Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Apr 2013 11:02 WIB

DESTINATIONS

Belum Sah ke Eropa, Tanpa ke London

Kincir London Eye, London, Inggris (Indra/detikTravel)
London - Saat mengingat Eropa, hal pertama yang biasa diingat biasanya London. Belum sah rasanya traveling ke Eropa, kalau belum menyambangi ibukota Inggris, yang punya banyak destinasi menarik dari menara jam sampai istana kerajaan.

Tak perlu bingung saat traveling ke London karena ada banyak destinasi yang bisa Anda kunjungi. Begitu pula dengan transportasi, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mencapainya.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2013) inilah ulasan untuk liburan di London, mulai dari cara mencapai, tempat-tempat wisata, penginapan hingga tempat makan:

1. Transportasi

Dari Indonesia, Anda bisa menjangkau London dengan pesawat terbang. Salah satu maskapai yang melayani rute Jakarta-London adalah Garuda Indonesia.

Maskapai Nasional ini menawarkan harga tiket menuju London seharga Rp USD 1.427 atau sekitar Rp 14 juta per orang. Harga ini sudah termasuk tiket pulang dan pergi.

Hanya saja, untuk mencapai London, Anda tidak sepenuhnya menggunakan Garuda Indonesia, tetapi dilanjutkan dengan Etihad.

"Jadi penumpang akan terbang dengan pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta, kemudian transit di Abu Dhabi lanjut menggunakan maskapai Etihad," kata Public Relation Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan kepada detikTravel, Rabu (3/4/2014).

Namun, mulai akhir tahun ini, Garuda Indonesia akan membuka rute Jakarta-London langsung tanpa transit.

Selain Garuda Indonesia, ada maskapai lain yang juga melayani rute Jakarta-London. Beberapa maskapai tersebut adalah Etihad Airways, Kuwait Airways, Qatar Airways, Turkish Airlines, dan Temenia.

2. Tempat Wisata

Ada banyak destinasi menarik yang bisa turis kunjungi saat ke London. Dilongok dari situs resmi pariwisata London, ada 10 atraksi wisata paling top yang harus Anda kunjungi.

Tempat pertama adalah British Museum. Ini adalah museum paling terkenal yang ada di Inggris, terutama London. Museum yang sudah ada sejak tahun 1753 ini, memiliki koleksi tentang manusia mulai dari zaman prasejarah hingga modern.

Koleksi yang paling terkenal adalah Rosetta Stone, patung-patung Parthenon dan koleksi mumi mesir kuno. Asyiknya, turis gratis masuk ke dalam museum. Berada di Jalan Great Russell, WC1B, museum ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.30 waktu setempat. Namun jika Jumat buka hingga pukul 20.30 WIB.

Tempat wisata kedua yang disebut paling top di London adalah Tate Modern. Berada di tepi Sungai Thames, Tate modern adalah museum nasional Inggris yang berisi kesenian modern dan kontemporer dari seluruh dunia, dan berada di Bankside, London, SE1 9TG.

Di dalamnya, Anda bisa melihat hasil karya seniman terkenal, seperti Picasso. Sama seperti British Museum, wisatawan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis untuk masuk. Tate Modern buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat pada hari Sabtu-Kamis, dan pukul 10.00-22.00 waktu setempat pada hari Jumat dan Sabtu.

National Gallery menunjukkan lebih dari 1.000 lukisan bergaya Eropa Barat dari abad pertengahan hingga abad ke-20. Beberapa karya lukis yang bisa dilihat karya Van Gogh, Leonardo da Vinci, Botticelli, dan Renoir.

Sama seperti tempat wisata sebelumnya, turis juga tidak dipungut biaya ketika masuk ke National Gallery. Tempat yang berada di Trafalgar Square, London, WC2N 5DN ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat. Khusus hari Jumat, National Gallery buka hingga pukul 21.00 waktu setempat.

Tempat keempat yang bisa Anda kunjungi adalah Natural History Museum. Ini adalah salah satu bangunan tercantik yang ada di London. Di dalamnya, Anda bisa melihat aneka koleksi museum berupa rangka hewan purba, seperti dinosaurus.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat koleksi berbagai hewan menarik di sini. Beberapa di antara yang paling terkenal adalah laba-laba berumur 40 juta tahun dan model paus biru.

Museum yang berada di Cromwell Road, London, SW7 5BD ini buka setiap hari kecuali tanggal 24-26 Desember. Waktu bukanya adalah mulai pukul 10.00-17.50 waktu setempat. Lagi-lagi Anda tidak dipungut biaya sama sekali untuk masuk ke dalam museum.

London Eye, siapa yang tak kenal dengan objek wisata yang satu ini. Berbentuk kincir, London Eye menawarkan sensasi melihat keindahan Kota London dari ketinggian.

Ada 32 kapsul yang dimiliki London Eye, dan masing-masing bisa diisi hingga 25 orang. Hanya saja, untuk bisa menikmati keindahan London Eye, turis harus membayar Rp 272 ribu/orang.

Berada di Riverside Building, County Hall, Westminster Bridge Road, London, SE1 7PB, London Eye buka pada waktu tertentu, yaitu 1 Oktober-31 Maret pada pukul 10.00-20.30 waktu setempat.

Selain itu, London Eye juga buka pada tanggal 1 April-30 Juni pada pukul 10.00-21.00 waktu setempat. Belum selesai, khusus tanggal 1 Juli-30 September, London Eye buka mulai 10.00-21.30 waktu setempat.

Nah, untuk turis yang senang dengan ilmu sains, cobalah datang ke Science Museum yang berada di Exhibition Road, London, SW7 2DD. Museum ini adalah museum sains dan teknologi yang paling sering dikunjungi turis di Eropa.

Ada sekitar 15.000 objek dipamerkan, termasuk benda yang paling terkenal di dunia, yaitu kapsul Apollo 10. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat.

Turis yang mencintai fesyen, sebaiknya jangan sampai melewatkan Victoria and Albert Museum yang berada di Cromwell Road. Ini adalah museum seni dan desain terbesar.

Di dalamnya, Anda akan menemukan furnitur, lukisan, patung, logam, dan tekstil. Sama seperti museum lainnya, Victoria and Albert Museum tidak memungut biaya masuk. Setiap Sabtu-Kamis, museum ini buka mulai pukul 10.00-17.45 waktu setempat, sedangkan Jumat buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Objek wisata yang satu ini pasti sudah sering Anda dengar ketenarannya, yaitu Madame Tussauds London. Berlokasi di Marylebone Road, Madame Tussauds London memamerkan banyak patung lilin menyerupai tokoh terkenal.

Mulai dari Brad Pitt, hingga pasangan kerajaan Kate Middleton dan Pangeran Williams ada di sini. Tak hanya itu, turis yang datang juga bisa menikmati serunya nonton film Marvel Super Heroes 4D.

Tertarik datang? Madame Tussauds buka setiap hari dengan biaya masuk Rp 220.600 atau 15 Poundsterling/orang. Tempat ini buka mulai pukul 09.30-17.30 waktu setempat.

Belum selesai, traveler yang datang ke London juga harus mampir ke Royal Museum Greenwich. Berada di World Heritage Site of Greenwich, ada 4 destinasi menarik bergabung di dalam Royal Museum Greenwich.

Keempat destinasi tersebut adalah National Maritim Museum, Rumah Ratu, Royal Observatory, dan the Cutty Sark. Karena tergabung dari beberapa tempat, ada beberapa tempat yang bayar, namun ada pula yang bisa dimasuki gratis.

Tempat terakhir yang wajib Anda kunjungi adalah Tower of London di Tower Hill. Ini adalah salah satu gedung paling terkenal di London, meskipun kisah seram menyelimuti gedung ini. Ya, Tower of London dulunya dikenal sebagai gudang senjata dan benteng pertahanan.

Meski begitu, masuk ke dalam, Anda juga bisa melihat Crown Jewels yang baru ditampilkan pada tahun 2012. Jika tertarik datang, Anda harus membayar tiket seharga 19,5 Poundsterling atau senilai Rp 286 ribu.

Tower of London buka setiap tahun, tepatnya pada tanggal 1 Maret-31 Oktober, Selasa-Sabtu pada pukul 09.00-18.00 waktu setempat. Pada musim dingin, tempat ini buka pada 1 November-28 Februari, Selasa-Sabtu pukul 09.00-17.00 waktu setempat.

3. Penginapan

Bingung ingin menginap dimana? Jangan kuatir, London punya banyak tempat menginap yang bisa Anda tempati. Jika ingin menginap di penginapan lebih murah datang saja ke kawasan West End.

Di West End, Anda bisa mendapatkan penginapan dengan harga miring. Salah satunya adalah Hazlitt's. Hotel ini berada Jalan Tottenham Court.

Selain West End, kawasan lain yang bisa Anda datangi untuk mencari hotel adalah Westminister & Pimlico. Tempat ini memiliki penginapan yang bervariasi. Beberapa di antaranya adalah Luna Simone Hotel di Jalan Belgrave dan Windermere Hotel di Warwick Way.

Jika ingin memiliki lebih banyak pilihan, Anda bisa datang ke kawasan Bloomsbury & St Pancras. Ada 4 hotel yang direkomendasikan Lonely Planet Discover Europe, yaitu Arran House Hotel, Arosfa Hotel, Ridgemount Hotel, dan Jenkins Hotel.

4. Tempat Makan

Jika ingin merasakan asyiknya makan dengan servis terbaik, Anda bisa datang ke Hibiscus. Inilah tempat makan enak yang berada di Jalan Maddox 29.

Datang ke sana, Anda akan disuguhkan dengan makanan Prancis dan Inggris. Namun, jika ingin mencicipi makanan khas Inggris, Anda bisa datang Great Queen Street.

Restoran ini berada di jalan yang sama dengan nama restoran, yaitu Great Queen Street. Inilah salah satu restoran yang memiliki makanan khas Inggris dengan cita rasa sangat lezat.

Lebih suka makanan Eropa modern? Datang saja ke Wild Honey yang berada di Jalan St George 12.

5. Belanja

Tentu tak lengkap datang ke London tanpa Belanja. London punya banyak tempat belanja yang bisa membuat Anda lupa waktu. Salah satunya adalah Selfridge di Jalan Bond.

Ini adalah departemen store yang wajib dikunjungi setiap turis. Jangan tanya soal barang yang dijual. Semua barang yang ada di Selfridge adalah yang terbaru.

Selanjutnya ada Harrods. Berada di Jalan Brompton 87, Harrods selalu dipenuhi turis. Betapa tidak, di sini Anda bisa menemukan berbagai macam barang yang menarik, mulai makanan hingga suvenir lucu.

Yang berburu parfum dan perhiasan, datang saja ke Harvey Nichols. Tempat perbelanjaan ini berada di Knightbridge 109-125. Datang ke sana, Anda akan menemukan parfum dan perhiasan terbaik di London.

6. Keliling Kota

Jika ingin berkeliling kota, ada banyak kendaraan yang bisa Anda tumpangi. Mulai dari taksi, kereta, waterbus, dan kereta underground yang biasa disebut Tube, bisa Anda gunakan.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA