Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Nov 2012 17:52 WIB

DESTINATIONS

Ini Dia Taksi-nya Orang Papua!

Faela Shafa
detikTravel
Taksi khas Papua (Evi/detikTravel)
Taksi khas Papua (Evi/detikTravel)
Fakfak - Di Fakfak, Papua ada taksi yang bisa jadi alternatif para traveler saat sedang liburan ke sana. Berbeda dari yang ada di daerah lain, taksi ini tampil unik sendiri. Seperti apa ya?

Bagi traveler yang berlibur ke Jakarta, salah satu menyiasati penatnya naik kendaraan umum yang sumpek ialah dengan naik taksi. Taksi di Jakarta maupun di kota-kota besar umumnya menggunakan mobil sedan dan ber-AC.

Tarif taksi juga dihitung dari mesin argo yang berjalan sesuai dengan jarak tempuh dari tempat awal menyetop hingga tempat tujuan. Uniknya, taksi juga digunakan sebagai alat transportasi di daerah berbukit seperti Kabupaten Fakfak, Papua.

Namun, taksi ini bukanlah mobil sedan ber-AC yang sering berseliweran di ibukota melainkan mobil jenis MPV milik Carry. Di Jakarta justru kita menyebutnya sebagai angkot.

Di kabin atas mobil ini tertulis dengan jelas "Taxi". Warna mobilnya pun beragam sesuai dengan jurusan atau tujuan dari taksi tersebut. Ada putih, ungu, merah, dan juga hijau.

"Disini dibilang taxi, warnanya macam-macam, hijau untuk ke luar kota, lainnya antardesa saja," ujar Udin warga asli Fakfak kepada DetikTravel.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA