Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Feb 2013 09:50 WIB

DESTINATIONS

3 Tempat Terbaik Melihat Bintang di Pulau Jawa

Sunrise Savana di Baluran (Prayudi/dtraveler)
Jakarta - Menikmati malam sambil memandang taburan bintang di langit bisa jadi pemanis liburan. Di Jawa, ada 3 tempat yang akan menyuguhkan pemandangan bintang terbaik. Apa saja ya?

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (21/2/2013) inilah 3 tempat terbaik untuk melihat bintang:

1. Gunung Gede, Jawa Barat

Tempat pertama yang akan memberikan pemandangan bintang terbaik adalah Gunung Gede. Berada di Jawa Barat, gunung ini menjadi salah satu tempat mendaki favorit para traveler.

Cobalah naik ke atas gunung, Anda akan disuguhkan dengan hamparan bunga edelweis. Alun-alun Surya Kencana namanya. Jangan langsung terpukau di sana. Pasang tenda di sana, dan tunggu sampai malam tiba.

Malam hari, udara di Gunung Gede akan sangat dingin. Tapi jangan habiskan waktu dengan berlindung di balik kantung tidur yang hangat. Keluarlah, dan tatap langit Gede Pangrango pada malam hari. Jika langit cerah, Anda akan disuguhkan dengan taburan bintang yang mengisi malam. Benar-benar cantik.

2. Pulau Sempu, Jawa Timur

Tempat kedua di Jawa yang bagus untuk melihat bintang adalah Pulau Sempu di Jawa Timur. Banyak yang bilang, Sempu adalah pulau yang menyimpan eksotisme tanpa batas.

Apalagi pulau ini memiliki Danau Segara Anakan. Ini adalah pantai kecil yang tertutup tebing. Karena laut yang terhalang tebing tak terlihat, banyak yang menyebut Segara Anakan sebagai danau.

Keindahan Sempu tak hanya bisa dinikmati pada siang hari, tapi juga malam hari. Jika datang pada saat bulan purnama dan musim kemarau, Anda bisa melihat banyak bintang berserakan di langit.

Lebih indah lagi, Anda bisa melihat bintang jatuh jika sedang beruntung. detikTravel pun merasakan sendiri indahnya bintang jatuh di langit Sempu. Mata seakan tak mau berkedip memandangnya.

3. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Tempat ketiga yang juga memiliki panorama cantik di langit adalah Taman Nasional Baluran (TNB) di Situbondo, Jawa Timur. Banyak yang bilang ini adalah Afrika van Java.

Betapa tidak, TNB didominasi oleh savana hijau. Sesekali hewan liar pun berlari-lari kecil di tengah rumput pada siang hari. Ada rusa, monyet, dan juga merak di sana. Anda benar-benar serasa berada di Afrika.

Lain halnya dengan malam hari. Ketika langit berubah menjadi gelap, bintang-bintang kecil pun bermunculan. Terangnya menggantikan cahaya lampu yang jumlahnya hanya sedikit.

Janganlah tidur cepat. Nikmati pemandangan yang mungkin tidak Anda lihat di perkotaan. Lihat bintang yang berserakan di langit Baluran. Ajaklah teman untuk memandangnya bersama, dan tebak rasi bintang apa yang sedang muncul.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA