Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Mar 2013 12:45 WIB

DESTINATIONS

Serunya Liburan 24 Jam di Yogyakarta

Sri Anindiati Nursastri
Redaksi Travel
Malioboro di Yogyakarta (Fitraya/detikTravel)
Malioboro di Yogyakarta (Fitraya/detikTravel)
Yogyakarta - Yogyakarta seperti tak pernah habis untuk dijelajahi, berulang kali. Magnetnya masih kuat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Kalau waktu liburan Anda minim di Yogyakarta, cobalah liburan 24 jam.

Selalu ada cara untuk menjelajah Yogyakarta. Daerah Istimewa ini selalu berhasil menarik traveler asal berbagai kota baik asal Jawa maupun pulau-pulau lainnya di Indonesia. Kalau tak punya banyak waktu liburan, jangan kuatir. Anda bisa menjelajah Yogyakarta dalam waktu 24 jam.

Dirangkum detikTravel, Kamis (28/3/2013), berikut itinerary 24 jam di Yogyakarta. Buktikan sendiri kalau Yogyakarta benar-benar 'daerah istimewa'!

07.00 WIB
Dengan asumsi Anda naik KA dan turun di Stasiun Tugu, berjalanlah ke luar stasiun untuk mencari rental sepeda motor. Ada beberapa rental yang menyewakan motor matic maupun manual, harganya Rp 50.000-70.000 per 24 jam. Jangan lupa isi bensin, Rp 10.000 saja dulu.

08.00 WIB
Saatnya sarapan pecel depan Pasar Beringharjo. Harga untuk seporsi pecel nikmat ini Rp 7.000-an saja. Anda juga bisa memilih aneka sarapan lain seperti gudeg dan angkringan.

08.30 WIB
Perut kenyang, saatnya bertualang. Parkirlah motor di dekat Beringharjo, masukilah pasar dan rasakan atmosfernya. Puas berkeliling, saatnya wisata sejarah di Benteng Vredeburg. Lebih jauh lagi, ada Taman Pintar dan Keraton Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Jangan lupa menyempatkan diri ke Taman Sari.

13.00 WIB
Malioboro dan sekitarnya sudah khatam. Saatnya makan siang di restoran yang sedang 'hits' di kalangan traveler: House of Raminten. Letaknya di Kotabaru, hanya 10 menit naik motor dari Malioboro. House of Raminten menyuguhkan menu sederhana tapi nyentrik, seperti nasi kucing dengan harga Rp 1.000 saja!

14.00 WIB
Saatnya menyambangi tiga candi: Prambanan, Ratu Boko, dan Plaosan. Prambanan mungkin lebih tersohor dibanding kedua candi lainnya. Tapi Candi Ratu Boko dan Plaosan punya panorama yang sangat indah. Candi Ratu Boko juga jadi tempat pas untuk melihat matahari terbenam.

16.00 WIB
Saatnya menentukan tempat menikmati sunset: Candi Ratu Boko atau Gunung Nglanggeran. Gunung Purba Nglanggeran letaknya di Kabupaten Gunungkidul, sekitar 30 menit naik motor dari Candi Prambanan. Sampai di sana, Anda perlu trekking sekitar 1 jam untuk tiba di puncaknya. Tapi panoramanya sepadan, sunset sekaligus kerlap-kerlip Kota Yogya yang indah. Asumsinya Anda menikmati sunset hingga pukul 18.30, kemudian trekking turun gunung dan kembali ke Kota Yogya.

20.00 WIB
Tiba di Kota Yogya, jangan dulu makan malam. Nikmati dulu ramainya Alun-alun Selatan. Anda juga bisa mencoba jalan kaki melewati pohon beringin kembar yang terkenal oleh mitosnya itu. Di sekitar alun-alun ada banyak penjual wedang ronde, bajigur, dan lain-lain. Kalau mau coba kopi joss, sempatkan ke dekat Stasiun Tugu untuk mencicipi kopi campur arang ini.

21.30 WIB
Saatnya makan malam. Beranjaklah ke Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan No 36-38, Warungboto, Umbulharjo. Pawon artinya dapur, maka Anda benar-benar makan gudeg di dapur! Walaupun Gudeg Pawon buka mulai pukul 23.00 WIB, antrean sudah dimulai sejam sebelumnya. Anda akan diberi piring dan sendok-garpu, kemudian masuk ke dalam dapur untuk mengambil macam-macam lauk nasi gudeg. Rasanya sungguh nikmat!

23.30 WIB
Seharian beraktivitas dan 'ngalor-ngidul' ke banyak tempat, saatnya beristirahat. Kalau tidak mau menyewa kamar hotel, cobalah gelar tikar sambil menikmati malam di Alun-alun Selatan. Tapi ingat, hati-hati soal keamanan ya. Jangan sampai ada tas atau barang-barang berharga yang luput dari pandangan Anda.

03.00 WIB
Inilah saatnya berangkat ke Bukit Setumbu di Desa Karangrejo. Sedikit keluar Yogyakarta memang, karena inilah tempat terbaik melihat sunrise terbit menyinari Candi Borobudur di Magelang. Perjalanan naik motor sekitar 1 jam, ditambah 1 jam trekking. Sunrise muncul sekitar pukul 05.30-06.00 WIB.

06.30 WIB
Puas melihat Candi Borobudur yang disinari cahaya matahari pagi, saatnya kembali ke Kota Yogya. Tancap gas menuju Stasiun Tugu untuk mengembalikan motor yang disewa. Pukul 07.30 WIB hari kedua, selesai sudah 24 jam di Yogyakarta. Wisata kota, sejarah, kuliner, alam, semuanya didapatkan!

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED

Indahnya Telaga Menjer di Dieng

Minggu, 17 Des 2017 16:00 WIB

Wisata Alam di Dieng, memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati adalah Telaga Menjer yang punya pemandangan cantik.