Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Apr 2013 09:27 WIB

DESTINATIONS

Percuma ke Aceh Tanpa ke 7 Tempat Ini

Faela Shafa
detikTravel
Museum Tsunami Aceh untuk mengenang tragedi tsunami (Triono/detikTravel)
Museum Tsunami Aceh untuk mengenang tragedi tsunami (Triono/detikTravel)
Jakarta - Setiap destinasi memiliki landmark dan ikon, begitu juga Aceh. 7 Tempat ini, akan membuat liburan ke Aceh Anda terasa sempurna.

Sebuah ikon atau landmark tak pernah sepi pengunjung. Selalu ada alasan yang membuat para wisatawan melancong ke sana. Itulah mengapa landmark ini jadi destinasi wajib saat melancong ke suatu tempat. Di Aceh ada 7 tempat yang tak boleh terlewat untuk didatangi. Disusun detikTravel, Kamis (18/4/2013) inilah 7 tempat yang Aceh banget!

1. Masjid Raya Baiturrahman

Aceh memiliki nama lain Serambi Makkah. Bukan tanpa alasan, melainkan provinsi ini memang memiliki nilai Islam yang dijunjung tinggi. Aceh pun memiliki bangunan kebanggaan, Masjid Raya Baiturrahman.

"Belum ke Aceh kalau belum ke Masjid Raya," tutur Humas Komunitas I Love Aceh, Roma kepada detikTravel.

Inilah masjid yang jadi saksi bisu tragedi tsunami 2004 silam. Bangunan yang kokoh berdiri saat tsunami terjadi pun tetap kokoh hingga kini. Balutan warna putih di bangunan dan hitam di kubah menjadi ciri khas masjid raya ini. Salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini luasnya mencapai 4 hektar. Hampir seluruh pelancong pasti menyempatkan diri datang ke sini meski untuk sekadar memotret ikon Aceh ini.

2. Museum Tsunami Aceh

26 Desember 2004 silam, Aceh disapu air laut yang meluluhlantakkan hampir semua area. Tidak melupakan tragedi tersebut, dibangunlah Museum Tsunami Aceh. Saat masuk ke dalam museum, Anda akan disambut dengan lorong yang mengucurkan air. Alunan ayat suci Al Quran terdengar di sepanjang lorong.

"Museum tsunami juga jadi salah satu objek wisata yang Aceh banget," lanjutnya.

Itu baru awalan memasuki museum yang memorial ini. Di dalamnya, masih banyak area yang akan membuat hati Anda terenyuh. Ada Memorial Hall, Lorong Kebingungan, cafe dan ruang dokumenter.

Semua ruang memang diciptakan sedalam mungkin, dengan tujuan membangkitkan sisi dramatis dari kejadian tersebut. Saat ingin mengetahui benar seperti apa tragedi tersebut, datang ke museum ini adalah pilihan yang sangat tepat.

3. Tugu Nol Kilometer

Datanglah ke Sabang dan dapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Langkahkan kaki hingga titik nol Indonesia. Tak perlu bingung mencari di mana titik tersebut, karena ada tugu yang menandakannya. Tugu Nol Kilometer namanya.

Tak cuma bisa berfoto, saat sampai di sana, Anda pun bisa mendapat sertifikat. Tanda bahwa Anda sudah menjejakkan kaki di titik nol Indonesia. Di depan tugu, Anda bisa melihat pemandangan Selat Malaka dan tebing di pinggiran Pulau Weh yang memesona.

4. Pantai Iboih

Berenang, berjemur, bermain pasir, snorkeling, bahkan diving bisa dilakukan di pantai yang satu ini. Pantai Iboih jadi ikon di Sabang dan juga Aceh. Tak cuma daratannya saja yang memiliki panorama indah, tapi juga alam bawah lautnya.

Siap-siap terpesona dengan ragam biota laut yang warna-warni lagi indah di bawah sana. Semua disempurnakan dengan airnya yang biru jernih, membuat Anda seperti berada di surga. Indah!

5. Sungai Alas

Aceh juga memiliki wisata air selain pantai yaitu sungai. Banyak hal yang bisa dilakukan di Sungai Alas yang meliuk sedemikian anggunnya di Aceh. Airnya mengalir langsung ke Samudera Hindia, dan menarik perhatian para pecinta arung jeram.

Menariknya, sungai ini dikelilingi hutan hijau dan masih sangat asri. Kegiatan paling favorit di sini adalah memacu adrenalin dengan bermain arung jeram. Tak perlu kuatir, ada beberapa jenis arung jeram yang bisa dipilih, tergantung kemampuan Anda.

6. Taman Nasional Gunung Leuser

Masih berhubungan dengan alam, satu destinasi wisata yang tak boleh terlewat adalah Taman Nasional (TN) Gunung Leuser. TN yang memiliki luas hingga 1 juta hektar ini mencakup dua provinsi sekaligus yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Sebagai salah satu TN terluas di Indonesia, Anda pun takkan menyesal saat melancong ke sini.

Akan banyak hewan yang hidup bebas di sini antara lain gajah, badak, harimau, macan tutul dan lain-lain. Ada sekitar 300 spesies burung yang hidup bebas di sini. Semua disempurnakan dengan pemandangan hijau dari pepohonan yang berdiri asri di sana. Berada di sana akan membuat hati tenang, sekaligus paru-paru lebih sehat.

7. Museum Negeri Aceh

Kenali Aceh lebih dalam di Museum Negeri Aceh yang terletak di Jl Sultan Alaidin Mahmud Syah, Banda Aceh. Di museum ini ada banyak barang kuno yang berhubungan dengan budaya dan sejarah perkembangan Aceh. Ada keramik, senjata, pakaian adat, perhiasan, hingga alat-alat rumah tangga.

Salah satu koleksi museum yang menarik adalah Lonceng Cakra Donya. Ini adalah lonceng besar hadiah dari Maharaja China untuk kerajaan Samudera Pasai yang diantar Laksamana muslim terkenal dari China, Cheng Ho. Museum ini dikelilingi taman cantik yang bisa jadi tempat tepat untuk memotret.



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT