Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Feb 2013 19:31 WIB

DESTINATIONS

10 Tempat dengan Lukisan Tembok Terbaik di Dunia

Mural yang menggambarkan anak kecil sedang menggowes sepeda, dan membonceng adiknya (Skyscanner)
Jakarta - Banyak tembok kosong di berbagai belahan dunia disulap para seniman jalanan, menjadi lukisan tembok atau mural yang indah. Bahkan, tak sedikit yang menjadi daya tarik wisata, seperti 10 tempat ini.

Dilansir dari Skyscanner, Selasa (19/2/2013) inilah 10 kota dengan mural terbaik di dunia:

1. Berlin, Jerman

Kota pertama yang memiliki mural menarik adalah Berlin di Jerman. Berlin memiliki kawasan yang temboknya dihias dengan aneka gambar menarik, yaitu Wall East Side Gallery. Sepanjang 1,3 km, Anda akan disuguhkan dengan aneka gambar warna-warni yang sayang jika dilewatkan. Usut boleh usut, ternyata tembok yang dijadikan media menggambar ini dulunya Tembok Berlin, pembatas antara Jerman Barat dan Timur.

2. Bristol, Inggris

Ada satu kawasan di Bristol, Inggris yang dikenal dunia sebagai lokasi para seniman jalanan. Kawasan itu adalah Banksy. Ada banyak pertunjukkan seni yang bisa dilihat turis saat datang ke tempat ini. Salah satunya tentu saja mural.

Tengoklah ke salah satu tembok bangunan yang ada di sana. Jangan kaget begitu melihat ada seorang penembak yang seolah membidik Anda. Itu bukan sungguhan, tetapi hanyalah lukisan yang dibuat para seniman jalanan.

3. Granada, Spanyol

Berada di kaki Gunung Sierra Nevada, Granada di Spanyol menarik banyak minat wisatawan lewat keseniannya. Kota ini memiliki seni mural cantik yang bisa membuat setiap mata terpukau. Salah satunya adalah tembok dengan gambar gadis kecil yang sedang tersenyum. Sempurna!

4. Havana, Cuba

Anda tahu Ernesto Rafael Guevara De La Serna? Pria yang juga disebut dengan Che Guevara adalah tokoh revolusioner di Kuba. Ia meninggal pada tahun 1967 di usia 39 tahun. Meski begitu, tatapan matanya yang tegas tetap bisa Anda lihat di salah tembok Kota Havana. Ini adalah lukisan hasil para seniman jalanan.

5. Lisbon, Portugal

Kota kelima yang juga memiliki mural keren adalah Lisbon di Portugal. Melintaslah di trotoar yang ada di kota ini, Anda pun bisa melihat satu bangunan penuh yang dihias dengan mural cantik. Di situ terlihat seorang pria mengenakan jas, tengah menghisap minuman dengan sedotan. Ternyata, ia bukan meminum air dari gelas, melainkan bumi. Entahlah apa arti dari mural ini.

6. Los Angeles, AS

Negara yang dipimpin Barack Obama ternyata juga punya kota yang dihias mural keren, yaitu Los Angeles. Di atas gedung milik Mai Mexican Kitchen, terdapat gambar wanita tua yang sedang membuka mata dengan dua jarinya. Tampak nyata!

7. Moskow, Rusia

Kota Moskow di Rusia juga punya atraksi wisata yang menarik. Cobalah nikmati asyiknya menyusuri jalan dari Katedral St Basilika hingga Kremlin yang memiliki kubah cantik. Anda akan disuguhkan dengan kota yang cantik berbingkai seni, termasuk mural.

8. Paris, Prancis

Saat ke Paris, jangan cuma berhenti di Menara Eiffel. Cobalah berkeliling kota. Ada banyak galeri yang memamerkan karya seni cantik. Tak hanya itu, kota ini juga memiliki street art atau jalan seni yang diisi dengan aneka mural. Pasti Anda akan terpukau.

9. Oslo, Norwegia

Oslo dikenal sebagai tempatnya lukisan terkenal Edvard Munch yang berjudul 'The Scream'. Tak hanya itu, Oslo juga dikenal sebagai tujuannya para pecinta seni. Jadi jangan heran, kalau Anda melihat ada lukisan cantik yang menghiasi tembok di salah satu jalannya.

10. Penang, Malaysia

Tak jauh dari Indonesia, Negeri Jiran ternyata juga punya mural yang akan membuat Anda terpukau. Turis bisa melihatnya di Penang. Di sana, terdapat sebuah sepeda yang bersandar di tembok. Uniknya, di tembok tempat sepeda bersandar, digambar dua anak kecil yang seolah duduk di atas sepeda.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA