Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Apr 2013 13:49 WIB

DESTINATIONS

Santap Siang Sambil Berpesiar di Kapuas, Nikmat!

Naik kapal milik Restoran Serasan, wisatawan bisa makan sambil berpesiar (Sastri/ detikTravel)
Pontianak - Kalau berkunjung ke Pontianak, jangan berkunjung ke Tugu Khatulistiwa saja. Datanglah ke bantaran Sungai Kapuas dan nikmati santap siang sambil berpesiar. Dijamin nikmat!

Hari pertama rombongan tim ekspedisi Women Across Borneo tiba di Pontianak, waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB. Setelah briefing sejenak, pihak penyelenggara ekspedisi yakni Caldera mengajak wartawan ke salah satu restoran di pinggir Sungai Kapuas. Namanya Restoran Serasan.

Sudah pukul 11.00 WIB waktu rombongan tiba di Restoran Serasan. Mobil harus melewati pemukiman penduduk yang agak padat, jalan menuju restoran pun agak kecil. Namun saat tiba, para pelayan menyambut kami dengan sangat ramah.

"Mau duduk di resto atau di kapal?" tanya salah satu pelayan, Senin (8/4/2013).

Alih-alih duduk manis di dalam restoran, kami memilih untuk naik ke kapal yang mengapung di Sungai Kapuas. Awalnya kapal itu diam saja di permukaan air yang tenang. Tapi saat ada kapal lain lewat di sungai, gelombangnya menjadikan kapal sedikit terombang-ambing!

Namun pendirian kami tidak goyah. Masing-masing mulai memesan makanan untuk santap siang. Saya memilih nasi cumi asam manis dan sayuran. Ada pula pilihan nasi goreng, mie goreng, tumis sayuran, serta seafood yang dipatok dengan harga per ons. Harga rata-rata seafood per ons adalah Rp 15.000.

Salah satu dari kami memesan menu yang khas: ikan senangin asam pedas. Tak berapa lama kemudian datanglah pelayan dengan nampan berisi pesanan. Ikan senangin yang ditaruh dalam mangkuk besar itu rupanya sangat nikmat. Asam dan pedas, benar-benar perpaduan rasa yang sempurna.

"Kapalnya mau sambil jalan nggak?" tanya salah satu pelayan. Kali ini pendirian pun goyah, kami menggeleng. Tak terbayang makan siang di dalam kapal yang terombang-ambing karena gelombang. Membayangkannya pun saya sudah mual.

Tapi toh akhirnya agenda pesiar masih bisa dilakukan. Usai makan dan menurunkan isi perut barang sebentar, kapten kapal bernama Ahmad (42) mengambil alih kemudi. Dijalankannya kapal milik Restoran Serasan itu, 1 jam mengarungi Sungai Kapuas.

Rasanya menyenangkan, perut kenyang dan banyak panorama menarik yang bisa dinikmati sepanjang Sungai Kapuas. Makan siang kali ini sangat berkesan, mencicipi ikan khas lokal sekaligus melihat wajah Pontianak yang sebenarnya lewat berpesiar.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA