Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Apr 2013 09:17 WIB

DESTINATIONS

5 Kegiatan Seru yang Bisa Anda Lakukan di Sumbar

Afif Farhan
detikTravel
Menjelajahi Pulau Cingkuak (Afif/detikTravel)
Menjelajahi Pulau Cingkuak (Afif/detikTravel)
Padang - Di Sumatera Barat, Anda bisa bersantai di Pulau Lengkuas yang tak berpenghuni dan serasa pulau pribadi. Selain itu, masih ada 4 kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Ranah Minang. Apa saja?

Sumatera Barat adalah destinasi yang lengkap. Selain terkenal dengan wisata kuliner yang lamak bana, masih banyak kegiatan seru yang bisa Anda coba di Ranah Minang.

Disusun detikTravel, Selasa (22/4/2013), berikut 5 kegiatan seru yang bisa traveler lakukan di Sumatera Barat:

1. Bersantai ke Pulau Cingkuak yang tak berpenghuni

Pulau Cingkuak di Kabupaten Pesisir Selatan adalah pulau tak berpenghuni. Untuk tiba di pulau ini, Anda dapat naik boat selama 10 menit dari Pantai Carocok dengan biaya Rp 10 ribu saja. Luas pulaunya pun dapat Anda kelilingi dengan berjalan kaki tak lebih dari 15 menit.

Pantai Pulau Cingkauk dikelilingi oleh pasir putih yang halus. Rasakanlah dengan cara bertelanjang kaki atau merebahkan diri di pinggir pantainya. Pepohonan rindang di sekitar pantai menambah suasana menjadi sejuk

Lepaskan baju Anda dan berenanglah di sekitar perairan pantainya. Airnya jernih dan perairanya pun dangkal, sehingga aman untuk bermain air.

Di tengah pulau juga terdapat suatu makam dan reruntuhan benteng. Benteng tersebut diperkirakan milik bangsa Portugis. Foto-foto di benteng ini, keren!

2. Menjelajah Lobang Jepang di Bukittinggi

Bukittinggi punya satu tempat bersejarah, yaitu Lobang Jepang. Inilah peninggalan penjajah Jepang yang terkenal sebagai markas Jepang, sekaligus tempat hukuman mati bagi para tawanan.

Lobang Jepang terletak di Taman Panorama, tak jauh dari Bukittinggi. Dengan biaya sekitar Rp 10 ribu saja, Anda bisa menjelajahi lubang yang memiliki panjang sekitar 1.400 m di kedalaman sekitar 40 km. Udara lembab dan dingin langsung menyelimuti Anda saat memulai petualangan di Lobang Jepang.

Lobang Jepang punya banyak cerita. Lubang ini memiliki 16 ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada ruang amunisi, ruang pengintai, dapur, hingga ruang penyiksaan. Usut punya usut, tak sedikit pribumi yang disiksa hingga meninggal di sini. Lobang Jepang pun punya banyak jalan rahasia. Tertarik menelusurinya?

3. Menelusuri Lubang Mbah Seoro

Selain Lubang Jepang, ada satu tempat lagi yang terkenal di Sumatera Barat yaitu Lubang Mbah Soero. Lokasinya berada di Sawahlunto. Inilah lubang yang kaya dengan tambang batu bara.

Mbah Soero merupakan nama panggilan dari Soerono. Seorang mandor asal Jawa yang terkenal baiknya. Lubang ini panjangnya puluhan kilometer tapi hanya bisa dijelajahi 186 meter saja. Di sini ada juga kisah 'orang rantai'.

'Orang rantai' adalah para pekerja yang menggali batu bara di sini. Mereka diikat dengan rantai saat bekerja. Mereka adalah para tahanan yang berasal dari berbagi pulau di Indonesia. Tak sedikit pula 'orang rantai' yang tewas saat bekerja.

Tapi jangan takut, Lubang Mbah Soero kini nyaman untuk dikunjungi. Ada cahaya lampu dan ventilasi buatan untuk membuat pengunjung menjadi nyaman.

Di kanan-kiri Anda sepanjang lubang adalah batu bara. Diperkirakan jumlahnya masih berlimpah. Tak hanya itu, batu bara di sini dianggap lebih baik dari di Kalimantan. Tiket masuknya hanya Rp 8.000 saja.

4. Belanja camilan di Padang

Untuk berburu oleh-oleh ala Ranah Minang, Anda bisa berbelanja aneka macam camilan di Padang. Aneka macam toko camilan bisa Anda datangi, salah satunya adalah di Kripik Balado Shirley.

Lokasinya berseberangan dengan Museum Adityawarman. Di dalam toko ini, ada banyak jenis camilan yang dapat Anda buru. Mulai dari keripik balado, daka-daka, keripik kentang, hingga bumbu masak makanan Minang.

Di tiap-tiap raknya berjejer aneka camilan yang tertata rapi. Tak ketinggalan, tempelan harga per satuannya dan camilan yang berada di box kecil yang bisa diicip. Harganya kisaran puluhan ribu Rupiah. Belanja aneka camilan di sini, tak cukup sedikit!

5. Foto-foto di Lembah Harau

Di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar dua jam dari Kota Padang ada Lembah Harau yang diselimuti pepohonan yang hijau. Tebing-tebing yang berwarna cokelat dan dikelilingi hutan hijau akan menghipnosis Anda. Inilah 'Grand Canyon' ala Indonesia, pemandangannya dahsyat!

sepanjang jalanan di sini, tebing-tebing cantik akan memukau pandangan Anda. Berfotolah dengan tebing-tebing tersebut sebagai latarnya. Hasil fotonya dijamin sangat memuaskan.

Masih belum puas? Anda bisa trekking ke atas tebingnya dan melihat pemandangan hijau dari atas ketinggian. Ada perumahan, hutan, serta sawah yang terlihat kecil dari ketinggian dan dapat Anda abadikan dalam kamera.

Tak hanya itu, ada juga air terjun Sasarabunta yang keren. Airnya mengalir dari atas tebing, namun tidak deras. Justru itu, rintikan-rintikan airnya menawarkan kecantikan tersendiri. Udara di Lembah Harau pun terkenal sejuk!

Itulah 5 kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Sumatera Barat. Siapkan agenda Anda selanjutnya untuk menjelajahi Ranah Minang yang rancak bana ini!



(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA