Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Des 2012 14:35 WIB

DESTINATIONS

10 Kereta Wisata Paling Terkenal di Dunia

Glacier Express (guardian.co.uk)
Jakarta - Naik kereta wisata adalah salah satu cara traveler menikmati perjalanan. Melintasi lanskap alami, pemukiman terpencil, dan menembus zona waktu. Pengalaman tak terlupakan bisa Anda dapatkan di 10 kereta wisata ini.

Terkadang, menuju sebuah destinasi adalah perjalanan itu sendiri. Menikmati tiap detik perjalanan, merekam tiap momen yang berkesan, menimbun banyak pengalaman tak terlupakan. Dalam hal ini, naik kereta wisata menjadi salah satu cara klasik sekaligus paling digemari wisatawan.

Naik kereta wisata berarti Anda 'menjamah' tanah yang tak familiar. Melintasi lanskap alam yang tak banyak disaksikan wisatawan. Melewati pemukiman-pemukiman terpencil, mengenal logat bahasa dan budaya masyarakat setempat.

Ada kereta wisata yang menyuguhkan kemewahan, ada pula yang memberi penumpangnya segudang pengalaman. Dari seluruh kereta wisata di dunia, inilah 10 di antaranya yang paling terkenal seperti dilansir dari The Telegraph, Selasa (18/12/2012):

1. Glacier Express

Dari namanya sudah terbayang, Anda akan melewati lanskap beku penuh es dan gleyser. Ya, kereta wisata ini mengantar Anda dari dan ke 2 kota di Swiss yakni Zermatt menuju St Moritz. Glacier Express hanya beroperasi saat musim dingin.

Kereta ini melaju di ketinggian 1.500 mdpl. Melintasi 291 jembatan dan 91 terowongan, termasuk terowongan paling panjang di dunia. Melewati Sungai Rhone dan Rhine sekaligus, dan melambat di Oberalp Pass pada ketinggian 2.000 mdpl. Harga tiket untuk kelas satu adalah 84 Euro (sekitar Rp 1 juta) dan 51 Euro (sekitar Rp 648.000) untuk kelas dua.

2. The Royal Scotsman

Mau tahu salah satu kereta wisata termahal di dunia? Ini dia, The Royal Scotsman yang melintasi lanskap Skotlandia. Inilah salah satu kereta termawah di dunia, dengan hanya 36 penumpang. Masing-masing punya kompartemen pribadi bergaya Edwardian, didominasi kayu mahoni.

Bahkan bagian belakang kereta yang terbuka untuk melihat pemandangan pun didekorasi secara mewah. Ada sofa dan kursi empuk untuk tiap penumpang. Tur selama 4 hari melintasi Skotlandia seharga 2.590 Euro (Rp 32 juta). Anda akan dapat kompartemen pribadi lengkap dengan kamar mandi. Panorama yang dilalui, jangan tanya. Dari kastil-kastil sampai puncak-puncak gunung terus-terusan melintas di jendela Anda.

3. Trans-Siberian Railway

Bayangkan Anda membelah luasnya daratan Rusia. Trans-Siberian Railway akan membawa traveler dalam perjalanan sejauh 9.600 km, dari Asia ke Eropa, melintasi 7 zona waktu!

Atas panorama alam yang hampir tak terjamah dan kemewahan dalam pelayanannya, Trans-Siberian Railway banyak disebut sebagai 'once in a lifetime trip'. Selama 19 hari, Anda akan dilayani di kompartemen pribadi lengkap dengan kamar mandi. Agenda makan malam seperti tak pernah membosankan tiap hari. Di kompartemen khusus jamuan makan, penumpang akan dilayani oleh koki pribadi.

Untuk perjalanan di kompartemen kelas satu, dari Vladivostok melintasi Siberia menuju Moskow, harga per orangnya 2.150 Euro (Rp 21 juta). Harga ini sudah termasuk tur keliling kota, makan, 7 malam menginap di kereta, dan 11 malam di hotel tempat pemberhentian.

4. Eastern & Oriental Express

Nah, mungkin inilah perjalanan kereta wisata yang dekat dijangkau dari Indonesia. Eastern & Oriental Express melaju dari Singapura menuju Bangkok sepanjang 1.900 km. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi panorama khas negara tropis yakni pedesaan yang asri, perkebunan karet, dan persawahan.

Traveler akan singgah di beberapa kota, salah satunya Penang. Anda punya beberapa jam untuk meluruskan kaki dan meregangkan otot dengan berjalan-jalan. Datangilah penjaja makanan pinggir jalan, karena Penang adalah salah satu sentra kuliner paling terkenal di Asia.

Untuk perjalanan 6 hari 5 malam, harga tiketnya 1.735 Euro (Rp 22 juta). Harga itu termasuk tiket pesawat pulang ke Singapura, akomodasi di hotel selama 2 malam, menginap di kereta selama 2 malam, juga makanan.

5. Copper Canyon Railway

Berbeda dengan kereta-kereta wisata sebelumnya, tak ada unsur kemewahan di Copper Canyon Railway. Kereta wisata yang melintasi Meksiko ini tak punya kompartemen pribadi. Bahkan, Anda terkadang harus membawa tisu sendiri saat akan buang air. Tapi cobalah mendekat ke jendela, dan lihatlah panorama mengagumkan sepanjang perjalanan.

Bangku di sebelah kanan adalah yang paling diincar wisatawan. Anda akan berangkat dari Los Mochis di pesisir Samudera Pasifik, melintasi Sierra Madre dan Gurun Sonora menuju Chihuahua. Harganya juga tak terlalu mahal, 383 Euro (Rp 4,8 juta) untuk 4 hari perjalanan. Harga itu termasuk akomodasi 'kelas turis', perjalanan kereta, dan makanan.

6. Venice Simplon-Orient-Express

Kalau Anda punya cukup bujet untuk dihabiskan selama traveling di Venesia, naiklah kereta ini. Venice Simplon-Orient-Express punya dua kereta yakni The British Pullman dan The Continental Wagons-Lits.

Kereta ini sangat mewah dan romantis. Tiap kali makan, masakan disajikan secara prasmanan. Baik Anda berangkat dari Victoria Station atau Atalia Prima Class, para penumpang akan dimanjakan dengan panorama pedesaan Prancis, Swiss, dan Austria. Harga tiketnya 1.755 Euro (Rp 22 juta) untuk perjalanan 3 hari 2 malam. Termasuk, menginap di hotel bintang 4 di Venesia yakni Londra Palace.

7. Great South Pacific Express

Ini adalah kereta wisata mewah yang akan membawa Anda dari Sydney menuju Cairns, via Brisbane. Terlepas dari mewahnya, Great South Pacific Express paling seru saat Anda perjalanan dari Brisbane ke Cairns.

Bayangkan saja, Anda akan dibawa naik helikopter menuju gugusan atol terbesar di dunia, Great Barrier Reef. Tak sampai di situ, Anda akan mampir lalu snorkeling sepuas hati!

Perjalanan Anda akan berakhir setelah melewati Cairns, tepatnya di stasiun tua Kuranda. Dari sini, Anda akan naik kereta gantung SkyRail melintasi hutan lebat. Harganya 1.170 Euro (Rp 14 juta) per orang.

8. Palace on Wheels

Dari namanya saja pasti sudah terbayang: istana di atas roda. Palace on Wheels melintasi daratan India, menyusuri gurun pasir Rajashtan. Interiornya dilapisi kain khas Rajashtan. Para petugasnya cantik dan tampan, mengenakan seragam yang sama mewahnya.

Di kereta ini, para penumpang akan disuguhkan masakan kari khas India yang luar biasa enak. Sensasi bagai raja tak sampai di situ. Saat tiba di Jaipur, Anda akan disambut oleh gajah. Di Udaipur, makan siang tersedia di atas Lake Palace nan indah. Di Jalsaimer, Anda bisa safari naik unta. Di Taj Mahal, Anda bisa menikmati sore hari nan tenang.

Harganya, mulai dari 2.755 Euro (Rp 35 juta). Ya, siap-siap kantong bocor kalau mau tinggal di 'istana beroda'!

9. Shinkansen

Berbeda dengan kereta-kereta wisata sebelumnya, Shinkansen menyuguhkan pengalaman naik kereta modern dan futuristik. Banyak traveler menyebut kereta peluru berwarna silver ini lebih mirip roket dibanding kereta. Kecepatannya luar biasa!

Dari Tokyo ke Kyoto, dengan jarak 523 km hanya ditempuh selama 2 jam lebih 10 menit. Harga tiketnya 84 Euro (sekitar Rp 1 juta) untuk sekali perjalanan, dan bisa dibeli di seluruh stasiun di kedua kota tersebut. Dari Kyoto, traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Hiroshima atau Pulau Kyushu di paling selatan Jepang.

10. Blue Train

Bayangkan Anda berada di kereta wisata, melintasi lanskap liar Afrika Selatan. Inilah Blue Train, dengan rute Pretoria-Cape Town. Kereta wisata ini hanya mengangkut 84 penumpang plus 27 orang staf.

Blue Train termasuk kereta wisata mewah. Masing-masing kompartemen punya kamar mandi, telepon, televisi dan pendingin udara. Di tengah perjalanan, para penumpang akan disuguhkan panorama dataran tinggi Karoo, lalu perkebunan anggur sebelum tiba di Cape Town. Harga tiket 2 hari perjalanan adalah 480 Euro (Rp 6,1 juta) untuk kompartemen Deluxe.

(sst/fay)
BERITA TERKAIT