Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Mar 2013 17:46 WIB

DESTINATIONS

Binatang Paling Aneh Ada di 4 Tempat Ini

Frilled Shark (Reuters)
Jakarta - Untuk traveler pecinta hewan, jangan lewatkan kesempatan traveling ke 4 tempat berikut. Selain memiliki alam yang bagus, destinasi tersebut juga dihuni oleh hewan aneh yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain.

Dilongok dari Mother Nature Network, Senin (18/3/2013), inilah 4 destinasi dengan hewan paling aneh yang bisa Anda temui:

1. Samudera Atlantik dan Pasifik

Hewan aneh pertama yang bisa Anda temui ketika traveling adalah frilled shark. Hiu yang memiliki nama latin Chlamydoselachus anguineus ini berenang bebas di sekitar Samudera Pasifik dan Atlantik.

Disebut unik karena frilled shark memiliki tubuh yang tak biasa. Banyak orang yang menyebut hiu ini sebagai fosil hidup. Tubuhnya berbentuk seperti belut, tidak seperti hiu lainnya.

2. Madagaskar

Madagaskan dikenal sebagai salah satu tempat yang dihuni oleh hewan lucu dan menggemaskan, yakni lemur. Namun jika datang ke sana, pelancong juga bisa menemukan primata lain yang juga khas Madagaskar, seperti aye-aye.

Hewan yang memiliki nama latin Daubentonia madagascariensis ini, cukup banyak dijumpai di Madagaskar. Meski sering disebut lemur kecil, aye-aye memiliki penampilan yang jauh berbeda dengan lemur ekor gelang. Ia memiliki mata bulat yang besar, jari-jari kecil dan panjang, serta memiliki rambut yang kasar.

Yang membuat aye-aye semakin mantap masuk dalam kategori hewan aneh adalah gaya makannya. Tidak seperti primata lain yang memasukkan makanan menggunakan tangan, aye-aye malah makan seperti burung pelatuk. Aneh bukan?

3. Australia dan Tasmania

Kalau lautan Indonesia punya ikan mola-mola yang bertubuh bulat dan sintal, lautan Australia punya blobfish. Ikan yang memiliki nama latin Psychrolutes marcidus ini memiliki bentuk yang tak kalah lucu dari mola-mola. Malah, lebih lucu dari mola-mola.

Siapa saja yang melihat wajah blobfish pasti terkaget. Jelas saja, ikan ini memiliki wajah yang mirip seperti manusia. Ia memiliki mata bulat sempura, bibir, dan penonjolan di bagian wajah yang mirip hidung manusia.

Sayangnya, hewan unik ini memiliki status konservasi terancam punah. Semua pihak termasuk traveler harus ikut menjaga kelestarian hewan ini.

4. Afrika Timur

Sedikit mirip dengan bebek, burung shoebill disebut-sebut sebagai salah satu hewan aneh di dunia. Ia memiliki kaki yang jenjang seperti flamingo, namun berparuh seperti bebek. Unik bukan?

Hewan ini biasanya ditemukan sedang berenang di perairan Afrika Timur. Sayangnya, status konservasi shoebill berada di titik rentan punah, versi Birdlife Internasional. Jadi, mari ikut serta dalam kampanye anti perburuan liar.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA