Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Nov 2012 14:06 WIB

DESTINATIONS

Semarang yang Dingin-dingin Segar

Faela Shafa
detikTravel
Candi Gedongsongo (visitjawatengah.com)
Semarang - Semarang tidak selalu soal kota yang panas di pesisir. Ada juga objek wisata di dataran tinggi yang sejuk. Coba saja melancong ke selatan Semarang dan rasakan suasana khas pegunungan. Brrr!

Bosan dengan destinasi pantai atau kota, di Semarang masih ada destinasi sejuk yang akan membuat liburan Anda makin segar. Coba saja melancong ke kawasan Ambarawa dan sekitarnya, dijamin semeriwing! Disusun detikTravel, Kamis (22/11/2012) inilah destinasi dataran tinggi di Semarang:

1. Candi Gedongsongo

Sebuah kompleks candi unik berada di Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Semarang. Tidak di tanah datar, kompleks candi ini malah berada di kaki gunung. Coba saja berlibur ke Candi Gedongsongo dan rasakan sendiri suasana sejuk khas kaki gunung.

Berada di ketinggian 1.800 mdpl, kompleks candi ini sering menjadi eskapisme turis yang sedang mencari hawa sejuk. Candi yang berjumlah 9 ini tersebar dari kaki gunung paling bawah hingga cukup atas, demikian ditengok dari Visit Jawa Tengah. Tentu, pemandangan paling cantik ada di paling atas. Namun sayangnya, 4 dari 9 candi ini sudah hancur dan tinggal bersisa pondasinya saja.

Di sekitar candi ada kebun buah dan ada pabrik susu kedelai. Pengunjung bisa menengok atau membeli buah-buah yang masih segar dari pohonnnya. Juga, pengunjung bisa membeli susu kedelai segar langsung dari pabriknya.

2. Rawa Pening

Berada di Jalan Raya Ambarawa, Banyubiru, Semarang, Rawa Pening jadi destinasi sejuk selanjutnya. Bayangkan Anda berada di tengah pepohonan nan hijau dan sejuk. Hirup udara sedalam-dalamnya, biarkan paru-paru Anda melonjak senang menerima udara segar.

Tak hanya segar, Rawa Pening juga memiliki pemandangan yang indah. Saking indahnya, tempat ini jadi salah satu tempat favorit para pecinta fotografi yang ingin hunting foto. Uniknya, jika danau lain memiliki permukaan air yang datar tak berisi apa-apa, di sini, danaunya dipenuhi dengan pohon eceng gondok. Ini membuat danau terlihat lebih cantik karena warna hijau dari eceng gondok.

Saat paling pas untuk menikmati pemandangan di Rawa Pening adalah saat pagi hari. Karena mentari pagi di sini sungguhlah cantik. Menanti sang fajar yang muncul dari balik gunung yang masih diselimuti udara dingin akan membuat liburan Anda makin sempurna.

3. Umbul Sidomukti

Tak jauh dari Candi Gedongsongo, ada kompleks wisata Umbul Sidomukti. Di sini, Anda bisa menikmati sejuknya alam di kaki Gunung Ungaran, berenang, outbound, juga kemping di alam terbuka.

Kawasan yang berada di ketinggian 1.200 mdpl ini sudah tentu menawarkan udara sejuk nan segar. Menghabiskan liburan lebih dari sehari di sini jadi pilihan yang tepat.

Tak cuma pepohonan hijau, di sini juga ada mata air yang tak pernah kering. Anda pun bisa berenang di kolam renang yang airnya berasal dari sini. Dijamin segar!

Selesai berenang, Anda pun bisa bermain ATV di kompleks ini. Melintas di antara perkebunan dengan ATV pasti seru. Dari sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian, terutama saat malam hari.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT