Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Nov 2012 15:04 WIB

DESTINATIONS

Daripada Stres, Mending Wisata Kuliner di 6 Tempat Ini

Makanan halal di Resto Taj (Fitraya/detikTravel)
Jakarta - Makan bisa menjadi alternatif paling ampuh untuk menghilangkan stres karena aktivitas sehari-hari. Anda bisa memasukan kota dengan kuliner terbanyak dalam itinerary liburan. Nyam! Nyam! Nyam!

Berburu kuliner memang wajib masuk agenda perjalanan Anda. Ragam kuliner dengan cita rasa khas yang lezat, dijamin bisa membuat Anda tak berhenti mengunyah. Wisata kuliner seperti seperti ini dijamin ampuh hilangkan stres karena rutinitas sehari-hari.

Beberapa tempat ini sudah tersohor dengan destinasi kulinernya. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (1/11/2012), berikut 6 tempat yang asyik untuk wisata kuliner:

1. Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat

Siapa yang tak tahu masakan Padang atau rumah makan Padang? Citarasa kuliner dari kota di Sumatera Barat ini sudah terkenal hingga mancanegara. Salah satu yang menjadi andalan adalah rendang. Makanan ini masih menjadi primadona yang mewakili citarasa kuliner Indonesia.

Namun, jika Anda berkunjung ke Kota Padang, wajib mencoba masakan Padang di tanah asalnya. Ada nasi, sate, soto, juga ketupat sayur khas Padang. Tak boleh ketinggalan, ada pula sate Padang, sate Pariaman, juga sate Padangpanjang. Semua makanan ini wajib Anda coba saat ke Ranah Minang.

Tidak hanya di Padang, Anda bisa bergeser ke Kota Bukittinggi dan Padang Panjang. Di daerah ini ada banyak restoran untuk menikmati kuliner khas Padang. Wisatawan bisa merasakan kelezatan Nasi Kapau di Pasar Bawah atau Pasar Lereng, Bukittiggi. Di sana berderet warung Nasi Kapau yang bebas Anda pilih.

Sate Padang, salah satu kuliner khas padang yang juga sudah terkenal di seluruh Indonesia. Warung Sate Mak Syukur di pinggir Jalan Sutan Syahrir Silaing Bawah, Padang Panjang jadi tempat paling asyik untuk menyantap sate Padang.

Puas menikmati sate Padang, nasi kapau, dan makanan lainnya. Tidak lengkap kalau Anda tidak menikmati minuman yang menjadi kesukaan warga Padang, yaitu teh talua. Teh ini terbuat dari telur mentah, biasanya telur ayam atau telur itik, dikocok langsung di gelas. Setelah itu dituang teh, lalu ditambahkan gula dan kayu manis dan disajikan dengan potongan jeruk nipis.

Bukittinggi jadi tempat paling asyik untuk menikmati teh ini. Datanglah ke sekitar Jam Gadang dan hampirilah warung tenda di pinggir jalan.

2. Bangkok, Thailand

Bangkok, Thailand memang terkenal dengan variasi kuliner. Saat traveling ke kota ini, mata Anda akan dimanjakan dengan beragam makanan khas Bangkok. Bentuk, aroma, dan cita rasa makanannya pun sangat menggiyurkan.

Bangkok punya beberapa kuliner andalan, seperti tom yam, pad thai, som tam, moo ping, mi perahu, khao pad poo, serangga goreng, cha yen, khao niew ma muang, dan khanom krok. Soal makanan, tom yam jadi favorit wisatawan di Thailand khususnya Bangkok.

Tom yam adalah sup asam pedas yang berisi mi dan udang segar. Campuran cabai dan jeruk nipis jadi duet paling mantap ketika bercampur dengan santan yang gurih. Biasanya, sup ini juga dilengkapi dengan jamur dan sayuran hijau seperti brokoli.

Sudah makan enak, lebih pas lagi kalau disandingkan dengan minuman khas Thailand juga. Di kota ini Anda harus coba minuman cha yen atau thai ice tea. Minuman ini terbuat dari terbuat dari teh Thailand hitam yang dicampur dengan adas bintang dan biji asam. Warna teh ini pun bukan merah gelap melainkan oranye terang karena ada campuran susu.

Makanan dan minuman khas Thailand ini bisa dengan mudah wisatawan temukan di pusat jajanan dan restoran di Bangkok. Mau yang lebih asyik dan nikmat? Anda bisa berburu semua makanan ini di restoran apung di Sungai Chao Phraya.

Tapi untuk pelancong yang tidak ingin makan berat bisa membeli khao niew ma muang atau serangga goreng. Dua camilan ini bisa jadi teman asyik saat jalan-jalan di Bangkok. Keduanya juga mudah ditemukan, Anda tinggal datang ke komplek jajanan atau pasar-pasar di Bangkok.

3. Medan, Sumatera Utara

Secara garis besar, Medan, Sumatera Utara dihuni oleh beragam etnis, seperti Melayu, Batak, Jawa, sampai China. Tidak heran kalau kota ini punya beragam makanan yang nikmat.

Tak jarang wisatawan datang ke ibukota Sumatera Utara ini untuk berburu makanan. Beberapa makanan yang harus traveler cicipi saat traveling ke Medan, seperti soto Medan, sop iga sapi, mie Aceh, durian Medan, dan cemilan pancake durian.

Bila ingin menikmati lezatnya soto Medan, Anda bisa datang ke Rumah Makan Sinar Pagi di Jalan Sei Deli. Kalau makan di rumah makan ini, Anda harus datang lebih pagi sekitar pukul 7.00 WIB.

Sedangkan untuk sop iga sapi, Anda bisa berkunjung ke Rumah Makan Sipirok yang berada di Jalan Sunggal, No 14. Masakan ini asyik disantap untuk makan siang. kuah yang bening dan gurih sepertinya sudah menjadi favorit wisatawan yang datang ke Medan.

Tidak hanya makan berat, traveler juga bisa menemukan makanan ringan di kota ini. Coba saja, Anda jalan-jalan ke Merdeka Walk. Tempat ini adalah pusat jajan berkonsep outdoor. Merdeka Walk sangat ramai pada malam hari. Komplek jajanan ini terkenal dengan pancake durian. Ada beberapa toko yang menjual pancake durian, tapi yang paling terkenal adalah Nelayan Tenda.

Berbicara soal durian, belum lengkap kalau tidak merasakan lezatnya durian Medan. Tempat yang menjadi favorit wisatawan untuk menikmati durian Medan, yaitu Kedai Durian Ucok di Jalan Iskandar Muda No 75. Selain itu, ada juga punya Kedai Durian Pelawi di Jalan Sunggal, dan Simpang Jalan Kutilang yang menjadi surganya durian di Medan.

4. Singapura

Tidak cuma terkenal dengan wisata belanja, Singapura juga punya daya tarik dari wisata kulinernya. Seperti yang dilansir detikTravel dari situs resmi pariwisata Singapura, di Singapura tersedia mulai dari makanan ala kedai kaki lima, hawker center, food court, sampai restoran.

Negara tetangga Indonesia ini bisa dikatakan sebagai pusat pertemuan masakan dari seluruh dunia. Wisatawan bisa merasakan cita rasa dari China, Melayu, India, Jepang, Thailand, Italia, Prancis, Amerika dan negara lainnya.

Untuk mendapatkan makanan murah, Anda bisa berburu kuliner di hawker center. Traveler bisa menemukan hawker center di sekitar pemukiman penduduk. Meskipun memiliki seting tempat yang sama dengan food court, harga makanan di hawker center lebih murah. Makanan di Hawker kebanyakan bertema oriental, ada juga makanan khas Singapura, seperti Bakut Teh, Chilli Crab, kwetiau goreng, dan masih banyak lainnya.

Sama seperti Indonesia, food court tersebar di segala sudut Singapura. Setiap mal, punya food court di lantai dasar atau lantai paling atas. Dari Orchard Road, Chinatown, Bugis, Little India, semuanya punya food court. Menunya sangat beragam mulai dari Asia, China, Melayu, India, campuran, Eropa, dll.

Bagi traveler beragama Islam lebih aman bila berburu kuliner di Kampong Glam. Penduduk Kampong Glam sebagian besar etnis Melayu, Arab, dan Bugis yang beragama Islam dan menjual makanan halal. Kedai-kedai Arab dan restoran muslim tersebar di Kampong Glam.

5. Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta, keeksotisannya tidak terbatas dari destinasi wisata yang dimiliki, tapi juga kulinernya. Harga kuliner yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal bahkan sangat bersahabat dengan wisatawan. Dijamin tidak bikin stres.

Kuliner khas Kota Yogya punya rasa yang khas, yaitu manis dan gurih. Kedua rasa ini sangat mendominasi masakan Yogya, jadi traveler yang tidak suka pedas cukup aman berburu makanan di kota ini.

Kota Yogya siap menyajikan beragam kuliner khas andalan untuk memanjakan lidah para traveler. Ada nasi gudeg yang bisa dengan mudah ditemukan di setiap sudut kota, bakmi Jawa, gulai, tongseng, sate, nasi pecel, sate klathak dan lain-lain.

Selain gudeg Yogya, sate klathak jadi kuliner khas Yogya favorit wisatawan yang bisa bikin ketagihan. Alih-alih disantap dengan bumbu kecap ataupun kacang, sate klathak disiram dengan kuah gulai.

Saat malam hari, Anda bisa mejadikan angkringan untuk target makan malam. Angkringan tersebar di seluruh penjuru Kota Yogya. Tempat makan ini menyajikan nasi kucing, bir jawa, dan kopi joss yang merupakan minuman dan makanan khas lokal. Untuk urusan oleh-oleh, Yogya punya bakpia, aneka jenang, getuk, wajik, dan yangko yang manis dan legit.

6. Bandung, Jawa Barat

Tidak mau terlalu jauh dengan Kota Jakarta tapi punya suasana yang tenang dan tidak terlalu bikin pusing? Anda bisa memilih Bandung untuk berlibur. Kota ini punya kekayaan kuliner tak terbatas.

Baso tahu goreng (Batagor), siomay, pisang molen, kue sus, bandrek, bajigur, es goyobod, es cendol, cireng (aci digoreng), kue serabi dan colenak (tape bakar saus kelapa dan gula merah) adalah hanya sedikit di antara banyak makanan yang ada di kota ini. Selain itu, masih ada kuliner berat seperti soto Bandung, mi kocok, lotek, soto Bandung, mi kocok, lotek, nasi timbel, sayur asem dan lain-lain.

Bandung memang cocok dijadikan sebagai surga kuliner. Semua makanan yang dijual di kota ini, mau restoran, kafe, kaki lima, sampai gerobak pinggir jalan semuanya punya cita rasa yang nikmat. Terlebih lagi harganya sangat bersahabat.

Wisata kuliner di 6 kota ini bisa membuat Anda rileks dan melupakan segala urusan yang bikin pusing. Tapi Anda juga harus ingat, jangan sampai makan berlebihan. Bisa-bisa selesai liburan Anda kembali stres karena berat badan yang bertambah.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA