Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jan 2013 09:23 WIB

DESTINATIONS

10 Destinasi Sehat dan Bikin Awet Muda

Afif Farhan
detikTravel
Kawasan Andorra dengan dikelilingi pegunungan hijau (andorra.com)
Okinawa - Siapa bilang traveling hanya untuk bersenang-senang saja? Di 10 tempat di dunia berikut ini, Anda bisa traveling untuk hidup lebih sehat dan awet muda. Makanan dan gaya hidup masyarakat di sana sungguh berkualitas.

Menurut para ahli, faktor gaya hidup mempengaruhi 75% umur seseorang. Tak usah kuatir, 10 tempat di dunia ini terkenal dengan masyarakatnya yang mempunyai kualitas dan memiliki harapan hidup yang lebih tinggi. Tak ada salahnya, Anda traveling ke tempat-tempat tersebut untuk hidup jauh lebih sehat.

Dikutip dari Matador Network, Rabu (16/1/2013) berikut 10 destinasi untuk membuat Anda sehat & awet muda:

1. Okinawa, Jepang

Okinawa adalah sebuah pulau di Jepang dan terletak di Laut Cina Timur. Masyarakat Okinawa menempati peringkat tertinggi dalam studi umur. Ini artinya, masyarakat di Okinawa memiliki umur yang lebih panjang. Terang saja, mereka jauh dari penyakit jantung atau kanker payudara. Faktanya, masyarakat Okinawa memiliki kasus 80% serangan jantung dan kanker lebih sedikit daripada orang Amerika.

Apa rahasianya? Ternyata masyarakat Okinawa mengkonsumsi makanan-makanan sehat, seperti nanas, pare, ubi jalar, rumput laut, tahu, teh, sayuran berdaun hijau, dan ikan. Mereka juga menjaga tradisi hachi bu hara, atau makan hanya sampai 80% penuh yang artinya tidak kekenyangan.

Orang-orang tua di sana juga masih aktif bekerja, seperti pergi perternakan dan saling berinteraksi. Traveling ke Okinawa akan membuat Anda jauh lebih sehat.

2. Andorra

Terletak di antara Spanyol dan Perancis, sekitar 84.000 masyarakat di sini memiliki harapan hidup yang lebih panjang. Masyarakat di sana minum air yang bersih, memerhatikan sistem perawatan kesehatan, dan diet. Ditambah dengan kehidupan sosial yang stabil di Andorra, membuat tingkat stress masyarakat di sana rendah.

Selain itu, belum ada tentara yang berada di sana selama 700 tahun. Negara ini juga memiliki banyak lapangan kerja. Setelah bekerja, kebanyakan masyarakat di sana mengambil kelas seni dan berkreasi. Asyiknya..

3. Ikaria, Yunani

Masyarakat yang tinggal di Ikaria mencapai umur 90 tahun dengan perbandingan jumlah 4 kali lebih banyak dibanding orang Amerika dengan rata-rata umur yang sama. Kebugaran masyarakat di sana berkaitan dengan tingkat aktivitas dan gaya hidup yang tidak tergesa-gesa. Tidur siang masyarakatnya juga teratur.

Selain itu, penduduk di sini melakukan diet rendah dalam daging, ikan, dan kandungan gula yang tinggi dalam biji-bijian, kentang, serta sayuran hijau. Masyarakatnya juga senang mengkonsumsi susu kambing dan teh herbal. Mau coba datang ke sini?

4. Semenanjung Niscoya, Kosta Rika

Bagi 75.000 orang yang tinggal di Semenanjung Nicoya, kehidupan modern tidak mengubah tradisi dari nenek moyang mereka berabad-abad yang lalu. Masyarakatnya mempertahankan tradisi dalam menjaga hubungan yang solid antar sesama, mengkonsumsi makanan nabati, dan memiliki pekerjaan yang aktif untuk kualitas hidup.

Banyak masyarakat yang bekerja di perternakan atau menjadi petani. Penduduk setempat juga mengkonsumsi mesoamerican trifecta, yang terdiri dari jagung tortilla, kacang-kacangan, dan labu. Pasokan air yang tinggi juga meningkatkan kesehatan tulang mereka. Karena iklim yang cerah kering, penduduk setempat jarang mengidap penyakit pernafasan dan mendapatkan banyak vitamin D. Mau coba makanan khasnya tersebut?

5. Lembah Hunza, Pakistan

Dikelilingi oleh Pegunungan Himalaya di Timur Laut Pakistan, masyarakat lansia di Lembah Hunza memiliki kebugaran yang tinggi. Mereka rajin mengkonsumsi sayur-sayuran, seperti gandum, barley, serta buah-buahan antioksidan seperti buah ceri dan plum.

Kontur lingkungan yang kasar di sana mendorong tingkat aktivitas yang tinggi untuk masyarakatnya. Selain itu, penduduk setempat dikenal memiliki pandangan yang sangat positif pada kehidupan dan ikatan keluarga yang kuat.

6. Vilcambamba, Ecuador

Vilcambamba dijuluki sebagai 'lembah panjang umur'. Dimulai dengan penelitian tahun 1950, penduduk setempat memiliki tingkat penyakit kronis yang rendah dan diklaim dapat hidup sampai usia 120 tahun. Tingkat aktivitas dan faktor menjaga makanan di sana menawarkan kesehatan yang luar biasa.

Penduduk di sana juga aktif bekerja di peternakan. Mereka tidak sering makan daging hewan dan bergantung pada sayuran segar sebagai pengobatan. Air segar dari pegunungan di sana juga memiliki konsentrasi tinggi mineral yang sehat. Wow!

7. Sardinia, Italia

Tidak seperti sebagian besar penduduk di dunia yang mana perbedaan pria dan wanita dalam tingkat harapan hidup yang berbeda, rata-rata pria dan wanita di Sardinia hidup sampai umur 100 tahun. Uniknya, di pulau ini terdapat pepatah 'kent’ annos', yang artinya semoga Anda hidup sampai umur 100 tahun.

Masakan di sini biasanya terdiri dari susu mentah, keju, sayuran segar, domba, dan ikan. Masyarakat di sini sangat baik dan aktif bekerja sampai usia tua. Wah, jadi lebih awet muda ya di sini!

8. Abkhasia, Georgia

Tahukah Anda, masyarakat Abkhasia dapat hidup mencapai umur 150 tahun. Para peneliti mengakui, penduduk di sini mengalami tingkat rendah penyakit dan menikmati kualitas hidup yang tinggi.

Masyarakatnya pun mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tidak mengkonsumsi banyak daging. Selain itu, masyarakat di sini percaya bahwa peristiwa-peristiwa yang terjadi di sana berasal dari tindakan mereka sendiri. Oleh sebab itu, mereka dapat mengontrol diri dalam kehidupan. Wah, asyik sepertinya berkenalan dengan masyarakat di sana!

9. Macau, China

Masyarakat yang tinggal di sini rata-rata mencapai usai 84 tahun. Apa rahasianya? Ternyata mereka gemar menyantap hidangan laut yang sehat. Program kesejahteraan di Macau juga berjalan baik, membuat warganya dapat melakukan kegiatan berwisata. Perawatan kesehatan dengan puluhan pusat kesehatan dan dokter juga memadai. Jalan-jalan di sana, dijamin tidak akan sakit!

10. San Marino

Negara kecil yang berada di dalam Italia ini memiliki masyarakat yang sehat. Tingkat stress yang rendah, perceraian yang rendah, dan penyerapan tenaga kerja yang tinggi, membuat masyarakat di sana dapat hidup mencapai usia 81 tahun. Selain itu, ikatan keluarga yang kuat juga membuat mereka tetap sehat.

Itulah 10 tempat untuk menjadikan Anda lebih sehat dan awet muda. Jangan lupa untuk mempelajari gaya hidup masyarakat dan cicipilah makanannya yang sehat untuk membuat Anda awet muda. Selamat traveling!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA