban Rondo mengacu pada legenda cinta segitiga Dewi Anjarwati, suaminya Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono yang ingin merebut sang perempuan. Baron Kusumo dan Joko Lelono bertarung sampai keduanya mati. Dewi Anjarwati yang bersembunyi di air terjun pun menjadi janda. Air terjun itu lantas dinamakan Coban Rondo, itulah yang dipercaya masyarakat.

Air terjun Coban Rondo merupakan destinasi yang menarik di Malang, Jawa Timur. Tinggi air terjun mencapai 84 meter, sumber lain menyebutnya 70 meter. Coban Rondo berada di ketinggian 1.135 mdpl dan menjadikan gemercik airnya sangat dingin dan sejuk.

Tempatnya yang berada di kawasan lereng Gunung Kawi menambah kecantikan dan kesegaran air terjun ini. Dari pusat Kota Malang, hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk berkunjung ke tempat ini. Coban Rondo menjadi favorit wisatawan saat akhir pekan.

Suasana yang sejuk akan dapat Anda rasakan setibanya di sana. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk melepas kepenatan. Air yang jernih berpadu dengan rimbunnya pepohonan, menjadikan air terjun Coban Rondo penuh pesona.

Debit air terjun Coban Rondo lumayan deras, berkisar 90 liter per detik di musim kemarau, sampai 150 liter per detik di musim hujan. Para wisatawan memanfaatkan ini untuk pijat refleksi punggung dengan cara duduk di bawah air terjun dan membiarkan tubuh ditimpa derasnya air.

Gemercik air dan suasana alami membuat wisatawann betah untuk berlama-lama di tempat ini. Biarkan paru-paru Anda diisi oksigen murni, karena kesejukan ini sulit ditemukan di kota besar.

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun Coban Rondo juga dapat berenang di sekitar air terjun, berkemah, atau trekking. Di sekitar air terjun juga ada monyet-monyet lucu untuk diajak bercanda. Kalau posisi matahari sedang pas, Anda dapat melihat pelangi yang cantik di air terjun tersebut.

Di tempat ini sudah ada warung makan dan pedagang. Kalau puas bermain dan perut lapar, Anda bisa mengisi perut sambil kemudian mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, ada juga fasilitas outbound, tempat perkemahan, trek sepeda gunung dan lintas alam.

Keindahan air terjun Coban Rondo akan menjadi pengalaman yang berkesan saat liburan ke Malang. Suasana dan gemercik air terjun ini akan menjadi kesegaran yang tiada dua. Tetap menjaga kebersihan, ya!

(ptr/sst)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED