Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Apr 2013 16:49 WIB

DESTINATIONS

Binatang Berwajah Jelek Ada di 5 Tempat Ini

Tikus telanjang (en.wikipedia.org)
Jakarta - Bisa melihat aneka jenis hewan yang lucu ketika traveling bagaikan bonus untuk setiap wisatawan. Tapi, jika datang ke 5 tempat berikut, siaplah terkejut. Anda tak akan menemukan hewan lucu, hewan berwajah jelek.

Ya, memang tak semua hewan di dunia memiliki wajah yang lucu. Nyatanya, ada pula satwa yang berwajah jelek bahkan cenderung mengerikan. Bukan tak mungkin Anda menemukannya saat traveling.

Dilongok dari Mother Nature Network, Selasa (2/4/2013) inilah 5 tempat yang bisa mempertemukan Anda dengan hewan berwajah buruk:

1. Australia dan Tasmania

Hewan berwajah jelek atau mengerikan pertama bisa Anda temukan di Australia dan Tasmania. Kawasan ini dihuni oleh ikan unik bernama blobfish.

Ikan yang memiliki nama latin Psychrolutes marcidus ini memiliki bentuk yang aneh. Saking anehnya, siapa saja yang melihat wajah blobfish pasti kaget.

Jelas saja, ikan ini memiliki wajah yang mirip seperti manusia. Ia memiliki mata bulat sempura, bibir, dan penonjolan di bagian wajah yang mirip hidung manusia. Sedikit mengerikan jika Anda bertemu secara tiba-tiba di perairan Australia.

Hewan ini memiliki status konservasi terancam punah. Semua pihak termasuk traveler harus ikut menjaga kelestarian hewan ini.

2. Etiopia, Kenya, dan Somalia

Destinasi lain yang memiliki hewan berwajah mengerikan adalah Etiopia, Kenya dan Somalia. Negara di Afrika Timur ini memiliki tikus tanah yang tak biasa.

Betapa tidak, negara tersebut memiliki tikus albino. Kalau biasanya tikus yang Anda lihat berkulit cokelat, tikus yang biasa disebut tikus ini berkulit putih. Saking putihnya, banyak yang menyebutnya tikus telanjang.

Sepintas, tubuh tikus ini memang mengerikan. Tubuhnya terlihat begitu putih dengan warna merah darah yang tampak karena kulitnya yang tipis. Ia semakin seram karena tidak memiliki mata yang sempurna, bahkan cenderung tak terlihat karena lebih sering tertutup.

Tikus telanjang ini biasa tinggal berkoloni di bawah tanah. Satu koloni bisa mencakup 75 individu. Jadi, jika sedang traveling di Afrika Timur, tiba-tiba melihat ada tikus putih yang melintas, berarti Anda baru saja melihat si tikus telanjang.

3. Kenya, Somalia, Etiopia, Tanzania

Hewan berwajah jelek lain ada di Kenya, Somalia, Etiopia, Tanzania. Kawasan ini dihuni oleh sekelompok hewan mirip babi yang biasa disebut warthog.

Meski masih satu keluarga dengan babi, hewan dengan nama latin Phacochoerus africanus ini memiliki wajah cukup berbeda dengan babi. Wajahnya memanjang seperti kuda. Kemudian dibagian mulutnya keluar taring panjang, seperti gading gajah.

Yang membuat warthog terlihat mirip dengan babi hanyalah bagian hidung. Ya, hidung memang jadi karakteristik utama dari keluarga babi. Melihat ke bagian atas kepala, warthog memiliki rambut yang menjuntai seperti kuda.

4. Kanada

Tikus aneh ternyata tak hanya ada di Afrika, tapi juga Amerika, tepatnya Kanada. Negara asal penyanyi pop Justin Bieber ini ternyata dihuni oleh tikus dengan hidung aneh.

Betapa tidak, kalau biasanya tikus memiliki hidung kecil, tikus di Kanada ada yang berhidung seperti bintang. Dikatakan berhidung bintang karena jika dilihat seksama, di bagian hidung tampak bagian yang menjulur seperti jari. Inilah yang diibaratkan seperti bintang.

Usut boleh usut, bagian menjulur di moncong tersebut ternyata berfungsi sebagai sensor. Ada sekitar 25.000 sensor reseptor yang akan membantu sang tikus untuk berjalan di bawah tanah.

5. Madagaskar

Destinasi terakhir yang dihuni hewan berwajah buruh adalah Madagaskar. Biasanya, tempat ini dikenal sebagai habitat lemur. Namun jika datang ke sana, pelancong juga bisa menemukan primata lain yang juga khas Madagaskar, yaitu aye-aye.

Hewan yang memiliki nama latin Daubentonia madagascariensis ini, cukup banyak dijumpai di Madagaskar. Meski sering disebut lemur kecil, aye-aye memiliki penampilan yang jauh berbeda dengan lemur ekor gelang. Bahkan tak sedikit yang mengatakan primata ini cenderung menyeramkan.

Aye-aye memiliki mata bulat yang besar, jari-jari kecil dan panjang, serta memiliki rambut yang kasar. Tak hanya itu, primata ini juga memiliki kuku yang sangat tajam. Biasanya digunakan untuk mencengkram pohon.

(ptr/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA